CETAK KARDUS WARNA

Corrugated adalah merupakan jenis bahan kemasan yang berbentuk gelombang dan terbuat dari satu atau beberapa lembar kertas kraft liner serta dengan menggunakan kertas medium sebagai lapisan untuk gelombangnya. Terdapat lapisan bergelombang yang akan membedakan kardus karton yang memiliki gelombang dengan kardus karton yang lainnya. Corrugated juga merupakan bahan kemasan transport atau kemasan distribusi yang sangat umum digunakan pada saat sekarang ini.

Dus corrugated atau packaging corrugated memiliki sifat bahan yang keras namun tidak terlalu tebal sangat cocok dibuat untuk kemasan benda benda yang cukup berat selain itu biasanya dipakai untuk kemasa dus pizza seperti di pizza hut. Biasanya dikombinasikan dengan bahan duplex di bagian depannya sehingga warna yang muncul jadi terang dan menyala berbeda dengan yang dicetak langsung pada bahan corrugated warnanya biasa cenderung lebih pudar atau gelap.

Tipe Dus Corrugated :

  • Single face corrugated
  • Single wall (double face) corrugated
  • Double wall corrugated
  • Triple wall corrugated

Tipe single wall adalah merupakan tipe yang paling umum di Indonesia ini, karena bentuknya yang simple dan juga praktis dalam hal pembentukan kardusnya. Tipe single wall juga lebih ringan daripada tipe tipe yang lain sehingga dapat menekan untuk biaya pengiriman.

Jenis Ketebalan Kertas

  1. Flute A 4.8mm
  2. Flute B 3.0mm
  3. Flute C 3.9mm
  4. Flute E 1.8mm
  5. Flute F 0.75mm

Flute B 3.0mm adalah merupakan bahan yang sangat umum digunakan untuk pembuatan kardus karena bahannya memiliki daya serap yang tinggi, tahan kuat dan juga akan tahan lama.

Dalam pembuatan kardus itu sendiri, dibutuhkan bahan kertas dengan jenis bahan dan berat kertas yang tentunya berbeda beda. Menurut jenis kertasnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut :

  1. Kraft (coklat) dan white kraft (putih)
  2. Medium (abu abu)

Dilihat dari segi jenis komposisi bahannya, sudah jelas kertas kraft tentunya lebih keras dibandingkan dengan yang bahan medium. Akan tetapi kedua bahan kertas tersebut mempunyai fungsi dan daya serap yang berbeda yaitu sebagai berikut :

  • Kraft berfungsi untuk kekuatan jebol (burshting strenght)
  • Medium berfungsi untuk kekuatan tumpuk atau kelenturan (stacking strenght)
  • Kraft memiliki kadar air (moesture) lebih sedikit dari kertas medium
  • Medium memiliki daya serap untuk pengeleman lebih baik daripada kertas kraft

Jenis Barang yang Cocok Menggunakan Dus Corrugated

Selain kita memberikan perlindungan kepada produk yang kita buat, pembuatan design branding yang baik dan bagus tentunya akan meningkatkan nilai jual produk kita di mata para konsumen atau pembeli. Oleh karena itu sangat di sarankan untuk membuat design yang eye catching agat dapat menarik banyak konsumen saat mereka melewati barang barang kita yang sudah terpajang di etalase. Berikut ini adalah contoh contoh jenis barang yang cocok menggunakan packaging corrugated :

  • Dus peralatan rumah tangga
  • Dus alat alat kesehatan
  • Dus pizza
  • Dus aki mobil atau motor
  • Dus briket
  • Dus mainan
  • Dus elektronik
  • Dan lain lain

Bahan yang Digunakan

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat dus corrugated adalah bahan duplex 250 gsm lalu di lapisi dengan bahan eflute di bagian dalam, sehingga dus akan menjadi kuat dan kokoh meskipun dus tersebut tidak terlalu tebal. Namun kekurangannya, penampakan bagian luar akan cenderung bergelombang biasanya.

Selain bahan duplex terkadang juga kita akan menggunakan bahan kraft yang berwarna coklat seperti layaknya dus pizza hut. Jadi, bagian luar dan dalam akan berwarna coklat, tapi kelemahan penggunaan bahan kraft warna akan cenderung lebih pudar dan warnanya tidak akan terlalu menyala.

Keunggulan Cetak Dus Corrugated

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari cetakan dus corrugated yang terdapat di tempat kami :

  1. Kuat dan kokoh

Penggunaan bahan eflute yang berkualitas tentunya juga akan memberikan daya tahan yang akan lebih kuat dan kokoh ketika digunakan untuk packaging produk yang cukup berat dan biasanya juga kuat jika untuk di tumpuk menjadi beberapa layer ke atas (tergantung dari berat produk itu juga).

  1. Lem sambungan

Dalam proses pembuatan dus corrugated rata rata akan menggunakan lem sambungan yang terdapat pada bagian samping. Penting halnya juga untuk menggunakan lem yang memiliki kualitas bagus agar sambungannya tidak mudah terlepas dan bisa juga untuk menahan benda yang cukup berat.

  1. Quality control

Kami selalu mengedepankan kualitas, maka dari itu sebelum kami mengirimkan barang hasil produksi ke tempat anda kami selalu melakukan quality control pada bagian kahir agar produk yang tidak lolos quality control tidak ikut terkirim dan merugikan anda.

  1. Konsultasi design

Pastikan juga design yang anda buat itu sudah sesuai dengan yang anda inginkan, apabila terdapat hal yang sedikit membingungkan tentang bagaimana gambar rangka dus yang akan anda buat, maka anda dapat langsung berkonsultasi dengan team kami.

Cara Pemesanan

  • Jenis file

Harap mengirimkan file dengan jenis format coreldraaw atau adobe illustrator atau adobe photoshop ke alamat email kami. Apabila anda ingin menggunakan format JPEG harap diperhatikan juga untuk resolusinya minimal 300 ppi namun aka nada penurunan kualitas gambar biasanya text tidak akan terlalu tajam.

  • Waktu produksi

Waktu yang diperlukan untuk membuat atau mencetak dus corrugated ini membutuhkan cukup yang lama. Biasanya, minimal 3 minggu yang paling cepat tergantung juga dari ukuran dan tingkat kesulitan pada proses pembuatan. Oleh karena hal itu harap persiapkan dari jauh jauh hari sebelum stok anda kehabisan atau waktu launching produk anda terlalu dekat.

  • Pengiriman

Untuk daerah kota Bandung biasanya kita akan menggratiskan ongkos kirim. Akan tetapi, untuk keperluan di luar kota di harapkan untuk menggunakan ekspedisi. Jangan menggunakan JNE atau J&T karena ekspedisi ongkos per kilo nya akan jauh lebih mahal apalagi untuk barang yang memiliki ukuran yang cukup besar dan berat.

Demikian adalah beberapa ulasan mengenai cetak dus warna, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *