Info Loker Jogja

Info Loker Jogja Terbaru Full time, Part time, Freelance

 

Pekerjaan adalah sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Sebuah profesi  yang memang mereka cari setelah sekian lama menimba ilmu. Banyak orang yang mendambakan pekerjaan mapan dan bergengsi. Namun, terkadang semua itu tidak sesuai impian. Jangan putus asa, kamu bisa melihat berbagai lowongan pekerjaan di info loker Jogja.

Secara teorinya pekerjaan adalah suatu hubungan antara perusahaan atau kantor dengan para pekerjanya atau karyawannya. Para pekerja atau karyawan ini akan mendapat gaji dari jasanya setelah bekerja di perusahaan tersebut. Jumlahnyapun tergantung dengan kapasitas bekerjanya. Ada banyak jenis pekerjaan di antaranya, dokter,  fotografer, guru, kasir, kepala pemerintah, polisi, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya kembali lagi pada prinsip bahwa kerja apa pun tidak masalah asalkan mendapatkan bayaran dan tidak melanggar hukum juga. Di era sekarang pekerjaan-pekerjaan sudah sangat banyak dan menjadi keinginan banyak orang untuk segera memiliki pekerjaan. Banyak muncul pekerjaan baru yang sedang dilirik. Mungkin, beberapa dari kalian akan bingung  dengan pekerjaan baru yang seebenarnya tidak lazim. Tetapi pekerjaan ini mungkin mengasikan bagi sebagian orang.

 

Banyaknya profesi yang muncul sebagai sebuah pekerjaan memang membuat kita yang memiliki keinginan untuk bekerja mendapat banyak pilihan. Apalagi profesi ini memiliki bidang-bidang khusus.  Semakin berkembangnya dunia makan semakin banyak pula jenis pekrjaan yang ada.  Namun, banyaknya pekerjaan yang ada juga belum bisa mengurangi pengangguran di dunia. 

Di indonesia sendiri tingkat pengangguran mencapai 5,01% di tahun 2019.  Seperti data berikut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya penurunan tingkat pengangguran terbuka (TPT) menjadi 5,01 % pada Februari 2019. Saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia menurut BPS berjumlah 6,82 juta orang. 

 

Info loker Jogja hadir sebagai solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran di area Jogja

Kota pendidikan yang tidak pernah mati. Kota yang menjadi kenang setiap pengunjung yang datang. Destinasi wisata yang banyak serta kuliner yang beragam membuat orang betah berlama-lama melancong di kota Jogja. Jogja adalah tempatnya para pendatang khususnya pelajar yang ingin menimba ilmu dikampus-kampus ternama di jogja. Kecintaan mereka terhadap jogja biasanya membuat mereka enggan untuk kembali ke kampung halaman dan mengadukan nasib mereka di jogja. Hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnyanya angka pengangguran di Jogja.

Sebuah riset menyatakan bahwa pada tahun 2019 angka pengangguran di Jogja menurun. Dinas koperasi, UKM, tenaga kerja dan transmigrasi Yogyakarta mencatat tingkat pengangguran di Jogja  mengalami penurunan. Banyaknya lapangan terbuka membuat tingkat pengangguran di Jogja menurun. Di Jogja sendiri juga sudah banyak jasa-jasa pelayanan yang menginformasikan banyak sekali lowongan pekerjaan. Jasa lowongan pekerjaan ini membantu banyak orang membutuhkan pekerjaan. 

Kalau dulu mencari pekerjaan harus keliling mencari sebuah kantor yang memasang info lowongan pekerjaan. Sekarang kita hanya perlu mengunjung sebuah web yang menyediakan informasi loker tersebut. Di Jogja sendiri jasa info lokernya sangat banyak. Mereka menyediakan berbagai profesi darin berbagai pekerjaan yang ada. yang lebih menguntungkan adalah ada sebuah aplikasi yang mempermudah kita untuk  mengakses informasi lowongan pekerjaan. 

Dalam sebuah jasa info lowongan kerja biasanya akan mengategorikan info yang mereka posting. Hal ini bertujuan agar tujuan dari si pengguna bisa tercapai. Misalnyanya saja, dalam sebuah pekerjaan ada pasti ada informasi profesi yang mereka cari. Setelah itu mengategorikan profesi tersebut sebagi pekerjaan yang parttime, full time, atau freelance. Di sana pasti juga ada informasi tentang waktu dan tanggal lowongan pekerjaan itu berakhir, yang terakhir adalah info sebuah perusahaan yang mencari pegawai. Kita pernah bahkan sering sekali mendengar kata  fulltime, parttime, dan freelance. Namun, sebagian dari kita belum paham apa arti dari kata tersebut.

 

Baca juga cekini.com

Jasa cetak foto online 24 jam

 

 

Berikut ini saya akan menjelaskan kategori pekerjaan Fulltime, parttime, dan freelance.

1. Fulltime

Pekerjaan fulltime adalah pekerjaan dengan penuh waktu. Karyawan yang memiliki pekerjaan penuh waktu dengan jam kerja 35-40 per minggunya. Pekerjaan penuh waktu ini misalnya kalian bekerja 8-9 jam setiap harinya dari  hari senin-jum’at atau senin-sabtu mulai dari jam 8 sampai dengan jam 4 sore. Hal tersebut bisa berubah tergantung kesepakatan dengan perusahaan yang bersangkutan.

Pekerjaan model inipun memiliki keuntungan dan kekurangan. Keuntungan dan kekurangannya adalah sebagai berikut. 

Keuntungan:

  1. Menjadi bagian dari tim
  2. Berda dilingkungan yang terstruktur
  3. Gaji yang tetap
  4. Cuti tahunan, cuti sakit, dan asuransi kesehatan

Kekurangan:

  1. Kurang fleksibel(semua hal yang dikerjakan sudah terstruktur)
  2. Stabilitas(dapat di PHK walaupun bukan kesalahan karyawan)
  3. Adanny anggota tim yang kurang kompeten

 

2. Parttime

Karyawan parttime adalah mereka yang bekerja dengan durasi 7 sampai 8 jam per hari. Kurang dari 35 sampai 40 perminggunya. Beberapa pekerjaan yang menerapkan sistem parttime adalah penjaga loket, penerima tamu, pramusaji, dan lain-lain. Parttime juga pekerjaan yang hanya dilakukan pada suatu acara saja. Misalnya event, acara bazar, dan pameran. 

Pekerjaan ini juga memiliki keuntungan dan kekurangan. Berikut keuntungan dan kekurangan dari pekerjaan dengan sistem parttime ini.

Keuntungan:

  1. Waktunya lebih singkat sehingga kamu bisa melakukan aktivitas lainnya
  2. Lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan baru untuk menambah pekerjaan.
  3. Upahnya bisa lebih tinggi dari pekerja fulltime kalau dihirung perharinya

Kekurangan:

  1. Pekerjaan paruh waktu bisa melelahkan. Sering kali harus berhubungan dengan masyrakat. Padahal tidak semua orang suka bersinggungan langsung dengan masyarakat. 
  2. Tidak banyak ruang untuk berkembang.
  3. Gaji yang tidak tetap
  4. Tidak ada jenjang karir yang bagus
  5. Pemberhentian perpanjangan kontrak

 

3. Freelance

Cara kerja suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang secara mandiri, tidak terikat kontrak atau perjanjian jangka panjang dengan sebuah perusahaan atau orang yang mempekerjakannya.

Ada pemdapat lain dari arti freelance, bekerja secara lepas atau bebas yang dilakukan oleh seseorang tanpa terikat kontrak dengan perusahaan atau orang tertentu dimana pekerjaan tersebut dapat dilakukan sesuai keinginan pekerja lepas tersebut. Seorang tenaga kerja lepas disebut dengan freelancer.

Menjadi seorang freelancer dapat dilakukan secara fulltime ataupun parttime. banyak freelancer  yang menjalankan profesi ini di luar pekerjaan utamanya. Namun, sebagian orang lainnya berprofesi sebagai freelancer sebagai pekerjaan utamanya.

Beberapa jenis pekerjaan yang banyak dilakukan oleh freelancer diantaranya adalah:

  1. Membuat desain (logo, grafis,
  2.  interior, etc), Membuat website/ blog, 
  3. Membuat aplikasi Android/ iOS, 
  4. Jasa konsultan keuangan, 
  5. Jasa penerjemah bahasa asing, 
  6. Menulis artikel dan copy writing, 
  7. Digital marketing (SEO, SEM, etc), 
  8. Membuat dan mengedit video, 
  9. Dan berbagai pekerjaan lainnya. 

Pekerjaan seperti ini juga memiliki keuntungan yaitu, bebas melakukan tugas dimana aja dan kapan saja, kamu dapat melakukan pekerjaan sesuai keinginan, dapat menawarkan gaji, dan tidak terikat dengan perusahaan. Sedangkan kekurangannya adalah gaji tidak tepat, pengerjaannya sendiri, dan bekerja lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.