Cetak Foto Murah

Begini, Cara Cetak Foto Murah Sendiri di Rumah

 

Sebuah karya yang keren dari mereka ini sayang kalau hanya disimpan dalam file saja. Dari pada di simpan mending cetak saja fotomu. Kamu tidak harus pergi ke jasa cuci cetak foto, hanya dengan modal printer dan kertas foto, kamu bisa cetak foto murah sendiri di Rumah. 

Zaman sekarang siapa sih yang tidak suka berfoto. Semakin canggihnya fitur kamera dalam sebuah HP membuat banyak orang gemar melakukan foto.  Dalam segala aktivitas semua kegiatannya diabadikan dalam foto. Terlebih lagi teman-teman pecinta fotografi pasti sangat senang sekali mengabadikan momen-momen dalam kehidupan ke sebuah potret.  Saat ini sudah banyak bermunculan kamera canggih yang mampu mendukung bakat pecinta fotografi. 

Elemen penting lain yang harus ada saat mencetak foto yaitu tinta dan jenis kertasnya. Komponen ini sangat penting dalam dunia percetakan. Ingat, ada banyak sekali jenis kertas yang tersedia. Tapi jangan asal pilih pasalnya masing masing jenis kertas memiliki sifat dan fungsi yang berbeda beda. Dengan kata lain jenis kertas untuk cetak foto pun juga berbeda. Foto yang bagus akan sia-sia bila menggunakan kertas yang sembarangan.

 

Baca juga cekini.com

Ingin buat photobook? klik disini

Ukuran dan Jenis Foto

Selain kertas kita juga harus tahu ukuran-ukuran foto. Ukuran foto adalah dimensi atau panjang dan lebar suatu foto atau gambar dalam satuan mm (milimeter), dan bisa juga dikonversikan menjadi satuan cm (centimeter) ataupun inchi (inci). Dalam hal ini ukuran foto ditentukan berdasarkan standar internasional, namun dapat disesuaikan dengan permintaan. 

Ukuran foto yang standar adalah 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R. Biasanya menggunakan kertas yang memang khusus untuk mencetak foto dalam berbagai ukuran. Pada masa kini banyak  jenis kertas foto yang sering dipakai untuk mencetak foto. Tetapi kertas foto adalah hal yang paling penting.

Kertas foto dapat menentukan hasil akhir dari cetakan yang diinginkan. Selain itu, kertas foto juga mempengaruhi permukaan foto secara keseluruhan, yakni tekstur, kejelasan warna, kontras dan jenis fotografi yang anda inginkan. Karakteristik dari masing-massing jenis kertas foto berbeda sesuai dengan fungsinya. Secara umum, kertas foto dibedakan menjadi 4, yakni glossy, matte, luster dan metallic. Jenis kertas ini sangat berpengaruh terhadap hasil akhir cetakan yang diinginkan.

 

Berikut ini kertas foto yang murah dan cocok untuk para fotografi.

1. Glossy

Kertas ini  sering kali dipakai untuk kertas mencetak foto ukuran apapun.  Kertasnya memiliki tekstru yang berlapis (glossy) dan sangat halus, mengkilap dan permukaannya reflektif. Kualitas dari hasil cetak foto pada kertas ini sangat tajam dan  kertas ini menghasilkan saturasi warna yang cerah, sehingga  membuat hasil cetaknya  jadi lebih hidup. Tetapi , kertas ini tidak bisa menghasilkan tampilan yang bertekstur ketika dipindai atau diubah menjadi format digital.

Kelemahannya yakni permukaan foto yang cenderung menempel pada kaca saat dibingkai, sehingga foto yang sudah dicetak menjadi sangat rentan terhadap sidik jari dan noda jika dipegang tanpa menggunakan sarung tangan. Walaupun sidik jari dan noda tersebut bisa dihilangkan dengan beberapa kain dan cairan tertentu, namun tetap akan meninggalkan sedikit goresan.

Secara keseluruhan, kertas glossy merupakan pilihan yang baik untuk mencetak foto sehari-hari maupun mencetak foto dengan warna yang lebih cerah.

Secara garis besar, kertas glossy memiliki kualitas sebagai berikut :

  1. Halus, tanpa tekstur di permukaan
  2. Mengkilap, reflektif
  3. Hidup dalam warna
  4. Kualitas tajam
  5. Warna cerah
  6. Dapat meninggalkan sidik jari ketika disentuh
  7. Cenderung lengket pada bahan gelas atau kaca

Kertas ini  memang paling banyak digunakan bahkan paling populer dengan dari yang lainnya. Kertas ini paling cocok untuk foto yang sedang-sedang saja.

 

2. Matte

Kertas ini memiliki tekstur halus dan tidak mengkilap di permukaan. Kontras warna pada kertas ini cukup rendah. Walapun begitu tetap memiliki kelebihan dibandingkan dengan kertas glossy yakni tekstur cetak dan sidik jari yang tidak terlihat. Kertas ini sangat cocok digunakan untuk cetak foto terutama foto hitam putih dengan tampilan klasik. Para professional sering menggunakan kertas ini, karena mampu menghasilkan tampilan berkualitas.

Kertas matte ini juga menjadi pilihan terbaik untuk framing dan cocok untuk potret pernikahan maupun bayi. Jenis kertas sulit untuk tergores dengan hasil akhir yang terlihat kasar dan teksturnya akan terlihat apabila dikonversi ke format digital.

Adapun kualitas kertas matte secara garis besar yakni sebagai berikut.

  1. Halus, bertekstur di permukaan
  2. Tidak Mengkilat
  3. Lebih tahan goresan
  4. Sidik Jari biasanya tidak terlihat
  5. Baik untuk bingkai foto
  6. Terlihat Professional

 

3. Luster

Kertas ini memiliki sedikit tekstur lapisan yang berkilau dan halus seperti mutiara. Saturasi warna pada kertas ini lebih dalam dibandingkan dengan kertas matte dan lebih tinggi kontras warnanya dengan kertas yang lebih tebal. Kertas luster tidak menampilkan sidik jari, anti silau, dan tampak professional jika digunakan untuk bingkai pada dinding. Hasil dari kertas ini mampu menangkap campuran glossy dan matte dengan hasil yang lebih indah dan tekstur mengkilap.

Adapun kualitas jenis kertas Luster adalah sebagai berikut.

  1. Tajam seperti mutiara
  2. Halus, mengkilap namun tidak menyilaukan
  3. Saturasi yang kaya warna
  4. Sidik Jari biasanya tidak terlihat
  5. Warna yang lebih kontras
  6. Kertas yang lebih tebal
  7. Baik untuk bingkai foto
  8. Terlihat Professional

Kertas ini juga cocok untuk foto dokumenter, karena bisa bertahan dalam jangka yang cukup lama.

 

4. Metallic

Kertas jenis ini memiliki kualitas yang sangat tahan lama dibandingkan yang lain dan hasilnya pun mengkilap seperti chrome. Lapisan kertas ini halus dengan ciri khas metalik, warna khas yang mencolok seperti logam, kontras warna yang lebih beragam dengan ketajaman yang luar biasa.

Adapun kualitas dari jenis kertas foto metallic yakni sebagai berikut.

  1. Hasil akhir Halus
  2. Warna Tajam
  3. Terlihat MengkilapKaya Warna
  4. Lebih tahan lama.

Kempat kertas di atas sangat bagus digunakan untuk mencatak foto dengan hasil yang bagus.  Agar biaya cetak foto lebih murah, cobalah dengan mencetaknya sendiri dengan mesin printer. Ingat, printer harus sesuai dengan kertas foto yang  kamu miliki.  Selain itu, harus memperhatikan ukurannya. Jika salah saat meletakan ukuran pada kertas maka sangat fatal akibatnya. Selamat, sekarang kamu bisa cetak foto murah sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.