Kuliah di Jogja Langsung Kerja

Setelah lulus  sekolah pasti kalian bimbang ingin menerusakan kuliah atau kerja bukan?  Untuk  kamu yang memiliki ekonomi berekecukupan mungkin memilih kuliah adalah pilihan yang mudah. Tetapi bagi mereka yang tidak memiliki biaya untuk perkulihan pastilah akan bingung  menentukan ingin melanjutkakuliah atau kerja.  Pasalnya kuliah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kalau kalian mendapatkan beasiswa mungkin akan mempermudah perjalanan kuliah kalian namun ketika kalian harus membiayai kuliah kalian dengan uang orangtua pastinya sangat tidak mengenakan bukan.  Berikut ini  ada tempat kuliah di jogja langsung kerja yang bisa menjadi pilihan alternatif kamu. Salah satu alasan pilih suatu sekolah atau kampus tentunya adalah peluang kerja setelah lulus. Sayangnya, gak jarang lulusan baru alias fresh graduate gak bisa langsung kerja setelah lulus. Namun dalam data yang sama terungkap bahwa anak muda yang menganggur tercatat mendominasi. Hal ini menjadi pekerjaan rumah buat pemerintah, juga warganya.

Di Indonesia, ada lebih dari 4.500 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Dari ribuan kampus itu, sejatinya ada beberapa yang bisa lebih memastikan peluang kerja buat lulusannya.

Kampus itu adalah yang memiliki ikatan dinas dengan mahasiswanya. Buat yang dalam waktu dekat harus memilih kampus, cek daftar berikut ini supaya bisa langsung kerja setelah lulus:

Akademi Militer

Sesuai dengan namanya, kampus yang satu ini mendidik calon perwira militer. Kalau kamu terpanggil untuk jadi tentara, bisa coba masuk ke akademi ini. Setelah lulus, dijamin langsung bisa berkarya.

Syaratnya, antara lain berusia 17-22 tahun saat mendaftar dan gak punya tato atau tindik. Syarat lainnya bisa dilihat Di situs resminya itu, kamu bisa sekaligus mendaftarkan diri, selain di korem, kodam, dan koramil setempat.

Alamat: Jl. Jendral Gatot Subroto, Kompleks Akmil, Jurangombo, Magelang.

Akademi Kepolisian

Berkaitan dengan kampus di atas, tapi akademi ini khusus mendidik calon perwira polisi. Lulusan Akademi Kepolisian sudah pasti bakal jadi polisi.

Syarat masuk Akpol di antaranya berumur minimal 18 tahun dan gak pernah dipidana. Sama seperti Akmil, pendaftaran bisa dilakukan secara online di alamat webnya  langsung.

Alamat: Jl. Sultan Agung No 131, Candi Baru, Semarang.

Akademi Ilmu Pemasyarakatan

Gak jauh dari urusan hukum dan pertahanan negara, akademi ini berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Lulusannya bisa langsung kerja di badan yang dikelola Kemenkumham, misalnya lembaga pemasyarakatan dan imigrasi.

Syarat masuk Akip antara lain berusia 18-22 tahun. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di halaman webnya mereka.

Alamat: Jl. Raya Gandul No. 4, Cinere, Kota Depok.

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Melihat posisi Indonesia yang terletak di zona bencana, kerja di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika sepertinya menarik. Coba saja daftar ke Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Sekolah ini berada di bawah Badan Meteorologi. Syarat masuknya antara lain berusia 16-21 tahun. Yang pakai kacamata boleh masuk adal minus maksimal dua. Informasi selengkapnya bisa disimak di situs resmi STMKG.

Alamat: Jalan Perhubungan I Nomor 5, kompleks Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang.

 Politeknik Statistika

Buat yang hobi mengulik data atau gak alergi matematika, bisa coba mendaftar ke Politeknik Statistika. Sekolah ini dikelola Badan Pusat Statistik dengan sistem kedinasan.

Nilai 7 pada mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris jadi salah satu syarat utama. Syarat lainnya adalah berusia 16-21 tahun. Keterangan yang komplet ada di situsnya.

Alamat: Jalan Otto Iskandardinata Nomor 64C, Jakarta Timur.

 Politeknik Keuangan Negara

Mungkin nama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara lebih familer di telinga kita. Namun kini namanya  sudah menjadi Politeknik Keuangan Negara.

Kementerian Keuangan mengelola kampus pencetak ahli hitung-hitungan bujet ini. Info pendaftaran dan syarat masuk bisa dilihat di halaman web resminya.

Alamat: Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang.

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

Ada dua jenis seleksi taruna di STPI, yakni atas dana sendiri dan dibiayai negara. Kalau mau langsung kerja di dunia penerbangan, khususnya pilot, dengan pakai dana sendiri, ada jalurnya.

Keterangan lebih lanjut bisa disimak di webnya yang resmi. Satu hal yang pasti, kedua jenis seleksi dilakukan dengan ketat dan melewati beberapa tahap.

Alamat: Jalan Raya PLP Curug, Serdang Wetan, Lego, Tangerang.

 Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta

Sebagai negara maritim, Indonesia menyediakan banyak peluang kerja di dunia kelautan dan perikanan. Kamu bisa jadi salah satu pekerja dengan masuk ke Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta.

Sekolah ini menyediakan jalur seleksi umum dan pegawai negeri. Kalau tertarik, kamu bisa kunjungi langsung ke webnya saja  untuk informasi lebih lanjut.

Alamat: Jl. AUP Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

 Sekolah Tinggi Sandi Negara

Bagi yang berantusias mengulik sandi-sandi, Sekolah Tinggi Sandi Negara bisa jadi pilihan yang pas. Namun syarat yang diterapkan lumayan berat.

Nilai bahasa Inggris dan matematika, misalnya, minimal 8. Silakan kunjungi halaman resminya untuk mendapat info selengkapnya.

Alamat: Jl. Raya Haji Usa, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor.

 

Dari beberapa daftar tersebut membuktikan bahwa banyaks eali universitas yang mendukung kuliah langsung kerja guna mengurangi pengangguran. Selain itu ada tempat kuliah yang membuat kita bisa bekerja sambil kuliah  yang jelas pasti jamnya akan di sesuaikan dengan keadaan jam kerja kalian semuanya.  Jogja sendiri juga banyak tempat kuliah yang  bisa langsung kerja dan memiliki ikatan dinas.

Polteknes Kemenkes (Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta)

POLTEKES KEMENKES Yogyakarta telah berdiri sejak tahun 2001 di bawah asuhan kementrian Kementrian Kesehatan dengan jenjang pendidikan diploma III hingga diploma IV. Sekolah teknik kesehatan ini mempersiapkan putra putri Yogyakarta untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan profesional dalam bidang kesehatan. Lembaga pendidikan ini berada di jalan Tatabumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman Yogyakarta. POLTEKES KEMENKES Yogyakarta di pimpin oleh seorang Direktur yang berada di bawah struktural organisasi Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PSDM). Berikut ini beberapa jurusan yang ada di tempat kuliah kedinasan jogja ini.

  • Program Studi DIII dan D IV Analis Kesehatan
  • Program Studi DIII dan DIV Gizi
  • Program Studi DIII dan DIV Kebidanan
  • Program Studi DIII dan DIV Keperawatan
  • Program Studi DIII dan DIV Keperawatan Gigi
  • Program Studi DIII dan DIV Kesehatan Lingkungan

STTN (Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir)

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir atau yang biasa di singkat sebagai STTN di selenggarakan oleh BATAN atau Badan Tenaga Nuklir Nasional sejak tahun 2001. Jenjang pendidikan yang di tawarkan oleh STTN adalah diploma IV atau setara dengan Strata 1. Sekolah tinggi ini di siapkan khusus untuk mencetak tenaga ahli dan profesional dalam bidang teknologi nuklir. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir terletak di jalan Babarsari, Yogyakarta. Pelopor berdirinya STTN adalah PATN atau Pendidikan Ahli Teknik Nuklir yang berdiri sejak tahun 1985 di bawah naungan BATAN dan memiliki jenjang pendidikan diploma III. Kemidian PATN di ubah namanya menjadi STTN dan di tambahkan jenjang pendidikan diploma IV ke dalam program studinya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *