Kuliah Malam di Jogja

Kulaih malam di Jogja memang sudah bukan pemandangan yang tidak umum. Banyaknya berbagai universitas di Jogja, banyak  pula orang yang merantau ke jogja untuk  meneruskan jenjang pendidikan atau bisa juga melanjutkan studi setelah mendapat pekerjaan di Jogja. Banyak orang berpikir bahwa ketika mereka memutuskan untuk bekerja maka mereka sudah menutup kemungkinan untuk bisa kuliah. Padahal sekarang beberapa perguruan tinggi menyediakan kelas karyawan bagi mereka untuk melanjutkan kuliahnya. Pada pagi hari biasanya para karyawan tidak bisa kuliah karena terbentur waktu kuliah, maka kelas karyawan dibuka di malam hari.

Para karyawan yang membulatkan tekad untuk melanjutkan kuliah berharap bahwa ijasah dan keterampilan yang diperoleh bisa mendatangkan promosi atau menduduki jabatan yang lebih tinggi di perusahaan dimana mereka berkerja. Dengan kuliah maka pengetahuan mereka bertambah dan kapasitas mereka meningkat, sehingga diharapkan bisa memimpin karyawan yang lain dalam memajukan perusahaan. Selain ingin memajukan karir, ada juga yang ingin menjadi teladan dalam keluarganya bahwa minimal dia sudah bergelar sarjana. Para karyawan yang sudah berkeluarga tidak ingin anak-anak mereka mengikuti jejaknya yang hanya tamat sekolah menengah, oleh karena itu mereka dengan sekuat tenaga, apapun resikonya mereka tempuh untuk kuliah hingga mendapatkan gelar sarjana.

Ada kebanggaan tersendiri ketika telah meraih gelar sarjana, apalagi itu didapatkan dari Perguruan Tinggi yang ada di Jogja. Kota yang terkenal dengan kota pendidikan dan kota pelajar menjadi daya tarik orang dari seluruh Indonesia untuk menimba ilmu di sini. Atmosfer pendidikan yang mendukung membuat Jogja menjadi tempat yang tepat. Berikut ini alasan pain bagus memilih kuliah malam.

Kuliah Sambil Bekerja

Alasan utama seseorang memilih kelas malam rata-rata adalah karena aktivitas bekerja, inilah keunggulan utama dari kelas malam ini. Coba pikir, kamu dapat bekerja untuk menghasilkan uang sambil menempuh pendidikan. Jadi, saat kamu lulus kuliah nanti kamu sudah punya pengalaman kerja plus gelar di belakang nama kamu. Namun, perlu diingat kuliah kelas malam bukan hal yang mudah lho karena waktu istirahat pun akan semakin berkurang. Jadi, semuanya tergantung bagaimana kamu menjalaninya.

Membangun relasi dan peluang kerja

kuliah itu selain untuk menuntut ilmu sebaiknya juga menambah relasi sebanyak mungkin, apalagi pada kelas karyawan ini. Kalau kamu pandai bersosialisasi tidak menutup kemungkinan kan kamu bakalan dapat info-info menarik seputar lowongan kerja atau bisa sharing hal-hal seputar pekerjaan yang bisa menambah wawasan kamu. Selain tentang pekerjaan, urusan perkuliahan pun bisa terbantu kalau kamu pandai bersosialisasi. Ingat, jangan sering bolos ya kalau kamu mau menambah relasi di kampus.

Belajar untuk mengantur waktu

Time management wajib dimengerti oleh kamu yang kuliah kelas malam karena kalau kamu tidak bisa mengatur waktumu dengan baik, maka nanti kamu sendiri yang kewalahan membagi waktu antara kerja dan kuliah. Belum lagi rasa lelah yang bisa bikin gagal fokus dalam membagi waktu. Contoh time management yang paling sederhana adalah mengatur waktu makan, karena makanan sangat penting lho dalam menunjang aktivitas dan kesehatanmu. Jangan sampai kamu malah melewatkan jam makan karena aktivitasmu yang super sibuk yang bisa menyebabkan tubuh kekurangan energi dan sakit.

Dosen bisa dia ajak kompromi atau pengertian

ini juga salah keuntungan yang sering dirasakan oleh mahasiswa yang mengambil kelas malam. Para dosen yang mengajar kelas malam biasanya lebih pengertian terhadap mahasiswanya, contoh sederhananya adalah tugas. Tugas yang diberikan biasanya lebih proporsional atau sedikit mengingat rata-rata mahasiswanya sudah lelah bekerja dari pagi dan tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas. Tapi, gak semua dosen seperti itu. Ada yang tetap memberikan tugas yang banyak sesuai kurikulum yang berlaku. Nah, kamu sebaiknya menghafal tipe-tipe dosen dalam memberi tugas. Jadi, kamu bisa menyisihkan sebagian waktu kamu yang berharga untuk mengerjakan tugas dengan baik.

Waktu libur terasa lebih sempurna dan optimal

Liburan menjadi momen-momen yang paling ditunggu mahasiswa kelas malam yang kuliah sambil bekerja. Setelah bersusah payah membagi waktu untuk mengerjakan aktivitas-aktivitas yang padat setiap hari, gak ada salahnya dong untuk merencanakan liburan. Bagi kamu yang mengambil kelas malam pasti akan merasa waktu libur menjadi lebih optimal, karena setiap waktu yang digunakan sangatlah berharga baik liburan pendek seperti weekend atau liburan panjang seperti berlibur ke luar kota.

Berikut tempat kuliah malam di Jogja yang bisa kamu pilih atau mungkin menjadi referensi:

  1. Universitas Mercubuana

Universitas Mercu Buana unggul karena beberapa program studinya yang sudah terakdreditasi A. Contohnya seperti jurusan Teknik Sipil, Teknik Informatika, Manajemen, Akuntansi, dan Public Relation. Untuk menimba ilmu di kampus ini, kamu perlu menyiapkan uang pangkal sebesar Rp 15.500.000. Sementara untuk uang kuliah per semester kamu hanya membayar sebesar Rp 8.640.000. Jangan khawatir, biaya kuliah tersebut nyatanya bisa kamu cicil sampai selesai masa belajarmu di sana.

Jadwal kuliah yang bisa kamu pilih di Universitas Mercu Buana yaitu:

Senin s/d Jumat Jam 19.00 s/d 21.30 WIB dan E-Learning

Senin s/d Jumat (E-Learning) dan Sabtu Jam 07.00 s/d 14.30 WIB

Senin s/d Jumat (E-Learning) dan Sabtu Jam 14.30 s/d 22.00 WIB

Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan kebutuhan dan minat kamu

  1. Sekolah Tinggi Teknologi Nasional

Kampus yang berlokasi di Jalan Babarsari, Depok, Sleman ini cukup populer karena memberikan banyak kemudahan dalam mengikuti kuliah. Dosen-dosen di STTNAS berjiwa muda dan selalu memberikan toleransi apabila kesibukanmu bekerja sedang padat dan tidak bisa kamu tinggalkan. Jurusan favorit di kampus ini yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Geodesi, dan sebagainya. Jam kuliah dimulai pada pukul 16.00-20.00.Kalau kamu ingin melanjutkan pendidikan di kampus ini, cukup dengan menyiapkan dana untuk membayar sumbangan pembangunan mulai dari Rp 10.500.000, SPP tetap Rp2 juta per semester, dan SPP variabel Rp 135.000 per SKS.

  1. Universitas Terbuka Yogyakarta

Universitas Terbuka adalah salah satu universitas yang bisa menjadi pilihanmu kalau kamu sibuk bekerja dan nggak bisa mengikuti kuliah di kelas setiap hari. Mengapa, karena teknologi yang memudahkan segalanya. Di Universitas ini memiliki fasilitas perpustakaan online dengan sumber bacaan yang lengkap. Setiap mahasiswa juga akan mendapatkan materi pembelajaran berbentuk modul digital dan audio sehingga proses belajar menjadi lebih seru dan tidak monoton. Dengan biaya kuliah yang amat sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta saja, kamu bisa tetap fokus meniti karir kamu tanpa perlu meninggalkan pendidikan. Di Universitas ini memiliki beberapa fakultas. Diantaranya fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, ekonomi, ilmu sosial dan ilmu politik, serta matematika dan ilmu pengetahuan alam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *