Tutorial Desain Banner

Tutorial Desain Banner Untuk Pemula

Kalian yang memiliki usaha pasti ingin sekali membuat banner untuk mempromosikan usaha kalian, kan? Tetapi kalian harus membayar mahal untuk desain yang ingin kalian buat. Tenang, kalian bisa mencoba untuk memulai membuat desain banner kalian sendiri dengan mengikuti tutorial desain banner ini. Dijamin, setelah mengikuti tutorial ini, kalian para pemula bisa membuat banner kalian sendiri.

Di era digital istilah banner sering digunakan untuk menjelaskan sebuah media promosi yang berisi gambar dan teks pada sebuah website atau blog. Tidak hanya itu banner juga ada yang dicetak yang bisa ditemukan pada papan-papan reklame pinggir jalan. Banner memiliki beberapa jenis yang dibedakan melalui ukurannya yaitu ukuran standar dan banner button. Dilihat dari bentuknya ada X-banner, mini X-banner, dan roll banner.

Banner adalah media informasi yang dibuat dengan skala yang besar. Pendapat lain mengatakan pengertian banner adalah suatu media promosi/ publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk portrait atau vertikal. Sebelum dicetak, banner didesain terlebih dahulu menggunakan komputer dan software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Jasa cetak online 24 jam

Baca juga cekini.com

tutorial desain banner
software untuk desain banner

Cara paling tepat untuk membuat Banner adalah dengan menggunakan photoshop. Kalian tahukan apa itu photoshop? Dalam sebuah ilmu Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama adobe akrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Photoshop juga memiliki banyak fungsi. Fungsi utama dari photoshop selain untuk mengedit foto dan gambar yang bertipe raster dan bitmap. Aplikasi ini juga berfungsi untuk mempercantik Gambar, merekayasa gambar, dan membuat desain gambar. Arti dari mempercantik gambar adalah dengan cara memperhalus atau mempersihkan gambar, supaya gambar yang sudah diedit terlihat lebih cantik dan bagus.

Bukan hanya itu saja masih ada keunggulan dari aplikasi photoshop. Keunggulannya yang lain adalah dengan cara mengubah tampilan atau menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar terlihat seperti asli dan kadang bisa menipu penglihatan mata kita secara sekilas. Fungsi photoshop dalam membuat gambar adalah dengan menciptakan objek baru seperti logo, spanduk, brosur, dan poster.

Tutorial desain banner dengan photoshop tidaklah terlalu sulit karena sesungguhnya di dalam proses pembuatannya hanya menggunakan teknik-teknik dasar saja. hal terpenting yang harus anda miliki adalah kreatifitas. carilah inspirasi sebanyak mungkin agar anda mengetahui desain banner seperti apa yang disukai oleh konsumen saat ini. barulah setelah itu anda tuangkan ide-ide kreatif anda ke dalam desain banner tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat sebuah desain banner. Pertama, sesuaikan ukuran tulisan dengan tempat peletakkan banner tersebut. Misalnya apabila anda ingin meletakkan banner tersebut di tempat yang agak tinggi maka sebaiknya tulisan yang ada di dalamnya dibuat agak besar. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah komposisi, artinya gunakanlah gambar dan tulisan yang sesuai dan tidak terlalu penuh dan bertumpuk-tumpuk. Bila terlalu penuh justru akan membuat banner tersebut tidak menarik. Jangan juga menggunakan jenis tulisan yang terlalu banyak, disarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 jenis tulisan di dalam sebuah banner.

 

Kali ini kita akan belajar tutorial desain banner untuk pemula dengan photoshop.

 

 

Pertama, Buatlah dokumen dengan ukuran yang sama dengan ukuran banner yang akan di cetak.

 

Lalu, pilih sebuah gambar atau foto untuk background yang anda anggap sesuai dengan tema dari banner anda. Setelah itu, pindahkan gambar tersebut pada kanvas yang telah dibuat lalu sesuaikan ukurannya dengan menggunakan Free Transform (Ctrl + T).

Tambahkan lagi gambar lainnya untuk memberikan efek tertentu sehingga gambar banner menjadi tampak lebih menarik.

 

Bila di rasa perlu, tambahkan gambar lainnya seperti pemandangan, atau gambar-gambar yang berhubungan dengan isi dari banner tersebut. Karena banner yang ada pada tutorial ini adalah banner pertemuan, maka diberikan sebuah gambar pemandangan mengenai tempat pertemuan tersebut. Biasanya dalam sebuah banner acara dicantumkan berbagai logo dari organisasi yang menggagas acara tersebut. Masukkan saja gambar logo kemudian atur ukurannya dengan teknik Free Transform. Lalu tambahkan tulisan kemudian beri warna sesuka hati anda. Tambahkan tulisan-tulisan lainnya yang menjelaskan isi dari acara atau produk yang ingin anda promosikan melalui banner tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.