Kuliah Komputer Jogja

Di era yang modern ini jurusan komputer memang jadi sangat disukai. Apalagi semua orang hanya berkutat pada kecanggihan teknologi. Tak ada detik yang terlewatkan tanpa menjelajahi dunia teknologi.  Jadi  untuk sekarang ini jurusan ini sangat diburu. Kalau kita tidak melek teknologi  maka kita akan ketinggalan jauh dengan perkembangan zaman. Peredapaban abad 21 ini sudah bukan  abad-abad yang hanya menunggu. Kita harus  lebih kreatif lagi dalam menghadapi  kemajuan zaman.  Apalagi banyaknya aktivitas bisnis yang dilakukan melalui teknologi modern ini.  Secara umum, Komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang mengubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu. Komputer terdiri dari 3 elemen yakni : Hardware (perangkat keras) seperti Processor, Harddisk, RAM, CPU, Motherboard.  Software (perangkat lunak) seperti aplikasi- aplikasi dan juga sistem operasi yang akan bekerja sesuai perintah yang diberikan oleh Brainware (pengguna).

Dalam prinsipnya komputer memiliki 4 fungsi dasar, diantaranya

  • Data Processing (Pengolahan Data)
  • Data Storage (Penyimpanan Data)
  • Data Movement (Pemindahan Data)
  • Control (Pengendalian)
  1. Data Processing 

Komputer digunakan untuk pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output berupa suatu Informasi. Data yang diolah umumnya data berupa dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.

  1. Data Storage

Komputer berfungsi untuk pengamanan dan pemakaian kembali data. komputer dapat melakukan fungsi penyimpanan dan pengambilan data. Misalnya ketika menggunakan Ms. Word kita dapat melakukan penyimpanan (save) data tersebut ke dalam hardisk dan juga dapat mengambil kembali data tersebut (open).
3. Data Movement 

Komputer juga dapat melakukan pemindahan data dari satu kemputer ke komputer lain atau alat- alat output lain.

Jurusan Ilmu Komputer lebih contoh ke arah ‘sains’-nya komputer, karena akan membahas lebih dalam tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, dan lain-lain. Skripsi dari jurusan ilmu komputer boleh membahas sebuah teori/algoritma tertentu tanpa harus membuat aplikasinya. Jurusan Teknik Komputer lebih kepada hardware. Walaupun memakai nama ‘komputer,’ jurusan ini sering berada di bawah Fakultas Teknik. Hal ini sebenarnya mirip dengan Fakultas Teknik Elektro, namun juga akan dibahas tentang programming yang menggunakan ‘bahasa mesin.’ Hardware di sini lebih ke arah microcontroller, ‘chip’ atau processor komputer. Bukan bagaimana merakit komputer.

Salah satu perguruan tinggi ilmu komputer yang ada di yogyakarta yaitu STMIK AMIKOM. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta (selanjutnya disebut  STMIK AMIKOM) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Yogyakarta di bawah naungan Yayasan AMIKOM Yogyakarta. STMIK AMIKOM Yogyakarta merupakan sebuah perguruan tinggi hasil pengembangan dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer “AMIKOM Yogyakarta”. Sebanyak 78 persen lulusan STMIK Amikom memiliki referensi baik, khususnya dalam pengalaman kerja. Selain itu, jaminan lainnya, hampir setiap tahun, 16 persennya sukses berwirausaha. “Untuk tahun ini di buka program studi internasional”.

Teknik Informatika UII berdiri dan pertama kali menerima mahasiswa pada tahun ajaran 1994/1995. Pada saat itu mahasiswa angkatan pertama berjumlah 64 orang. Karena keterbatasan tenaga edukatif, maka pada tahun-tahun pertama Teknik Informatika juga dibantu oleh beberapa dosen UGM dalam pengelolaan Program Studi Teknik Informatika untuk menjaga proses pembelajaran tetap baik karena pada saat itu hanya terdapat dua dosen tetap di Informatika yakni Yudi Prayudi dan Sri Kusumadewi. Teknik Informatika merupakan program studi ketiga yang didirikan di dalam lingkungan Fakultas Teknologi Industri setelah Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Industri.

 

Tanggal 17 Februari 1946 didirikan Sekolah Tinggi Teknik (Bandoeng) di Yogyakarta. Bagian-bagian yang ada yaitu adalah Kimia, Mesin-Listrik, dan Sipil. Namun pada tahun 1950 Bagian Mesin Listrik terpaksa ditutup, karena kekurangan pengajar seiring pindahnya ibukota RI kembali ke Jakarta. Barulah tahun 1963 Bagian Teknik Listrik didirikan lagi setelah sebelumnya pada tahun 1959 Bagian Teknik Mesin didirikan. Tahun 1976 secara administratif bagian Teknik Listrik dan Bagian Teknik Mesin dipisah, tahun 1980 diganti menjadi Jurusan Teknik Listrik dan kemudian tahun 1983 menyesuaikan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0174/0/1983 tentang Penataan Jurusan pada Fakultas di Lingkungan Universitas/Institut Negeri, nama jurusan berubah menjadi Jurusan Teknik Elektro. Hingga pada tahun 2009 seiring dengan didirikannya program studi Teknologi Informasi, nama Jurusan Teknik Elektro berganti menjadi Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JTETI).

Program studi :

  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknologi Informasi
  • S2 Teknik Elektro, dengan tiga minat studi:

>> Sistem Tenaga Listrik
>> Sistem Isyarat Elektronis
>> Sistem dan Teknologi Informasi

  • S3 Teknik Elektro

 

Dikampus 1 UTY terdapat fakultas Sains dan Teknologi, dimana kampus ini seharusnya memiliki fasilitas teknologi yang mumupuni seperti laboratorium, ruangan kampus dan yang terpenting adalah koneksi internet yang dapat digunakan oleh warga kampus tersebut. Berbicara soal teknologi kampus 1 ini memiliki jurusan teknik informatika yang mampu bersaing didunia kerja. Teknik informatika uty memiliki akreditasi B, hal ini sudah aik karena hanya sedikit kampus di jogja yang memiliki akreditasi B. Meskipun demikian TI UTY setidaknya sudah mampu bersaing dengan TI dari perguruan tinggi lainnya yang memiliki akreditasi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *