Info Loker Lulusan SMP

Info Loker Lulusan SMP

 

Lulus SMP dan binggung mencari pekerjaan apa? Biasanya orang lulus SMP bakal susah mencari pekerjaan, tapi tidak juga banyak perusahaan, kantor, dan toko yang mencari karyawan dari lulusan SMP. Banyak pekerjaan yan bisa di dapat dengan melihat situs web info loker lulusan SMP, apalagi sekarang sudah banyak bermunculan pekerjaan yang beragam.

Banyaknya profesi yang muncul sebagai sebuah pekerjaan memang membuat kita yang memiliki keinginan untuk bekerja mendapat banyak pilihan. Apalagi profesi ini memiliki bidang-bidang khusus.  Semakin berkembangnya dunia makan semakin banyak pula jenis pekrjaan yang ada. Namun, banyaknya pekerjaan yang ada juga belum bisa mengurangi pengangguran di dunia. 

Di indonesia sendiri tingkat pengangguran mencapai 5,01% di tahun 2019.  Seperti data berikut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) menjadi 5,01 % pada Februari 2019. Saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia menurut BPS berjumlah 6,82 juta orang. 

 

Lalu bagaimana dengan jumlah pengangguran di area Jogja?

Kota pendidikan yang tidak pernah mati. Kota yang menjadi kenang setiap pengunjung yang datang. Destinasi wisata yang banyak serta kuliner yang beragam membuat orang betah berlama-lama melancong di kota Jogja. Jogja adalah tempatnya para pendatang khususnya pelajar yang ingin menimba ilmu dikampus-kampus ternama di jogja. Kecintaan mereka terhadap jogja biasanya membuat mereka enggan untuk kembali ke kampung halaman dan mengadukan nasib mereka di jogja. Hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnyanya angka pengangguran di Jogja.

Sebuah riset menyatakan bahwa pada tahun 2019 angka pengangguran di Jogja menurun. Dinas koperasi, UKM, tenaga kerja dan transmigrasi Yogyakarta mencatat tingkat pengangguran di Jogja  mengalami penurunan. Banyaknya lapangan terbuka membuat tingkat pengangguran di Jogja menurun. Di Jogja sendiri juga sudah banyak jasa-jasa pelayanan yang menginformasikan banyak sekali lowongan pekerjaan. Jasa lowongan pekerjaan ini membantu banyak orang membutuhkan pekerjaan. 

Kalau dulu mencari pekerjaan harus keliling mencari sebuah kantor yang memasang info lowongan pekerjaan. Sekarang kita hanya perlu mengunjung sebuah web yang menyediakan informasi loker tersebut. Di Jogja sendiri jasa info lokernya sangat banyak. Mereka menyediakan berbagai profesi darin berbagai pekerjaan yang ada. yang lebih menguntungkan adalah ada sebuah aplikasi yang mempermudah kita untuk  mengakses informasi lowongan pekerjaan. 

Dalam sebuah jasa info loker lulusan SMP biasanya akan mengategorikan info yang mereka posting. Hal ini bertujuan agar tujuan dari si pengguna bisa tercapai. Misalnyanya saja, dalam sebuah pekerjaan ada pasti ada informasi profesi yang mereka cari. Setelah itu mengategorikan profesi tersebut sebagi pekerjaan yang parttime, full time, atau freelance. Di sana pasti juga ada informasi tentang waktu dan tanggal lowongan pekerjaan itu berakhir, yang terakhir adalah info sebuah perusahaan yang mencari pegawai.

Berikut beberapa pekerjaan di info loker lulusan SMP.

1. Penulis

Sekarang sudah eranya digital, siapa saja bisa melakukan pekerjaan menulis. Selain itu apa saja bisa dilakukan di dalam media sosial. Banyak wapsite dan blok yang bermunculnya untuk bersaing dengan dunia digitial. Mereka bisa mendapatkan penghasilan pasif dari pekerjaan ini. 

Kalian yang aktif menulis atau menyukai dunia tulis-manulis. Kalian bisa menjadi hobi ini menjadi sebuah profesi. Walapun kalian hanya lulusan SMP. Pekerjaan ini tidak memandang status pendidikan. Kalian yang memiliki ide kreatif pasti bisa terjun di pekerjaan ini.

Namun, untuk malakukan pekerjaan ini harus bersabar.  Kalau kalian membaut karya dan mengirimkannya kepada penerbit. Kalian harus bersaing dengan orang-orang lainnya. Tetapi jangan putus asa pekerjaan menulis ini tidak harus dikirim ke penerbit.  Banyak media yang menawarkan pekerjaan menulis. Seperti penulis artikel, penulis caption instagram, dan penulis parttime. 

 

2. Fotografer

Dengan berbekal kamera, kamu sudah bisa menghasilkan uang. Dengan mengambil beberapa gambar, kamu sudah akan diberi upah yang sesuai. Jika kamu bekerja dengan baik, maka pekerjaan akan terus mengalir dengan deras. Jangan sia-siakan kemampuan mata kamu yang pandai menangkap momen. Daripada jadi hobi belaka, lebih baik dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih menguntungkan. Bekerja part time tidak akan membuat kesenangan kamu terhadap fotografi hilang.

Kalaupun kamu hanya lulusan SMP tidak perlu minder. Ketika kamu tidak memiliki kamera untuk melakukan foto kamu bisa menggunakan HP Android untuk melakukan foto. Untuk awal-awal kalian bisa mencoba bersama teman untuk mendongkrang awal pekerjaanmu.

 

3. Pelayan dan penjaga toko

Pekerjaan paling umun untuk anak lulusan smp adalah pelayan dan penjaga toko. Pasalnya pekerjaan ini bisa dipelahari sambil berjalan. Pekerjaan ini juga  bisa dilakukan siapa saja. Selain itu,  pekerjaan ini juga bisa dilakukan secara parttime.

Pekerjaan parttime Sebenarnya sangat penting untuk saat ini. Alasannya yang paling sederhana, kerja part time dianggap mampu menambah pemasukan bagi yang sudah memiliki pekerjaan tetap. Bagi yang belum mendapatkan pekerjaan tetap, kerja ini dianggap penyelamat sembari mencari batu lompatan. Kerja part time lambat laun terus menjadi sebuah industri yang besar. Banyak sekali perusahaan mulai membuka lowongan kerja part time. Mulai dari jasa kepenulisan, jasa jaga toko, hingga programmer program tertentu. Kehadiran pekerja part time dianggap sangat membantu sebuah perusahaan yang tidak memiliki biaya operasional besar, misalnya tidak adanya fasilitas kantor.

 

Baca juga cekini.com

Jasa cetak photobook kekinian

 

Di negara lain budaya parttime ini sudah biasa dilakukan. Biasanya anak sekolah akan berburu pekerjaan ini saat liburan musim panas. Mereka mengumpulkan uang untuk membeli sesuatu yang jadi impiannya. Seorang pelajar lulusan SMP hendaknya banyak mengisi waktu luangnya dengan melakukan kerja part time. Harapannya adalah agar mereka bisa belajar bagaimana cara bekerja dengan baik. Tahu bagaimana menghasilkan dan menghargai uang. Selain itu, dengan bekerja part time mereka bisa belajar banyak hal. Mengisi waktu senggang dengan hal positif yang bisa meningkatkan kreativitas, dapat uang tambahan, dan tambah pandai.

Pekerjaan ini membantu kita untuk terus melakukan aktivitas yang tidak sia-sia. Pekerjaan parttime bahkan bisa menambah penghasilan dari pekerjaan tetapmu. Sekarang banyak media sosial yang bisa membantumu untuk mencari sebuah pekerjaan dengan mudah. Tidak alasan untuk mengatakan bahwa pekerjaannya susah atau malas melakukannya. 

Sebelum memulai bekerja part time, terlebih dahulu tanamkanlah satu hal dalam pikiran kamu, meski pekerjaan ini hanya part time, tidak penuh waktu, dan tidak ada kontrak seperti pekerja kantoran, tapi kamu tetap harus bekerja dengan sungguh-sungguh. Artinya, mau bekerja secara penuh waktu atau part time, kamu tetap harus melakukannya secara profesional. Jadi, kamu tidak perlu takut untuk tidak mendapat pekerjaan walaupun lulusan SMP. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.