Tutorial desain grafis

Tutorial Desain Grafis Untuk Pemula

Dari waktu ke waktu, pembaruan software untuk desain grafis terus dilakukan baik dari segi performa maupun fitur-fitur canggih yang terus ditambahkan agar semakin memudahkan user. Bagi orang yang awan akan dunia grafis hanya berpikiran tentang sekumpulan orang dibalik layar yang  membuat iklan, padahal dunia grafi itu luas.  Bagi pemula yang masih bingung, berikut ini tutorial desain grafis untuk kamu yang pemula.

Untuk membuat desain grafis, banyak dari desainer grafis yang menggunakan software photoshop. Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. 

Adobe Photoshop

Tutorial desain grafisPhotoshop juga memiliki banyak fungsi. Fungsi utama dari photoshop selain untuk mengedit foto dan gambar yang bertipe raster dan bitmap. Aplikasi ini juga berfungsi untuk mempercantik gambar, merekayasa gambar, dan membuat desain gambar. Mempercantik gambar merupakan cara memperhalus atau mempersihkan gambar, agar gambar yang dihasilkan terlihat lebih cantik dan bagus.

Bukan hanya itu saja masih ada keunggulan dari aplikasi photoshop. Keunggulannya yang lain adalah dengan cara mengubah tampilan atau menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar terlihat seperti asli dan kadang bisa menipu penglihatan mata kita secara sekilas. Fungsi photoshop dalam membuat gambar adalah dengan menciptakan objek baru seperti logo, spanduk, brosur, dan poster.

Berikut langkah-langkah desain grafis

  1. Yang pertama, tentunya kamu harus memiliki aplikasi Adobe Photoshop atau Photoshop. Nah, jika kamu belum memiliki aplikasi ini kamu bisa mendapatkan aplikasi nya di situs resmi Adobe.
  2. Jika kamu sudah mendapatkan aplikasi Adobe Photoshop, maka lakukan proses install pada perangkatmu, apabila sudah terinstal kamu akan melihat icon Photoshop pada tampilan halaman di desktop kamu.
  3. Selanjutnya, klik icon nya untuk mengakses kedalam aplikasi Adobe Photoshop
  4. Kemudian klik File lalu Klik New, kamu bisa mengikuti gambar yang ada di bawah ini, namun kamu bisa menggunakan shortcut keyboard dengan menekan kombinasi Ctrl+N, Greader juga bisa membuka dokumen yang sudah tersedia dengan menekan keyboard Ctrl+O.
  5. Apabila sudah langkah tadi sudah, anda akan ditampilkan tampilan seperti ini, pada tampilan ini kamu bisa melihat ada beberapa menu disini, pada menu width anda bisa mengisi nilai untuk lebar dokumen kamu, dan height untuk mengatur tinggi dari dokumen anda, disana juga terdapat resolution yang bisa mengatur resolusi dari dokumen yang akan anda buat.
  6. Selanjutnya, anda juga bisa merubah ukuran dokumen kamu dengan yang kamu inginkan dengan menu Preset dibawah ini. Gambar dibawah kami menggunakan Preset International Paper, dan anda bisa melihat pada menu Size disitu ada banyak pilihan ukuran jenis kertas yang sudah disediakan, Disini kami akan mengganti ukuran A4 untuk dokumen desain grafis pada langkah-langkah ini.
  7. Yang terakhir, apabila semuanya sudah anda atur, maka anda dapat melihat lembar dokumen desain grafis anda dan anda bisa memulai desain dengan ukuran desain yang telah anda sesuaikan sebelum nya.

Desain grafis bisa juga digunakan untuk menghias sebuah gelas mug yang polos. Mug yang polos dan bentuk sederhana memang tidaklah menarik.

Saat ini begitu banyak sekali desain mug yang dapat anda temukan di internet. Namun ada juga cara pembuatannya, yaitu dengan menggunakan software Photoshop. Dalam proses pembuatannya akan terasa mudah apabila anda mengetahui dasar-dasar desain grafis dan telaten dalam proses membuatnya. Bagi anda yang terbiasa menggunakan photoshop, menciptakan suatu desain mug akan terasa cukup mudah. Sebab cara ini terbilang simple dan bagi anda yang masih pemulapun bisa melakukannya.

 

Membuat desain grafis untuk mug

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buatlah lembar kerja baru di photoshop bisa menggunakan Ctrl+N atau bisa juga ke menu file > New dan akan muncul kotak dialog kemudian sobat isi Width : 20 cm Hight : 8,5 cm Resolution : 300 Pixels/Inch dan Color Mode : CMYK Color setelah itu ok, dan akan tampil lembar baru.
  2. Siapkan Foto atau Gambar yang ingin di desain di mug tersebut.
  3. Langkah Ketiga Drag kedua foto tersebut ke dalam lembar kerja yang sudah Anda buat tadi.
  4. Hapus sambungan foto yang terlihat seperti garis dengan menggunakan erase tool, hapus garisnya secara perlahan hingga tidak terlihat garis. Usahakan pada poin ini Anda melakukannya secar hati-hati dan perlahan agar memiliki hasil yang memuaskan.
  5. Setelah itu tambahkan sedikit hiasan atau tulisan sesuai dengan keinginan Anda dan desain mug pun sudah siap untuk dicetak.

jasa cetak online 24 jam

patner digital marketing

Baca juga cekini.com

Tutorial desain grafis

 

Begitulah dua tutorial desain grafis yang bisa dilakukan untuk desainer grafis pemula ataupun kalian yang ingin mulai dengan desain grafis. Tidak hanya pada desain grafis Mug. Kalian bisa melakukannya di baju ataupun benda-benda lain yang memungkinkan untuk desain grafis. Kamu bisa menghasilkan uang dari desain grafis. Saat kamu ahli dalam bidang ini, kamu bisa membuka usaha jasa pembuatan desain grafis yang peluang kedepannya sangat dibutuhkan. Skill desain yang meningkat membuat desain kamu memiliki kualitas yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.