Tempat Makan di Surabaya

5 Tempat Makan di Surabaya yang Wajib dicoba

 

Kota surabaya adalah kota yang menjadi saksi perjuangan Indonesia melawan penjajah. Untuk itu surabaya terkenal dengan kota pahlawan. Apalagi sekarang surabaya menjadi kota terbesar di Indonesia. Banyak tempat wisata yang harus kita kunjungi, tidak terkecuali tempat makan di Surabaya.

Melakukan wista ke suatu tempat tidak lengkap jika tidak berkunjung ke tempat makan. Apalagi menikmatinya bersama keluarga terasa lebih nikmat rasaya. Di setiap tempat pasti berbeda-beda citarasanya. Namun, pasti ada satu kuliner yang menjadi andalannya di sana.  Apalagi harus mencicip makan khas yang ada di kota tersebut, pastilah menjadi keinginan setiap orang.

Kali ini kita akan membahas kuliner yang ada di Surabaya. Tempat-tempat yang enak dan asik untuk dikunjungi adalah sate ayam lisidu, zangrandi ice cream, soto lamongan pak har, mie pecun, nasi bebek sayang anak pak yudi, nasi rawon pak pangat, nasi empal pengampon, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak makanan yang ada di surabaya berikut  5 tempat makan di Surabaya yang paling wajib dicoba.

1. Sate ayam lisidu

Berbicara tentang sate ayam, disetiap kota pasti terdapat sate ayam. Disetiap kota pula beda cara mengolahnya. Misalnya sate lilit bali atau sate thaican, tetapi sate lisidu ini berbeda. Sate ini benar-benar unik, bentuk dagingnaya yang pipih membuta bumbu yang di pakai meresap hingga ke dalam.

Sate ini sangat legendaris sekali di surabaya. Cara masaknya juga berbeda. Cara pengipasannya yang dilakukan di atas dan bawah. Membaut sate ini terlihat bersih dan tidak menempel dengan arang. 

Lebih asyiknya dari sate ini adalah kita bisa memilih sendiri bagian ayam yang ingin kita makan. Andalan dari sate lisidu terletak pada bumbu kacangnya yang terbuat dari kacang tuban. Rasanya gurih dan  manis. Sangat cocok dimakan ramai-ramai bersam keluarga. Tidak perlu kuatir sate menjadi dingin karena di sediakan tempat pembakaran untuk menjaga makannya tetap hangat.

Baca juga cekini.com

Halal! Katering dan Aqiqah terbaik di Indonesia

 

2. Nasi rawon pak pangat

Ketika kamu datang ke Surabaya dan ingin mencicipi  makanan berkuah dan bosan dengan bakso. Kamu bisa mencari rawon nikmat di Kota Surabaya, salah satu tempat yang bisa dikunjungi adalah Rawon Pak Pangat. Kedai tersebut berada di Ruko Lotus, Jalan Ketintang Baru Selatan 1/15. Daerah ini mudah diakses lantaran terletak di sekitar daerah Masjid Agung Surabaya. Kedai Rawon Pak Pangat buka setiap hari mulai dari pukul 6 pagi sampai 9 malam. Untuk harga satu porsi rawon di kedai Rawon Pak Pangat hanya Rp 8.000. Murah bangetkan.

Warung ini hanya menjual satu menu rawon yang dikombinasi dengan menu tambahan yaitu rawon campur dan rawon kresengan, yang membuat ketagihan adalah suwiran empalnya dipadukan dengan kuah panas dari rawon. Membuat siapa saja yang mencoba langsung nambah dan nambah. Cita rasa kuliner yang autentik membuat  rawon ini sangat diburu oleh wisatwan pun warga lokal.

 

 

3. SBS Surabaya

SBS adalah singkatan dari Spesial Belut Surabaya. Senada namanya, tempat makan yang satu ini menyajikan berbagai olahan belut. Selain kaya nutrisi, belut juga baik bagi kecerdasan otak. Banyak wisatawan yang mampir ke warung ini untuk menikmati olahan belut. SBS memiliki beberapa cabang, di antaranya di Jalan Banyu Urip Kidul IV/39, Jalan Ngagel Jaya Selatan No.119, dan Jalan H. R Muhammad No. 249.

Beberapa jenis olahan belut yang disajikan di SBS yaitu pecel belut ulek, belut goreng biasa atau kering, belut saus Inggris, dan berbagai menu lauk lainnya, seperti burung dara dan lele. Harga yang dipatok antara Rp 9.000 hingga Rp 13.000. Untuk satu porsi nasi di kedai ini dihargai Rp 2.500, sedangkan untuk varian minuman yang dapat dinikmati mulai dari Rp 500 sampai Rp 3.500 saja. 

Dengan harga yang murah kamu bisa menikmati olahan belut tanpa perlu bersusah-susah untuk menangkapnya. Meskipun dagingnya terlihat sedikit  belut bagus untuk tubuh seperti penjelasan di atas.  Biasanya mendengar kata belut membuat orang bergidik karena lendir dan licin. Untuk itu terkadang banyak orang yang tidak mau menikmati belut. Tetapi ketika sudah di warung ini. Tidak mungkin kamu menolaknya.

 

 

4. Mie pecun

Hal yang membuat unik dari mie ini adalah namanya yang tidak memiliki korelasi dengan makan yang mereka buat. Pecun dalam KBBI adalah sebuah perayaan cina yang dilakukan bersampan-sampan di kali. Namun, ini sendiri cukup terkenal di surabaya.

Kalau kamu suka makanan dengan cita rasa pedas, patut mencoba Mie Pecun. kamu bebas

memilih tingkat kepedasan sesuai kemampuan lidah.  

Banyak pilihan lever yang siap memanjakan kepedasan lidahmu. Ada Paket Klimax (superpedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing dengan tingkat kepedasan sedang, dan

paket culun alias tidak pedas. tempat makan di Surabaya ini menawarkan

beberapa topping tambahan seperti telur, udang, hingga kornet. Apalagi kamu yang pecinta

mie, patut sekali mencoba mie pecun.

 

 

5. Nasi bebek sayang anak pak yudi

Bebek adalah makanan yang suah sekali di olah, kalau salah mengolahnya bakal terasa alot dagingnya. Berbeda dengan nasi bebek di surabaya ini. Nasi terkenal dengan masakan bebeknya yang enak dan unik. 

Kota surabaya letaknya tak terlalu jauh dari Madura, maka beberapa tempat makan di Surabaya di dominasi oleh makanan Madura. Salah satunya adalah olahan bebek. Untuk kamu yang ingin mencoba olahan bebek yang cukup istimewa,  kamu bisa mengunjungi Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi yang berdiri di Jalan Tanjung Torowitan No. 39.

warung nasi bebek ini buka mulai pukul 15.00 hingga 18.00. walaupun hanya buka 3 jam, tetapi menunya selalu habis diborong pembeli. Itu karena daging bebek yang disajikan begitu empuk dan gurih, tidak seperti olahan bebek lain yang biasanya keras atau alot. Daya Tarik lain dari nasi bebek di kedai ini adalah disajikan dengan sambal pencit atau sambal mangga muda yang rasanya khas.

Untuk itu warung ini menjadi incaran para pencinta kuliner. Agar kamu tetap bisa menikmati makan ini tanpa kehabisan, kamu harus datang lebih awal. Jangan sampai kehabisan dan melewatkan makanan yang super duper wajib untuk di coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.