Kuliah kehutanan Jogja

Memiliki hutan yang luas dan hijau adalah impian semua negara. Hutan adalah tempat kita memperoleh oksigenyang bagus dan bersih. Bayangkan bila di dunia ini tidak ada tanaman dan tumbuhan. Mampukah kita hidup dengan aman? Tidakan. Sekarang ini banyak hal menyedikan terjadi dihutan kita. Entah kebakaran, penggundulan, bahkan pembalakan liar. Membuat beberapa kota  kehilangan daerah resapan airnya dan menjadi bencana dimana-mana.  Kalian para pencinta lingkungan alam pastilah sedih menyaksikan hal ini.  Jurusan kehutanan memang cocok bagi kamu yang memeng sangat mencintai alam ini. Mata kuliah yang berkaitan dengan ekosistem hutan ini berkaitan erat dengan lingkungan. Jurusan kehutanan adalah bidang studi yang melatih mahasiswanya agar mampu merawat, mengatur dan melindungi ekosistem hutan. Proses belajar mengajar dalam jurusan ini memadukan teori lama dan teknologi. Mahasiswa juga akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk praktikum dari pada di kelas. Fisik dan problem solving yang baik adalah skill utama yang harus dimiliki. Yap, karena aktifitas mereka akan banyak dilakukan di luar ruangan. Bukan lagi di kelas ber AC, melainkan di alam bebas. Analisa yang baik juga bisa diandalkan untuk hal-hal tak terduga yang terjadi di lapangan.

Pilih jurusan kehutanan apabila kamu mempunyai keinginan dibawah ini :

  1. Ingin bekerja secara outdoor
  2. Ingin melakukan suatu hal maupun merubah dunia
  3. Enggan hidup monoton dan melakukan hal yang itu-itu saja
  4. Menginginkan karir yang akan membuatmu selalu berada di tempat dan pengalaman baru
  5. Suka tantangan dan pecinta alam
  6. Tidak takut kotor serta menikmati kehidupan liar
  7. Pecinta hewan dan tumbuhan

Sama dengan jurusan lain, jurusan kehutanan membutuhkan passion yang kuat. Terutama kecintaan mereka pada alam. Mereka yang memiliki rasa sayang tersebut, biasanya juga diiringi dengan jiwa sosial yang tinggi. Banyak orang juga merasa nyaman saat berada di tengah alam seperti gunung dan hutan.Jika kamu memiliki ketiga hal tersebut maka tidak ada alasan untuk tidak memilih jurusan kehutanan. Dengan praktikum dan hands on langsung di alam terbuka, maka kamu tidak akan pernah bosan. Ekosistem asli yang terus berubah pasti akan memberikan pengalaman berbeda setiap hari. Apalagi perasaan bangga saat akhirnya kamu bisa berperan dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup mahkluk hidup lain.

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki hutan sangat luas. Jadi, lulusan Kehutanan sangat dibutuhkan untuk mengelola kawasan hutan agar terjaga ekosistemnya dan tetap lestari. Pokoknya kamu tidak perlu khawatir soal prospek kerja lulusan Kehutanan. Ada banyak peluang dengan jenjang karier yang cukup bervariasi. Secara umum, rata-rata gaji awal seorang ahli kehutanan berada pada kisaran Rp4.000.000. Meskipun begitu, besaran ini sangat bergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, jabatan, dan pengalaman yang dimiliki. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti, pegawai negeri sipil, pengrajin mebel, peneliti bioteknologi, dosen, teknisi konservasi lingkungan, dan masih banyak lainnya.

Walaupun pembelajaran di jurusan Kehutanan ini berkisar seputar lingkungan, tetapi aplikasi dari pembelajarannya juga menyesuaikan dengan zaman serta teknologi. Seperti halnya pembelajaran yang ditawarkan di kuliah kehutanan Jogja . Di sana, kamu akan mempelajari cara untuk mengolah manfaat hutan secara berkelanjutan agar tidak merusak lingkungan. Fokus utama dari mata kuliah program studi ini ialah mengarahkan mahasiswa agar dapat mengoptimalkan teknologi untuk mengelola hutan secara efisien. Kegiatan pembelajaran di jurusan Kehutanan tentu saja tidak hanya tentang teori saja. Banyak juga praktikum atau praktik lapangan yang harus kamu lakukan. Praktikum dan  praktik lapangan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan aplikatif dari teori yang telah diajarkan serta sebagai pembekalan untuk dunia kerja nanti. Sebagai contoh, praktik konservasi sumber daya hutan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada meliputi kegiatan pengawetan keanekaragaman tumbuhan, satwa beserta ekosistemnya. Sejalan dengan Visi UGM sebagai Universitas Penelitian Kelas Dunia (World Class Research University), maka visi Fakultas Kehutanan adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi di bidang kehutanan tropika yang unggul dan bermartabat di tingkat nasional dan diakui secara internasional, dijiwai Pancasila dan berdedikasi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa. Dalam menyelenggarkan Tri-dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Kehutanan UGM ikut menyumbang secara signifikan dan berpartisipasi aktif pada gerakan menuju terwujudnya masyarakat madani melalui berbagai upaya yang disusun secara sistematis dan bertahap, menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam lingkungan kehidupan masyarakat pembelajaran (learning society) dan masyarakat pengetahuan (knowledge society).

Selain UGM ada universitas lain yang memmiliki jurusan kehutanan. Pada saat ini Fakultas Kehutanan  Instiper mengampu 1 (satu) Program Studi, yaitu Prodi Kehutanan. Untuk memberi peluang minat mahasiswa maka Prodi Kehutanan dikembangkan minat-minat yaitu:

  1. Pengelolaan Hutanan Tanaman Industri
  2. Konservasi dan Rehabilitasi Lahan
  3. Pengelolaan Sumberdaya Hutan
  4. Manajemen Kesatuan Pengelolaan Hutan

Fakultas Kehutanan resmi mendapat ijin penyelenggaraan dengan terbitnya SK No.0143/0/1989. Pada tahun 2000 jurusan Budidaya Kehutanan memperoleh status terakeditasi peringkat B melalui SK Badan Akreditasi Nasional No. 03059/AK-I-III-004/IPSBDH/IV/2000 tanggal 23 April 2000. Program studi Teknologi Hasil Hutan terakreditasi B dengan nomor, No.002/BAN-PT/AK-II/XII/1998.Berdasarkan keputusan Dirjen DIKTI DEPDIKNAS RI nomor; 163/DIKTI/Kep/2007. Fakultas Kehutanan memiliki satu Program Studi yang terintegrasi dalam Program Studi Kehutanan.

 Visi Fakultas Kehutanan

”Menjadi Pusat Pendidikan Kehutanan Terkemuka yang link and macth

 Misi Fakultas Kehutanan

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan SDM Kehutanan professional yang berpedoman pada kaidah moral
  2. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mampu mendukung Sistem Industri Kehutanan yang berkelanjutan dan berasaskan kelestarian lingkungan
  3. Menyelenggarakan pelayanan jasa dan informasi Industri Kehutanan yang berbasis Enterpreuner .

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *