Tips Menghadapi Musim Hujan

Tips menghadapi musim hujan – Musim hujan dalah musim yang sangat dinantikan oleh sebagian orang khususnya petani. Air hujan mampu mengairi sawah mereka hingga bisa membuat subur. Selain itu air hujan juga mampu mengembalikan sumber air yang tengah kering.  Indonesia  sendiri hanya memiliki dua musim  yaitu musim kemarau dan musim hujan. Banyak orang menyambut musim hujan. Hal paling enak saat hujan adalah menikmati minuman hangat atau makanan berkuah seperti bakso, sop, dan masih banyak lagi.

Akhir tahun hingga awal bulan biasanya menjadi tkamu datangnya musim hujan.  Cuacanya akan sangat dingin karena hujan terus mengguyur di pagi hari. Cuaca yang dingin karena hujan biasanya  bisa mengembangkan berbagai penyakit. Untuk itu saat musim hujan tiba kita harus bersiang untuk menjaga kesehatan.  Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari penyakit. Menjaga daya tahan tubuh ketika hujan memang agak sulit.  Musim hujan sering membawa banyak penyakit pagi orang-orang yang tidak memiliki hidup yang teratur.  Hal ini terjadi karena cuaca yang tidak bersahabat berbeda dengan musim kemarau. Saat musim hujan kita sering sekali terkena penyakit demam, flu, batuk, masuk angin, dan masih banyak lagi. Untuk itu penting dalam menjaga kesehatan ketika hujan.  Berikut ini tips menhadapi musim hujan yang cocok untuk kesehatan.

  • Luangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari atau sore hari.
  • Makan-makanan yang sehat, bergizi dan tetntunya harus makan teratur.
  • Jaga kebersihan lingkungan rumah, karena lingkungan akan terasa mudah kotor dan cepat terjangkit penyakit.
  • Persiapan perlengkapan payung atau jas hujan karena untuk menghindari tubuh kamu terkena air hujan.
  • Bila terkena hujan usahakan langsung di bilas atau mandi gunakan air hangat bila perlu.
  • Hangatkan tubuh dengan makanan yg hangat contohnya mie rebus, dll.
  • Hangatkan tubuh juga dengan minuman yg hangat jauhi minum air es di musim hujan.
  • Hindari bermain air hujan atau jangan hujan-hujanan bila tidak terlalu perlu.

Perubahan musim dari musim kemarau ke musim hujan biasa lebih berpengaruh pada kesehatan. Hal ini terjadi karena tubuh harus menghadapi perbedaan suhu dan kelebaban yang berbeda. Lagi pula saat musim hujan sudah benarbenar datang. Tidak setiap saat hujan, melainkan panas yang sangat menyengat dan kemudian berganti jadi dingin secara mendadak. Ada baiknya menhetahui cara menghadapi musim hujan. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan dimusim hujan.

Jangan lupa menyediakan payung dan jas hujan

Tips musim hujan yang pertama adalah membawa payung atau jas hujan. Kedua benda ini penting sekali dibawa ke mana pun Kamu pergi apalagi saat musim hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, Kamu tidak akan tahu cuaca sore hari. Bisa jadi Kamu terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

Menyediakan serta mengkonsumsi makanan sehat

Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Jadi, terapkanlah tips musim hujan ini dengan perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun

Tips kesehatan musim hujan yang satu ini tak kalah penting. Kamu mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal inilah yang harus diubah. Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Kamu terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

Minum air bersih dan sesekali teh herbal

Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Tidak hanya itu, tips kesehatan musim hujan ini penting untuk memastikan bahwa air yang Kamu minum bersih dan matang. Minum teh herbal juga baik baik sekali untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi diminum setela kehujanan.

Jaga kebersihan lingkungan

Musim hujan membuat badan kamu rawan sekali terhadap segala macam penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat dan terkadang mengendap di halaman rumah, ini bisa membawa penyakit. Jadi, sangat penting untuk menjalani tips menjaga kesehatan di musim hujan dengan membersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyakit bersarang. Asupan Vitamin C

Tingkatkan asupan Vitamin C dalam suplemen dan bahkan bentuk alami untuk mencegah virus flu bisa menjadi tips musim hujan yang sangat musah. Mendapatkan vitamin C yang baik seperti jeruk, gojiberry, ceri, kiwi, dan bawang putih dikenal sebagai obat yang umum untuk mengatasi flu dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah kering alami dengan kandungan Vitamin C juga membantu mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, tekanan darah tinggi, dan masalah mata terkait usia. Makanan tersebut dapat dimakan setelah dimasak, mentah, atau bahkan dikeringkan dan biasa digunakan dalam smoothie, teh herbal, obat-obatan, dan jus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *