Cetak Undangan pernikahan

Biaya untuk Cetak Undangan Pernikahan Mahal? Ini Solusinya

Sebuah acara yang besar dengan jumlah peserta yang banyak pasti membutuhkan undangan yang banyak pula. Apalagi undangan tersebut adalah untuk acara pernikahan. Sekarang ini kamu gak perlu kok membuat undangan ke tempat percetakan khusus. Kamu bisa desain dan cetak undangan pernikahan sendiri sesuai dengan kemauanmu.

Di dunia bisnis undangan adalah sebuah media yang digunakan untuk mengadakan berbagai acara resmi. baik acara kantor  ataupun acara masyarakat. Untuk perusahaan undangan  berguna untuk membangun relasi secara  menyeluruh dengan berbagai kolega kerja.

Undangan tidak hanya difungsikan sebagai  media bagi perusahaan. Banyak acara-acara masyarakat yang menggunakan undangan misalnya udangan pernikahan, undangan aqiqah, undangan khitanan, undangan ulang tahun, undangan acara desa, dan masih banyak lagi. Hal tersebut membuat undangan sangat membantu untuk mengadakan sebuah acara. Selain itu undangan juga memiliki manfaat menyampaikan informasi secara jelas.

 

Biaya untuk cetak undangan pernikahan mahal?

Undangan pernikahan  pastilah harus dibuat seunik dan secantik mungkin, agar acara pernikahan tersebut  bisa terkenang selalu. Meskipun begitu udangan juga memiliki anggaran yang cukup mahal. Apalagi untuk acara yang besa seperti pernikahan. Nominal yang besar biasanya membuat pembekakkan dana dalam acara tersebut. Terlebih lagi dana yang dianggarkan harus ditekan sedemikan mungkin agar terlaksana dengan baik. Selain itupun, kita bisa mengurangi buget lalu dialihkan ke kehidupan setelah meikah.

Coba deh gunakan Pinterest sebagai salah satu referensimu. Untuk membuat undangan pernikahan online kamu juga bisa menggunakan Canva atau website online untuk mencetak undangan. Hal tersebut juga bisa menekan biaya desain undangan pernikahan. Untuk menekan dana  sebuah acara dari udangan pernikahan, kita bisa memulainya dengan membuat desain udangan pernikahan sendiri.

 

Baca juga cekini.com

Pusatnya percetakan di Jogja

 

 

Berikut ini 5 tips membuat desain undangan pernikahan murah tapi tetap cantik.

1. Desain dan cetak undangan pernikahan sendiri.

Mendesain sebuah undangan pernikahan sendiri adalah alternatif terbaik untuk menekan biaya dalam sebuah acara. Apalagi ornamen undangan bisa sesuai dengan keingin kita dan pasangan. Ketika kita tidak pandai membuat desain undangan sendiri bisa meminta bantuan teman yang bisa melakukannya. Harga teman biasanya lebih murah.

Setelah selesai membuat desain undangan pernikahan. Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan kertas yang sesuai dengan desain untuk mencetak undangan pernikahan. Ada beberapa kertas yang bisa kamu pilih. Misalnya kertas jasmine yang bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp300 per lembar ukuran A5. Selain kertas jenis jasmine, kamu juga bisa menggunakan kertas jenis samson kraft yang memiliki harga Rp165 per lembar. Kertas samson kraft ini cocok bagi Anda yang suka sesuatu yang unik. kertas ini akan semakin cocok dengan konsep pernikahan yang kamu usung.

 

2. Gunakan template undangan pernikahan yang sudah ada di internet

Ketika mencari bantuan teman ternyata tidak membuahkan hasil, tidak perlu kuatir. Kalau kamu yang tidak jago desainpun bisa membuat desain undangan pernikahan sendiri. Saat ini sudah banyak template yang muncul di internet yang bisa kamu gunakan, kamu tinggal unduh, desain, dan cetak undangan pernikahan sendiri. 

Dengan menggunakan template gratis dari internet, kamu bisa menghemat dana  acara dan waktu yang kamu dan pasangan lakukan untuk persiapan pernikahan. Kamu hanya tinggal memilih template undangan pernikahan yang paling sesuai dengan selera kamu dan pasangan. Selanjutnya, kamu tinggal menambahkan informasinya saja. Seperti nama kamu dan pasangan, perihal acara, waktu, tanggal, serta lokasi pesta pernikahan diadakan. Ada banyak website yang bisa kamu kunjungi agar bisa mendapatkan template undangan pernikahn gratis.

Beberapa website yang menyediakan template bagus akan meminta kamu untuk mengisi form sebelum  mengunduh template tersebut. Data ini biasanya seputar nama kamu, nama pasangan, dan waktu acara. Setelah mengisi data, kamu bisa mengunduh template yang diinginkan dan mencetaknya sebagai undangan pernikahanmu.

 

3. Hindari emboss pada desain undangan pernikahan.

Ketika membuat  undangan pernikahan sendiri atau menggunakan template undangan pernikahan dari internet. Cobalah untuk menghindari emboss saat akan mencetak  desain undangan. Biasanya tempat percetakan akan menanyakan untuk penghilangan emboss atau tidak karena dengan adanya embos biaya percetakan menjadi lebih mahal.

Emboss ini adalah finishing font timbul yang muncul di kertas undangan kamu. Adanya finishing emboss ini akan membuat desain undangan pernikahanmu jadi terlihat semakin mewah. Akan tetapi, tentu saja adanya finishing emboss ini akan membuat biaya desain undangan pernikahan kamu jadi lebih mahal. Kalau kamu berencana untuk menekan biaya undangan pernikahanmu, sebaiknya kamu melupakan finishing emboss ini.

 

4. Undangan pernikahan dengan tulis tangan

Kamu yang memiliki tulisan tangan layaknya kaligrafi, kenpa tidak dimanfaatkan untuk menulis undangan pernikahan? Cara ini sangat efektif untuk menekan biaya desain undangan yang akan disebarkan untuk acara pernikahan. Selain itu juga, membuat undangan pernikahn dengan tulisan tangan akan membuat undanganmu terasa lebih unik dan personal.

Kendalannya adalah jumlah undangan yang akan kamu undang untuk datang ke pesta pernikahanmu. Kalau jumlahnya 1000 orang tidak mungkin menggunakan desain tulisan tangan untuk mengundang. Akan sangat melelahkan menulis 1000 undangan satu persatu. kalau kamu hanya mengundang 100 sampai 200 orang, membuat undangan pernikahan yang ditulis tangan masih mungkin untuk kamu lakukan.

Tetapi kamu bisa juga menjadikan desain tulis tangan ini sebagai template sederhana yang kemudian bisa kamu gandakan.  Meskipun menambah sedikit biaya, biayanyapun tidak semahal yang diperkirakan. 

Untuk membuat undangan pernikahan kamu semakin terlihat manis, jangan lupa untuk menambah aksesori kecil sebagai penghias. Misalnya pita satin atau tali rami. Bisa jug diberi lukisan-likisan sederhana pada sisi-sisi desain.

 

5. Gunakan bahan daur ulang

Sekarang ini indonesia sedang sensitif-sensitifnya untuk mengurangi sampah plastik maupun kertas. Semakin bertambahnya perkembangan zaman semakin banyak pulang kantor atau perusahaan, maupun acara desa yang lebih memilih umtuk menggunkan media sosial sebagai undangan yang cukup menekan biaya. Tetapi elemen kertas tidak mungkin lepas begitu saja dari aktivitas kehidupan kita. 

Tidak ada yang salah dengan membuat kreatifitas dalam desain undangan. Apalagi menggunakan kertas daur ulang untuk mencetak undangan tersebut. Salah satu bahan daur ulang yang bisa kamu gunakan adalah kaset CD atau compact disc yang sudah rusak. Kalau kamu tidak memiliki kaset CD rusak yang terlalu banyak, kamu bisa membelinya di toko online. Beberapa toko online ada yang menjual kaset CD rusak seharga Rp100 per kepingnya.Selanjutnya, kamu tinggal memodifikasi kaset CD ini dengan menempelkan kertas undangan di atasnya. Desain undangan seperti ini tentu akan memberikan kesan yang unik tanpa kamu harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Bisa juga mendaur ulang kertas dengan warna dan ornamen yang berbeda. Dibuat dengan menggulungnya seperti pipa, kemudian diberi pita yang melingkarinnya. Maka desain undangan tersebut terlihat lebih menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.