Tempat Makan di Medan

5 Tempat Makan di Medan 

 

Berada di utara Pulau Sumatera, medan adalah kota besar yang pas untuk traveller yang ingin berburu kuliner lezat, ada banyak tempat makan di Medan yang bisa ditemukan. Mungkin karena  pengaruh masyarakatnya yang terbentuk dari berbagai suku dan budaya seperti Melayu, Batak, Tionghoa, Arab, sampai India menjadikan kuliner yang ada di Medan sangat kaya rasa dan berbeda dari wilayah lain di Indonesia.

Melakukan wista ke berbagai tempat itu tidak lengkap tanpa mencicipi kulinernya. Apalagi menikmatinya bersama keluarga terasa lebih nikmat rasaya. Di setiap tempat pasti berbeda-beda citarasanya. Namun, pasti ada satu kuliner yang menjadi andalannya di sana. Apalagi harus mencicip makan khas yang ada di kota tersebut, pastilah menjadi keinginan setiap orang.

Banyaknya citara suku yang berada di medan mungkin membuatmu kesulitan memilih menu mana yang cocok di santap ketika datang ke kota tersebut.  Supaya liburanmu tidak sia-sia dan kamu bisa menikmati makan khas medan tanpa salah pilih makan. Apalagi kaum muslim yang ingin mendapatkan maskan halal.

Kali ini kita akan membahas kuliner yang ada di kota medan.  Tempat-tempat yang enak dan asik untuk dikunjungi adalah lontog kak lin, kari bihun tabona, roti tisu martaba gapa, martabak piring murni, soto sinar pagi, bihun bebek kumango, es pokat kocok, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak makanan yang ada di medan berikut  5 makanan yang paling wajib dicoba.

1. Sarapan pagi dengan energi: Lontong Kak lin

Saat kamu sedang liburan ke medan jangan lupa untuk sarapan pagi ke lontong kak lin. Biasanya pagi-pagi perut kita belum mampu mencerna makanan yang terlalu berat. Untuk itu pasti selalu membayangan makan yang ringan. Kalau begitu siap-siaplah untuk meluncur ke warung lontong pak lin.

Mendengar kata lontong pasti langsung terbayang lontong sayur dengan kuah santen kuning dan ayam. Makanan medan yang satu ini berbeda denga lontong sayur kebanyakan. Lontong sayur pak lin terlihat dengan kuah kental yang ke oranye-oranyean kemudian di tambah taburan kerupuk warna merah yang membuat  lontong ini terlihat lebih cerah.

Selain itu ada makanan pendamping berupa telur. Kamu yang suak pedas bisa menambah sambal di sampingnya. Lauk pendamping lainya adalah sate kerang dengan bumbu pekat menyelimutinya. Ada juga beberapa sajian jajanan pasar yang bisa kamu nikmati.

2. Kari terenak di medan: kari bihun tabona

Pecinta kari wajib datang ke medan. Banyaknya olahan kari yang ada di indonesia maupun manca negara. Membuat makanan ini tidak asing lagi. Namun kari yang satu ini berbeda. Kari yang ada di sumatera ini adalah kari lokal yang tentunya memiliki cita rasa daerah yang kental. 

Kebanyakan kari pasti berwarna kuning dengan kuah kental seperti bubur. Kari yang satu ini berbeda. Warnanya yang coklat keemasan di tambah dengan sajian daging, kentang, dan bihun, terlihat sangat menggoda lidah. Siapapun pasti tergoda melihatnya. 

Tidak hanya kari daging, tapi juga ada kari ayam dan kari babat. tempat makan ini terletak di Jalan Mangkubumi Nomor 17, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Buka pukul 6.30-11.30.Harga yang di tawarkanpun cukup murah yaitu mulai dari 27000 rupah per porsi.

3. Menikmati roti terunik: roti tisu martabak gapa

Kata roti sudah tidak asing lagi bagi kalian bukan. Tapi roti ini berbeda dengan roti ke banyakan. Roti ini lebih mirip krepes. Tetapi ada yang lain dengan bentuk roti ini.  Kalau biasanya roti crepes dibuat seperti segitiga pipih yang kemudian di beri isi sesuai dengan keinginan masing-masing.

Roti tisu ini sama seperti namanya tisu yang berarti tipis tentu sudah terbayang krispinya bukan? Roti ini di sajikan dengan berbentuk terompet terbalik seperti menara yang eifel.  Detelah itu diberi susu kental manis, meses, dan taburan keju yang melimpah. Siapa saja yang melihatnya pastikan tergoda untuk menghancurkannya.

 

Baca juga cekini.com

Partner Digital Marketing Anda

 

4. Martabak mungil dan lucu: martabak piring murni

Makanan yang satu ini adalah makanan yang tersebar di seluruh bagian di indonesai, dari sabang sampai merauke pasti akan menemukan martabak. Di setiap daerah martabakh yang di tawarkan pasti berbeda, sehingga membuat martabak tersebut terlihat unik.

Terbayang martabak manis atau kue terang bulan yang masih anget-anget baru di masak? Cari jajanan malam hari jadi makin mantap kalau berkunjung ke Martabak Piring Murni. Paduan adonan tebal-kenyal dan rasa klasik coklat-kacang-keju membuat malam hari makin ceria. Obat mujarab buat lapar malam!

Martabak ini di masak di piring langsung dengan ukuran sedang membuat makan ini sangat cocok untuk mengganjal perut yang lapar di malam hari. Tempat masaknyapun unik terbuat dari tungku-tungku kecil yang dia atasnya di letak piring yang sudah di beri penyangga dari kayu seperti oven tradisional. Terletak di jalan Tjong Yong Hian Nomor 43, Pasar Baru, Kota Medan, Sumatera Utara dengan jam operasional pukul lima sore hingga tengah malam. Harga yang ditawarkan cukup irit yaitu 3000 rupiah per porsi. Siap menemani wisata malammu.

5. Sinari pagimu dengan kuah soto: soto sinar pagi

Makanan yang satu ini adalah makanan yang tersebar di seluruh bagian di indonesia pual, dari sabang sampai merauke pasti akan menemukan soto. Di setiap daerah soto  yang di tawarkan pasti berbeda, sehingga membuat soto itu sangat bervariatif.

Terbayang kuah soto yang bening dan masih anget-anget baru di sajikan? Cari sarapan pagi hari jadi makin mantap kalau berkunjung ke soto sinar pagi. Paduan adonan tebal-kenyal dan rasa klasik coklat-kacang-keju membuat malam hari makin ceria. Obat mujarab buat perut laparmu di pagi hari!

Kalau biasanya soto terlihat bening,  kalau soto sinar pagi lebih mirip dengan soto betawi tetpai lebih gurih dan tidak terlulu kental.  Soto ini lebih cocok dimakan dengan emping dan beberapa makan pendamping lainnya. Seperti soto pada umumnya dia juga menyediakan soto ayam dan soto daging. Untuk alamatnya berada di Jalan Sei Deli No.2, Silalas, Medan Barat, Sumatera Utara. Warung ini buka mulai pukul tujuh pagi sampai tiga sore. Harganya yang ditawarkanpun berbeda dengan soto kebanyakan yaitu 28.000 per porsinya. Meskipun terlihat sedikit mahal tapi  sebanding dengan rasanya yang cukup meggoyang lidah. Kalau datang ke soto sinar pagi tidak cukup untuk beli satu makok saja pasti akan nambah dan nambah. Jangan lupa juga untuk mencicipi perkedelnya yang super gemuk dan enak-enak sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.