Cetak Dus Nasi Kotak

Cetak dus nasi kotak – Makanan adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari masyarakat. Apalagi nasi kotak.  Nasi kotak adalah salah satu bentuk paket makanan matang lengkap dalam kemasan kotak  yang siap dibawa-bawa, relatif mudah dihantarkan, praktis untuk berbagai keperluan dan tidaklah sulit untuk disesuaikan dengan waktu dan tempat untuk bersantap makan. Adanya kemasan ini, tidaklah menjadi halangan bagi siapapun untuk dapat menikmati makansn berat dimanapun, kapanpun dalam situasi apapun. Isi yang dibawa wadah atau kemasan ini ada berbagai menu makanan matang yang lengkap dan siap santap. Umumnya isi per kemasan tersebut terdiri atas makanan pokok yaitu nasi, didampingi lauk pauk seperti olahan ikan, daging, ayam, dan telur, berbagai jenis sayur matang, kerupuk, dan sering dilengkapi makanan pencuci mulut, seperti buah segar atau agar puding dan minuman. Paket kemasan tersebut menyertakan pula kelengkapan alat makan, dari sendok garpu sekali pakai, tusuk gigi, serta kertas tissue di dalamnya. Karena kepraktisannya inilah paket makanan yang terkemas ini sudah sangat memasyarakat dan berkembang dari masa ke masa.

Tempat-tempat yang sering munggunakan cetak dus nasi kotak ini adalah  para penyedia jasa catering yang sering mendapat pesanan yang berjumlah banyak.  Tentu saja setiap tempat memiliki  cara sendiri, tetapi dengan adanya kemasan nasi kotak ini lebih mempermudah masyarakat ketika memiliki sebuah acara. Tidak perlu repot-repot mencuci peralatan makan atau membutuhkan peralatan. Tinggal pesan makan dan buang kemasannya ditempat sampah.  Berikut ini ada beberapa bahan cetak kemasan nasi kotak yang bisa dipilih dan biasa digunakan oleh masyarakat.

Kemasan Nasi Kotak dengan Mika

Kemasan mika ini biasanya disebut juga kotak nasi hokben. Kemasan yang sering kita jumpai di restoran waralaba cepat saji ini diminati karena kemasan yang unik dan transparan jadi penyajian nasi bisa terlihat nilai dan harga suatu makanan. Jadi tidak heran bahwa nasi kotak dengan kemasan ini sangat mahal.

Kemasan Styrofoam

Untuk styrofoam sendiri dikenal sebagai wadah makanan yang sangat banyak digunakan penjual makanan karena bentuknya yang solid dan praktis. Dengan bobot yang sangat ringan dan harga lebih murah menjadi alasan mengapa wadah styrofoam ini digunakan. Namun perlu diperhatikan bahwa material styrofoam bukan wadah yang benar-benar ‘ramah’. Material plastik styrofoam akan berbahaya jika bersentuhan langsung dengan makanan, apalagi jika makanan basah berkuah.

Kemasan Kardus

Kemasan kardus berbahan kertas ini akan lebih mahal ketimbang styrofoam. Namun lebih aman untuk makanan dan juga lingkungan karena mudah didaur ulang. Kemasan kardus yang untuk nasi kotak juga memiliki nilai estetika yang lebih menarik. Apalagi jika untuk disajikan kepada tamu undangan acara kamu. Walaupun lebih ramah, sebaiknya makanan juga tidak bersentuhan langsung dengan permukaan karton dusnya. Ada wadah plastik lagi yang biasanya disediakan untuk makanan dalam dus nasi kotak sehingga menjaga posisi lauk untuk tidak menjadi berantakan.

 

Setelah mengetahui pengertian cetak dus nasi kotak, lalu bagaimana cara membuat kemasan yang menarik? Berikut ini caranya:

Membuat Desain Kemasan yang Unik

Salah satu point penting dalam membentuk kemasan adalah dengan mendesainnya secara unik, inovatif dan berbeda dari produk lainnya. Kemasan yang unik sangat efektif untuk menarik minat masyarakat dan membuat penasaran.

Desain Kemasan Sesuai Target Market

Desain kemasan yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan target pasar. Misalnya jika target pasar kamu adalah anak-anak usia 5-12 tahunan maka buatlah  desain kemasan bisa ditambahkan gambar kartun yang paling digemari anak-anak atau dengan bentuk kemasan yang menyerupai mainan. Begitu juga jika targetnya orang dewasa maka desain juga harus menyesuaikan.

Membuat Kemasan dengan Beberapa Ukuran

Jika produk yang kamu jual merupakan produk baru, usahakan untuk membuat kemasan dengan berbagai ukuran misalnya small, medium dan large. Masyarakat cenderung akan memilih kemasan yang paling kecil untuk produk yang baru dirilis.

Mencantumkan Informasi Produk Secara Lengkap

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi produk pada kemasan. Misalnya secara standar kemasan mencantumkan komposisi produk, jenis produk, cara penggunaan dan tanggal kadaluarsa. Konsumen cenderung tidak tertarik pada produk yang memiliki informasi minim.

 

Berikut  ini beberapa manfaat cetak dus nasi kotak secara umum:

 

  • Kemasan bermanfaat seagai tempat untuk suatu produk selama proses pengiriman, mulai dari pembuatan hinga sampai ke tangan konsumen.
  • Kemasan bisa mencegah kerusakan sekaligus mengawetkan produk. Misalnya, melindungi dari sinar matahari secara langsung, kelembaban udara, oksigen, pemcemaran dari virus atau kumas, dan benturan.
  • Pengemasan produk bisa digunakan sebagai media petunjuk bagi konsumen melalu informasi atau tanda yang terdapat pada kemasannya.
  • Kemasan dapat meningkatkan fungsi produk, contohnya menyederhanakan penghitungan produk berdasarkan kemasannya dan memudahkan dalam estimasi pengiriman serta penyimpanan produk tersebut.
  • Memperluas pemakaian dan pemasaran suatu produk. Misalnya penjualan saos atau sirup yang mengalami peningkatan setelah dilakukan penerapan kemasan dengan botol.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *