Kuliah kesenian Jogja

Tidak semua orang betah dengan dunia akademik yang selalu berkutat dengan hal yang sangat memusingkan.  Ada beberapa orang yang senang dengan dunia diluar dunia pendidikan akademik yang umum.  Yap kesenian. Mereka yang besar di lingkup kesenian yang kental biasanya akan terarahkan pada dunia kesenian. Walapun tidak semuanya. Kesenia adalah sebuah tempat untuk kita mengekpresikan sesuatu hal atau bisa juag untuk melestarikan  kebudayaan yang sudah ada di lingkungan kita. Seni didefinisikan sebagai ekspresi atau penerapan keterampilan kreatif manusia, terutama dalam bentuk visual. Seni termasuk salah satu pelajaran akademik tertua yang mendahului evolusi bahasa dan ilmu pengetahuan. Seni adalah bentuk penyampaian dari emosi manusia. Baik itu adalah keprihatinan, idealisme maupun sikap. Bahkan sebelum manusia mengenal bahasa standar, manusia gua telah menggunakan media seni untuk berbagi cerita dan informasi. Bahkan saat ini, seni dianggap satu-satunya bentuk komunikasi yang dapat dimengerti oleh setiap umat manusia di seluruh dunia tanpa halangan bahasa. Jurusan Seni menyediakan berbagai program kuliah yang menarik untuk dipelajari. Baik dari sejarah seni rupa hingga cara untuk menciptakan karya seni sendiri.

Dulu waktu masih disekolah pasti pejaran seni menjadi pelajaran yang sangat ditunggu-tunggu selain jam kosong. Pelajaran ini bisa menjadi penghilang rasa penat dari pelajaran-pelajaran yang ada. meskipun seni juga memiliki teorinya sendiri namun ketika di sekolah lebih banyak praktek membuat kesenian dibanding mempelajari teorinya. Sehingga banyak murid yang suka dengan mata pelajaran kesenian. Kesenian sendiri merupakan salah satu bagian dari budaya serta sarana yang dapat digunakan sebagai cara untuk menuangkan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Kesenian selain sebagai sarana untuk mengekspresikan rasa keindahan, juga memiliki fungsi lain. Misalnya, mitos berguna dalam menentukan norma untuk mengatur perilaku yang teratur dan meneruskan adat serta nilai-nilai kebudayaan. Pada umumnya, kesenian dapat berguna untuk mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. Banyak yang memilih Jurusan Seni karena kecintaan mereka yang mendalam dalam Bidang Seni. Sehingga banyak para lulusan yang memilih untuk menjadi Seniman, dimana mereka bebas berekspresi dengan menciptakan gaya seni mereka sendiri. Gaji rata-rata untuk lulusan baru Jurusan Seni di Inggris adalah £17,000 per tahun. Mayoritas lulusan memulai karir mereka dengan mencari pekerjaan lepas (freelance) atau pekerjaan paruh waktu. Ada banyak bidang yang menyediakan lowongan kerja, seperti penerbitan, desain grafis ataupun jurnalis.

Untuk dapat masuk ke jurusan seni rupa, kamu memang harus melalui uji keterampilan seni rupa. Di dalamnya akan diuji seberapa kemampuan kamu menggambar dan lain sebagainya. Akan tetapi, hal itu dilakukan bukan hanya untuk menjaring calon potensial masuk ke jurusan seni rupa. Ujian itu lebih kepada pemetaan kemampuan seni rupa kamu. Sebab, ketika masuk ke jurusan itu, kamu akan langsung dihadapkan berbagai hal seputar seni rupa. Mulai dari teknik menggambar hingga berbagai macam teori seni rupa. Oleh karena itu, banyak mahasiswa seni rupa yang memang masuk bukan hanya karena bakat menggambar atau lukis saja. Banyak juga yang akhirnya jago di bidang seni rupa karena proses pembelajarannya. Sebab, kemampuan itu bisa diasah dan dilatih kapanpun dan di manapun. Ada mahasiswa seni rupa yang akhirnya ahli di bidang itu karena kerja kerasnya. Selain itu, harus kamu ketahui bahwa di dalam jurusan seni rupa, kamu tidak hanya belajar menggambar saja. Kamu akan belajar berbagai macam jenis seni rupa, seperti seni kriya, fotografi, lukis, dan lain sebagainya.

Di jurusan seni rupa, kamu tak hanya belajar soal ruang lingkup seni rupa saja. Hal lain yang akan kamu dapatkan ialah kepekaanmu melihat lingkungan sekitar. Kamu akan dilatih kepekaan nalar, hati, dan nuranimu. Karena, karya seni tidak hanya menjadi wadah kreatifitas imajinasimu melainkan juga wadah menyampaikan pesan-pesan tertentu. Ketika kamu merasa ada kejanggalan dengan kondisi sosial masyarakat, maka hal itu dapat menjadi ide membuat karya. Seringkali, banyak seniman membuat karya ciptanya memiliki makna yang berisikan keprihatinannya terhadap kondisi sosial masyarakat. Ada pula yang menuangkan kritik sosial di dalam karyanya. Hal itu lumrah dilakukan oleh seniman dalam tiap buah karyanya dan kamu juga akan mempelajari hal itu di jurusan seni rupa. Kamu tak hanya diajarkan untuk mahir dalam seni rupa melainkan juga mampu menuangkan ide, gagasan, dan perasaanmu ke dalam karya ciptamu.

Kuliah kesenian jogja memang menjadi pilihan untuk semua orang yang tertarik dengan seni. Pasalnya Jogja memang kota kesenian yang amat kenal. Kota Jogja juga melahirkan para seniman ternama yang kini bertengger di kota masing-masing. Berikut ini beberapa tempat kuliah kesenian Jogja yang bisa menjadi referensi. Institut Seni Indonesia Yogyakrata atau dikenal dengan ISI Jogja adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni negeri yang berstatus perguruan tinggi penuh, dan memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan sampai ke jenjang tertinggi dan merupakan perguruan tinggi seni terbesar & terbaik di Indonesia. ISI Jogja dibentuk atas Keputusan Presiden RI No: 39/1984 tanggal 30 Mei 1984, dan diresmikan berdirinya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, pada tanggal 23 Juli 1984. Kampus ISI Jogja berada diatas tanah seluas 18 hektar yang berlokasi di Panggungharjo, Sewon, Bantul – lingkungan pedesaan yang masih hijau, asri dengan udara yang masih segar. Meskipun di lingkungan pedesaan namun mudah dijumpai toko-toko alat tulis dan fotokopi, pasar swalayan, warung makan. Serta rumah-rumah kost dengan biaya murah. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi mahasiswa dalam kehidupannya, belajar dan berkarya. ISI Jogja  menyelenggarakan program S1, S2 dan S3. Program S1 membuka berbagai cabang studi seni yang terbagi dalam fakultas: yakni Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Media Rekam. Keseluruhannya terdiri dari 11 jurusan, 12 program studi. Program S2 dan S3 membuka bidang pengkajian dan penciptaan seni. Selain itu di UNY dan UGM juga kulaih kesenian jogja yang tak kalah bagusnya hanya saja tidak sekental  ISI Jogja.

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta adalah salah satu perguruan tinggi seni negeri di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas RI). ISI Surakarta pada mulanya adalah sebuah perguruan tinggi setingkat akademi dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta, yang didirikan sebagai salah satu wadah untuk merintis perkembangan seni tradisional. Kampus ISI Surakarta berada di pusat budaya Jawa khususnya dekat dengan Keraton Surakarta Hadiningrat, keraton Mangkunegaran, sentra Batik Laweyan dan Batik Kauman, Taman Budaya Surakarta (TBS), serta Museum Radya Pustaka. Sehingga sarat dengan kegiatan-kegiatan seni pertunjukan (wayang, tari, music dsb) dan produksi serta pemasaran produk kerajinan. Pasar Klewer dan Pusat Grosir Solo (PGS) menjadi pusat pemasaran produk batik khas Solo, sedangkan Galeri Senirupa TBS, Galeri Sudjatmoko Gramedia, dan lobi Teater Besar ISI Surakarta menjadi pusat kegiatan pameran senirupa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *