Manfaat Bekam Bagi Pria

Pengobatan alternatif bekam adalah metode pengobatan yang kuno. Namun di indonsia sendiri  pengobatan ini sangat di gandrungi. Pengobatan dengan cara seoarang terapis yang meletakkan cangkir khusus di kulit selama beberapa menit untuk membuat kulit terisap. Di negara Asia, bekam, kop, dan akupuntur adalah terapi kesehatan yang paling banyak digunakan.

Sebelum melakukan bekam, biasanya cangkir akan dipanaskan terlebih dahulu dengan api menggunakan alkohol, racikan herbal, atau kertas khusus yang ditempatkan langsung ke cangkir. Ketika api mengecil dan akhirnya mati, gelas langsung ditempel di atas permukaan kulit penderita. Sampai pada akhirnya udara di dalam gelas terasa dingin, maka udara dingin tersebut akan menarik kulit dalam cangkir hingga tampak permukaan kulit menjadi merah karena pembuluh darah merespons perubahan tekanan. Namun, cara di atas masih tergolong tradisional. Kini ada juga alat bekam yang lebih modern yaitu menggunakan pompa karet. Melalui alat ini, terapis menggunakan cangkir silikon yang dapat mereka pindahkan dari satu tempat ke tempat lain di kulit kamu. Dalam metodenya, terapi bekam terbagi menjadi dua jenis, yaitu bekam kering dan bekam basah. Pada jenis terapi bekam kering, cangkir akan dibiarkan menempel selama beberapa menit, hingga akhirnya kulit memerah dan mencuat ke atas.

Berbeda pada terapi bekam basah, dilakukan sayatan dangkal pada kulit bekas bekam, lalu dilakukan penyedotan ulang di area kulit yang disayat untuk mengeluarkan sebagian kecil darah. Setelah selesai, bagian yang terluka akan diolesi dengan salep antibiotik dan ditutup dengan perban untuk mencegah infeksi.

Masih banyak orang yang sangat percaya dengan pengobatan tradisional khususnya Bekam. Dipercaya pengobatan alternatif  ini mampu mengatasi segala macam penyakit. Orang-orang yang tidak suka menkosumsi obat-obatan akan lebih memilih pengobatan ini. Bekam sendiri dapat membantu pengobatan beberapa penyakit, di antaranya tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit rematik seperti arthritis, anemia dan hemofilia, serta dapat mencegah penyakit stroke. Untuk itu kamu harus tahu beberapa manfaat Bekam untuk pria.

  1. Meredakan nyeri dan keluhan

Manfaat bekam bisa untuk meredakan berbagai jenis nyeri dan keluhan. Terapi bekam bisa meredakan nyeri dan rasa sakit pada pinggang, bahu, dada, punggung, perut, dan juga encok. Selain itu beberapa keluhan seperti sakit gigi, migrain, batuk, dan tekanan darah tinggi bisa disembuhkan dengan melakukan terapi bekam.

  1. Menyembuhkan banyak penyakit

Apakah bekam bisa juga untuk mengobati penyakit yang terbilang berat? Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui bila beberapa penyakit serius bisa disembuhkan. Manfaat bekam bisa untuk menyembuhkan penyakit serius seperti penyakit ginjal, hati, paru-paru, dan diabetes. Gangguan pada zakar, mata, sendi, dan otot juga bisa disembukan dengan melakukan terapi bekam. Selain itu terapi bekam bermanfaat untuk menyembuhkan wasir, alergi, asma, rematik, dan juga depresi.

  1. Mengobati banyak masalah kulit

Manfaat bekam cukup luas hingga bisa untuk mengobati banyak masalah pada kulit. Gangguan kulit berupa gatal-gatal, memar, jerawat, bisul, dan luka nanah juga bisa diobati dengan menerapkan terapi bekam.

  1. Memperbaiki beberapa sistem tubuh

Tidak hanya untuk mengobati penyakit dan meredakan nyeri, manfaat bekam juga bisa untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas organ tubuh dan sistem tubuh. Terapi bekam bermanfaat untuk menajamkan penglihatan; meningkatkan daya ingat dan kecerdasan; meningkatkan sistem kekebalan tubuh; dan meningkatkan aktivitas saraf tulang belakang.

  1. Mampu meningkatkan kesuburan pria

Bekam juga dapat menikmatkan jumlah sperma dan kualitas sperma. Melakukan pembekaman pada titik syahwat akan membantu memperbaiki kinerja testis sehingga produksi sperma akan meningkat. Selain itu, terapi bekam untuk kesuburan bagi pria juga bisa berguna bagi yang memiliki masalah disfungsi ereksi.

  1. Mampu Menurunkan Berat Badan

Manfaat bekam untuk menurunkan berat badan belum banyak yang tahu. Metode bekam juga bisa berguna untuk menurunkan berat badan.   Untuk masalah ini sebaiknya kamu memilih bekam kering daripada bekam basah. Pijatan lembut dengan cawan dibagian titik tubuh tertentu yang memiliki kandungan lemak banyak akan dikurangi dengan bekam. Bekam akan mengeluarkan semua jaringan lemak dari bagian pori-pori tubuh.  Selain itu bekam akan meningkatkan proses metabolisme tubuh yang bisa menurunkan lemak dengan beberapa proses tambahan seperti latihan rutin setiap hari.

  1. Membuang racun, angin, dan kolesterol

Racun, angin dan kolesterol berkumpul bersama darah di lapisan kulit. Manfaat bekam bisa untuk membuang hal-hal tersebut yang sering menjadi penyebab penyakit. Racun, angin, dan kolesterol yang terkumpul pada permukaan kulit bisa ditarik ke luar dengan cara menyedot darah kotor sehingga darah pun menjadi bersih.

  1. Melancarkan peredaran darah

Manfaat bekam bisa untuk melancarkan peredaran darah. Terapi bekam terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peredaran darah. Penyedotan darah kotor memiliki dampak pada peningkatan aliran darah sehingga membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat. Darah yang tersumbat pun menjadi lacar.

  1. Mengatasi demam

kamu demam? Jangan dulu minum obat tetapi cobalah terapi bekam karena manfaat bekam bisa untuk mengobati demam. Melalui terapi bekam, faktor patogen bisa dikeluarkan dari dalam tubuh melalui angin dan darah kotor sehingga demam bisa disembuhkan.

  1. Mengatasi kelelahan

Kelelahan biasa dialami oleh hampir semua orang. Tahukah Anda bila kelelahan bisa diatasi dengan terapi bekam? Selain dengan istirahat, menjaga pola diet, dan terapi pijatan, kelelahan bisa diatasi dengan melakukan terapi bekam. Kelelahan yang diakibatkan oleh syaraf-syaraf yang kaku akan diredakan dengan terapi bekam.

  1. Meredakan nyeri dan keluhan

Manfaat bekam bisa untuk meredakan berbagai jenis nyeri dan keluhan. Terapi bekam bisa meredakan nyeri dan rasa sakit pada pinggang, bahu, dada, punggung, perut, dan juga encok. Selain itu beberapa keluhan seperti sakit gigi, migrain, batuk, dan tekanan darah tinggi bisa disembuhkan dengan melakukan terapi bekam.

Pengobatan alternatif ini termasuk mudah ditemukan di mana-mana. Namun, jika kamu tergoda untuk melakukannya, pastikan kamu tidak melakukannya disembarang tempat. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pengobatan ini, di antaranya:

  • Pastikan tempat yang kamu datangi sudah terpercaya dan terjamin keamanannya.
  • Pastikan terapis yang akan menangani kamu seorang profesional terlatih dan bersertifikat yang sudah berpengalaman dalam melakukan prosedur ini.
  • Pastikan alat-alat yang digunakan untuk terapi memiliki kualitas yang baik dan steril. kamu pasti tidak maukan tertular penyakit dari pasien sebelumnya? Guna mencegah hal tersebut, kamu bisa bertanya langsung kepada terapis terkait kemanan alat-alat yang akan kamu gunakan.

Walapun memiliki banyak manfaat bekam juga memiliki efek samping.  Salah satu efek bekam yang bisa langsung terlihat adalah memar ungu yang timbul ketika sehabis bekam. Memar ini terbentuk dari kapiler (pembuluh darah) yang pecah akibat terhisap atau tersedot oleh cawan panas. Nah, kapiler yang pecah ini menyebabkan gumpalan darah terbentuk di bawah cawan, sehingga menciptakan bentuk dan warna memar yang khas. Kabar baiknya, efek samping memar ini biasanya akan hilang dalam kurun waktu tiga sampai lima hari setelah pasien selesai melakukan terapi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *