Tips Mahir Komputer

Tips Mahir Komputer –  Mempelajari komputer adalah salah satu hal yang paling sulit  bagi sebagian orang. Apalagi kalau orang tersebut tidak bisa fokus akan suatu hal. Pasti akan kesulitan saat mempelajarinya. Cara belajar komputer orang pasti berbeda-beda, meskipun tujuannyapun sama.  Tujuan tersebut adalah mampu menguasai ilmu komputer. Banyak orang beranggapan bahwa belajar komputer harus kursus. Padahal tidak demikian, sama saja seperti belajar memainkan handphone. Lalu, mengapa masih ada orang yang beranggapan seperti itu. Alasan utamanya karena komputer dianggap terlalu berlebihan. Seharusnya dianggap sama saja seperti kamu sedang memainkan smartphone atau handpone. Komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang saat ini sudah banyak di gunakan oleh semua orang, sebab manfaatnya yang sangat membantu banyak orang untuk memudahkan pekerjaan mereka. Misalnya para mahasiswa biasanya memanfaatkan komputer untuk membuat skripsi, sedangkan pekerja kantoran biasanya memanfaatkan komputer untuk mengolah data data perusahaan. Tapi selain contoh tersebut, komputer juga masih memiliki banyak fungsi dan manfaat lain yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Berikut ini beberapa  tips  mahir komputer yang bisa kamu coba.

 Mulailah dengan Niat yang kuat

Tentunya, saat mengawali sesuatu harus memiliki niat yang kuat karena segala sesuatu itu tergantung pada niatnya.kamu bisa meniatkan diri dalam hati atau bila perlu bisa dituliskan pada sebuah kertas dan ditempel agar menjadi self-reminder. Yakinlah bahwa niat yang dijalankan dengan baik dan istiqomah akan menghasilkan usaha yang luar biasa. Dan usaha yang besar akan memberikan hasil yang maksimal karena usaha tidak akan menghianati hasil.

Membeli buku panduan dan beberapa referensi lain.

Kamu bisa membeli buku komputer yang banyak dijual bebas di toko-toko buku. Pelajari apa yang ada di buku tersebut sambil praktek langsung di depan komputer. Cara ini lebih baik dan jangan hanya membaca saja karena dengan praktek akan lebih cepat menguasai. Apabila kamu tidak memiliki cukup budget untuk membeli buku, di era sekarang inikamu bisa mencari banyak referensi di internet seputar pembelajaran komputer yang bisa diakses secara luas dan tentunya free atau gratis. Jika masih kebingungan dengan referensi tulis.

Mencari Beberapa Referensi di Internet.

Jika tips belajar komputer sebelumnya yaitu mencari referensi di buku menurut kamu sulit untuk di lakukan karena tidak ada toko buku di daerah kamu atau kamu tidak menemukan buku belajar komputer di perpustakaan daerah sekitar. Kamu bisa menggunakan cara alternatif lainnya yaitu dengan mencari di internet yang bisa kamu lakukan melalui ponsel kamu. Kalian bisa mencari berbagai macam cara untuk melakukan hal hal di komputer dari internet, bahkan kini sudah banyak media yang menyediakan konten dalam bentuk video seperti youtube. Mencari video di youtube tentang cara belajar komputer pasti akan lebih memudahkan kamu untuk belajar daripada hanya membaca tulisan saja.

Miliki komputer lebih dahulu.

Belilah komputer atau bisa juga laptop sendiri agar bisa kita gunakan untuk belajar komputer dengan mudah tanpa harus meminjam ke teman ataupun pergi ke warnet, jika hanya untuk belajar belilah komputer yang murah dan tidak perlu baru yang penting bisa kalian gunakan untuk belajar. Sebab jika kalian membeli komputer yang murah kalian bisa memperlakukan komputer semaunya kamu dan tidak akan takut jika komputer itu rusak. Baru nanti ketika kalian sudah pandai mengoprasikan komputer untuk membeli perangkat komputer yang lebih bagus atau bahkan yang baru untuk membantu kerja kalian sehari hari supaya semakin produktif.

Jangan lupa untuk mempraktekannya langsung

Setelah kamu mendapatkan referensi dari buku atau dari internet, kamu harus cepat cepat mempraktekan hal yang telah kamu pelajari tersebut. Cara ini akan sangat efektif dari pada sobat baca buku terlebih dahulu kemudian baru di praktek kan, daripada belajar sekarang kemudian praktek besok. Misalnya sobat belajar cara mengcopy file, pada saat itu juga harus kalian lakukan copy file supaya kalian tidak lupa bagaimana cara mengcopy file. Maka dari itu kamu harus memiliki komputer sendiri untuk belajar daripada meminjam atau menunggu ketika di warnet, karena dengan begitu kamu  bisa belajar setiap saat ketika ada waktu luang di rumah. Dan bisa menerapkan tips mahir komputer dengan baik lagi.

Di era sekarang ini mempelajari komputer adalah hal yang sangat diperlukan. Pasalnya semua hal harus menggunakan komputer. Melakukan pekerjaanpun sudah banyak menggunakan komputer.  Setiap orang memiliki alasan yang berbeda bila mereka di tanya tentang apa fungsinya komputer, jawaban mereka antara lain :

  1. Mempermudah pekerjaan.
  2. Sebagai Alat komunikasi
  3. Sebagai alat untuk hiburan

Sebagian besar orang akan menjawab 3 alasan diatas. Juga banyak orang tua yang dilahirkan pada zaman tempo dulu tidak mengerti sama sekali manfaat komputer, sehingga mereka tidak menganggap komputer itu penting dan hasilnya pada generasi penerusnyapun mereka tidak menekankan atau mendidik anak-anak mereka untuk dan harus mengerti bidang komputer. Di dalam dunia komputer semua hal, semua bidang mata pelajaran, perkuliahan dan usaha ada di komputer, bahkan pendidikan dan ilmu pengetahuan lebih komplit bila diperoleh dari komputer dengan media Internet dibandingkan dengan pelajaran atau Ilmu yang di dapatkan dari Sekolah.

Sekarang mari kita bahas apa fungsi  miliki tips mahir komputerbagi kita :

 Komputer sebagai sarana mempermudah kerja

Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.

Kompter Sebagai Sarana Komunikasi

Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :

  • Berbicara dengan teman atau saudara kita
  • Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
  • Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
  • Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
  • Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *