Tutorial desain undangan pernikahan

Tutorial Desain Undangan Pernikahan Kekinian

Undangan tidak hanya difungsikan sebagai media bagi perusahaan. Banyak acara-acara masyarakat yang menggunakan undangan, hal tersebut membuat undangan sangat membantu untuk mengadakan sebuah acara, termasuk acara pernikahan. Tutorial desain undangan pernikahan berguna untuk menyampaikan informasi secara jelas.

Apalagi undangan tersebut digunakan untuk undangan pernikahan. Pastilah harus dibuat seunik dan secantik mungkin, agar acara pernikahan tersebut  bisa terkenang selalu. Meskipun begitu udangan juga memiliki anggaran yang cukup mahal. Apalagi untuk acara yang besa seperti pernikahan. Nominal yang besar biasanya membuat pembekakkan dana dalam acara tersebut. Terlebih lagi dana yang dianggarkan harus ditekan sedemikan mungkin agar terlaksana dengan baik. Selain itupun, kita bisa mengurangi buget lalu dialihkan ke kehidupan setelah meikah.

Sekarang ini kamu gak perlu kok membuat undangan ke tempat percetakan khusus. Kamu bisa temukan sendiri desain undangan pernikahn yang kamu mau. Coba deh gunakan Pinterest sebagai salah satu referensimu. Untuk membuat undangan pernikahan online kamu juga bisa menggunakan Canva atau website online untuk mencetak undangan. Hal tersebut juga bisa menekan biaya desain undangan pernikahan. Untuk menekan dana  sebuah acara dari udangan pernikahan, kita bisa memulainya dengan membuat desain udangan pernikahan sendiri. 

Dengan menggunakan photoshop kamu bisa membuat desain undanganmu sendiri. Dalam sebuah ilmu Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Ada banyak jalan untuk menghasilkan uang dari photoshop. Skill desain yang meningkat membuat kamu memiliki penghasilan yang baik.  Saat kamu ahli dalam bidang ini kamu bisa membuka sebuah usaha dan melakukannya sendiri. Dari sekian waktu ke waktu, pembaruan software ini terus dilakukan baik dari segi performa maupun fitur-fitur canggih yang terus ditambahkan agar semakin memudahkan para pengguna.

Photoshop juga memiliki banyak fungsi. Fungsi utama dari photoshop selain untuk mengedit foto dan gambar yang bertipe raster dan bitmap. Aplikasi ini juga berfungsi untuk mempercantik Gambar, merekayasa gambar, dan membuat desain gambar. Arti dari mempercantik gambar adalah dengan cara memperhalus atau mempersihkan gambar, supaya gambar yang sudah diedit terlihat lebih cantik dan bagus. Bukan hanya itu saja masih ada keunggulan dari aplikasi photoshop. Keunggulannya yang lain adalah dengan cara mengubah tampilan atau menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar terlihat seperti asli dan kadang bisa menipu penglihatan mata kita secara sekilas. Fungsi photoshop dalam membuat gambar adalah dengan menciptakan objek baru seperti logo, spanduk, brosur, dan poster.

Berikut beberapa tutorial membuat desain undangan pernikahan

  • Langkah mudah membuat undangan dengan photoshop

Jalankan program editor photoshop lalu buat sebuah file document baru. Sesuaikan kuran document tersebut dengan ukuran undangan yang ingin anda buat. Anggap saja anda ingin membuat sebuah undangan dengan ukuran 1366 x 768 pixels. 

Pastikan anda menggunakan resolusi minimal 72 Ppi. Klik OK maka akan muncul sebuah kanvas yang akan menjadi background dari undangan anda. Karena akan membosankan bila undangan pernikahan dibuat dengan warna putih polos, Maka pilihlah sebuah gambar yang sesuai untuk anda jadikan background. Kemudian sesuaikan ukrannya dengan kanvas yang tadi telah anda buat, untuk mengubah ukurannya anda bisa menggunakan Free Transform (CTRL +T). Buatlah garis tengah terlebih dahulu dengan memanfaatkan Ruler.

 Pertama-tama kita akan membuat bagian depan dari undangan. Di bagian depan sebuah undangan pernikahan biasanya disertakan beberapa bua foto pra wedding dari pasangan yang akan menikah. Maka pilihlah foto yang sesuai untuk anda jadikan gambar pemanis di bagian depan. 

Sesuaikan posisinya lalu tambahkan beberapa tulisan, seperti kata-kata “Undangan” lengkap dengan hari dan tanggal. Biasanya juga disertakan nama atau inisial dari pasangan yang akan menikah. Tambahkan sebuah lingkaran sebagai tempat menuliskan nama dan alamat dari orang yang akan diundang. Cukup gunakan Eliptical Marque Tool kemudian beri warna yang sepadan dengan background. Jangan lupa untuk menuliskan kata-kata “Kepada Yth Bapak/Ibu/Saudara/i” di bagian atas kolom tersebut. Sedangkan di bagian bawahnya biasnaya ditambahkan tulisan “Mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan nama dan alamat”.Itu adalah beberapa komponen yang pasti ada di bagian depan sebuah Undangan Pernikahan. i sisi lainya, anda bisa menyisipkan gambar denah lokasi tempat berlangsungnya acara resepsi pernihakan. Agak sulit membuat denah dengan menggunakan photoshop. Sebaiknya anda membuatnya dulu dengan menggunakan Corel Draw.

  • Desain dan cetak undangan pernikahan sendiri.

Mendesain sebuah undangan pernikahan sendiri adalah alternatif terbaik untuk menekan biaya dalam sebuah acara. Apalagi ornamen undangan bisa sesuai dengan keingin kita dan pasangan. Ketika kita tidak pandai membuat desain undangan sendiri bisa meminta bantuan teman yang bisa melakukannya. Harga teman biasanya lebih murah.

Setelah selesai membuat desain undangan pernikahan. Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan kertas yang sesuai dengan desain untuk mencetak undangan pernikahan. Ada beberapa kertas yang bisa kamu pilih. Misalnya kertas jasmine yang bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp300 per lembar ukuran A5. Selain kertas jenis jasmine, kamu juga bisa menggunakan kertas jenis samson kraft yang memiliki harga Rp165 per lembar. Kertas samson kraft ini cocok bagi Anda yang suka sesuatu yang unik. kertas ini akan semakin cocok dengan konsep pernikahan yang kamu usung.

  • Gunakan template undangan pernikahan yang sudah ada di internet

Tutorial desain undangan pernikahan

Baca juga cekini.com

Buat photobook gak pake ribet

 

Ketika mencari bantuan teman ternyata tidak membuahkan hasil, tidak perlu kuatir. Kalau kamu yang tidak jago desainpun bisa membuat desain undangan pernikahan sendiri. Saat ini sudah banyak template yang muncul di internet yang bisa kamu gunakan, unduh, dan cetak sendiri. 

Dengan menggunakan template gratis dari internet, kamu bisa menghemat dana  acara dan waktu yang kamu dan pasangan lakukan untuk persiapan pernikahan. Kamu hanya tinggal memilih template undangan pernikahan yang paling sesuai dengan selera kamu dan pasangan. Selanjutnya, kamu tinggal menambahkan informasinya saja. Seperti nama kamu dan pasangan, perihal acara, waktu, tanggal, serta lokasi pesta pernikahan diadakan. Ada banyak website yang bisa kamu kunjungi agar bisa mendapatkan template undangan pernikahn gratis.

Beberapa website yang menyediakan template bagus akan meminta kamu untuk mengisi form sebelum  mengunduh template tersebut. Data ini biasanya seputar nama kamu, nama pasangan, dan waktu acara. Setelah mengisi data, kamu bisa mengunduh template yang diinginkan dan mencetaknya sebagai undangan pernikahanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.