Cara Merawat Wajah

Cara merawat wajah – Memiliki wajah yang bersih dan terlihat  segar adalah keinginan semua orang.  Banyak dari mereka rela melakukan apapun untuk memiliki wajah yang mereka inginkan.  Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sangat dijaga oleh seluruh orang terutama wanita. Melakukan perawatan wajah adalah bentuk sari menjaga kesehatan dan mempercantik diri. Sejatinya memiliki wajah yang bagus dan bersih bukan berarti harus terus-terusan mengeluarkan  banyak uang. Ada beberapa cara merawat wajah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Kebiasaan adalah bagian kita merawat wajah. ketika kita merawat wajah dengan teratur dan rutin. Dijamin segala masalah kulit akan hilang dengan sendirinya. Kalau kamu tidak aktif atau rutin dalam melakukan perawatan wajah, maka  masalah wajah akan mampir ke kulitmu. Nah, sebelum mengetahui cara merawat wajah dengan benar. Ada baiknya kita mengenal beberapa masalah wajah. Berikut ini beberapa masalah wajah yang sering mampir ke kulit kita.

  • Masalah Jerawat yang membandel

Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering  orang alami. Jerawat terjadi akibat adanya penyumbatan pori-pori dalam wajah dan memimbulkan penumpukan kotoran, sehingga mengalami infeksi pada wajah. Saat memasuki masa pubertas masalah jerawat memang paling susah untuk diatasi. Jerawat bisa muncul karena berbagai macam hal, seperti produksi minyak berlebih, penyumbatan pori-pori kulit wajah, bakteri penyebab inflamasi pada kulit wajah, hormon, dan benda asing, seperti kotoran, debu, dan makeup yang terlalu lama menempel pada kulit wajah kita.

  • Munculnya lingkaran Hitam pada mata

Lingkaran hitam ini adalah kapiler yang terlihat melalui kulit tipis yang ada di bawah mata kamu. Minumlah jus hijau sekali dalam sehari untuk membantu menghilangkannya. Kamujuga bisa mengonsumsi dua sendok teh setiap atau campurkan dengan jus bayam, bubuk chlorella, spirulina, atau rumput barley. Kunci untuk mengatasi masalah kecantikan ini adalah menebalkan kulit di sekitar mata dan meningkatkan elastisitasnya. Minyak biji dill, minyak almond, minyak licorice, dan alpukat sangat ampuh untuk meningkatkan ketebalan dan elastisitas kulit. Aplikasikan di area sekitar mata sebelum Kamutidur di malam hari.

  • Munculnya flek hitam pada wajah

Flek hitam adalah noda yang muncul pada wajah kita  akibat terkena paparan sinarmatahari tanpa  pelindung apapun.  Hasilnya  sel melanin yang ada pada wajah kita tidak bekerja dengan baik  dan membuat warna kulit tidak merata.  Untuk menguranginya gunakan sunscreen untuk mengurangi efeknya.

  • Masalah Rosacea

Rosacea adalah masalah  pada kulit wajah yang akan membuat pipi dan hidung kita kemerahan, bentuk yang mirip seperti jerawat, ataupun pembuluh darah yang terihat di permukaan kulit.Penyebab sebenarnya rosacea memang belum diketahui dengan jelas.Namun, kita bisa mencegahnya dengan cara menggunakan pembersih wajah dan pelembap dengan kandungan anti-inflamasi.

Sebenarnya masih banyak masalah kulit yang diakibat dari perawatan wajah yang tidak sempurna dan tidak teratur. Kamu pasti sepakat jika kulit wajah yang sehat adalah kunci dari kulit yang cantik dan terawat. Banyak hal yang bisa dilakukan, seperti melakukan perawatan kulit secara alami yang bisa Kamu lakukan sendiri di rumah maupun dengan mengunjungi dokter kecantikan. Tentunya, cara yang paling tidak menguras kantong adalah pilihan yang pertama. Berikut ini cara merawat wajah yang bisa kamu lakukan di rumah.

Menjaga kebersihan Alat make up

salah satu cara merawat wajah yang benar juga terletak dari perangkat make-up yang Kamu gunakan. membersihkan seluruh alat make up yang kamu miliki seperti brush dan spons setidaknya seminggu sekali untuk mencegah munculnya jerawat di kulit. Caranya, masukkan sedikit sabun lembut ke dalam wadah yang berisi air hangat kemudian celupkan bulu-bulu kuas dan spons dalam gelas tersebut. Ketika mencuci kuas, jangan mencelupkan bagian metal di leher kuas karena hal tersebut bisa membuat lem yang menempelkan bulu-bulu menjadi rusak dan membuat bulu-bulu kuas lepas. Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan dan digantung terbalik.

Membersihkan wajah dengan Cuci Muka dengan Benar

Mencuci muka dengan cara yang salah bisa mengakibatkan kulit kalian terlihat lebih kusam dan berminyak. Agar saat mencuci muka kalian bisa membersihkan wajah dengan optimal pastikan kalian mencuci tangan terlebih dahulu, bersihkan makeup dan sunscreen serta pakai sabun cuci muka yang lembut dan tidak membuat kulit terasa kering dan ditarik. Setelah mencuci muka, keringkan dengan cara menepuk wajah secara lembut menggunakan handuk atau kain bersih hingga sisa air mengering. Cuci muka kalian setidaknya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Memakai beberapa skincare seperti toner, serum, dan pelembab

Segera lanjut dengan mengusapkan toner ketika kondisi kulit masih terasa lembap, tidak basah menetes tapi juga belum kering total. Hal ini dapat membantu kandungan toner meresap lebih maksimal ke dalam kulit. Pilihlah toner yang sesuai dengan jenis kulit wajah serta target masalah yang ingin dibasmi. Usahakan jangan pilih toner yang mengandung alcohol. Setelah pakai toner, lanjutkan dengan mengoles serum wajah. Serum muka atau wajah  langsung menargetkan masalah kulit yang lebih spesifik, misalnya mempercepat regenerasi kulit, mencerahkan dan meratakan rona wajah yang tidak merata, melawan keriput, hingga membasmi jerawat, noda hitam dan hiperpigmentasi.

Kamu bisa menggunakan serum vitamin C atau serum lain sesuai kondisi kulit Kamusetelah cuci muka di pagi hari. Sedangkan di malam hari sehabis cuci muka, baiknya menggunakan serum retinol atau retinoid yang baik untuk kulit wajah di malam hari. Tunggu 3 sampai 5 menit sampai serum terserap kulit dengan baik. Setelah pakai serum, lanjutkan dengan mengoleskan pelembap. Pelembap wajib digunakan bagi setiap jenis kulit, dari yang kering sampai berminyak. Pilih produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Kamu, dan pastikan berlabel noncomedogenic dan hypoallergenic. Biasakan untuk memeriksa bahan-bahan pada produk krim wajah sebelum menggunakanya.

Menjaga level Stres

Stres yang tidak terkendali bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif hingga muncul jerawat dan masalah kulit lainnya. Hal ini terjadi karena stres meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa membuat kulit menjadi lebih berminyak. Untuk mengatasinya, lakukan upaya manajemen stres seperti yoga, latihan pernapasan dan meditasi.

Jangan Sentuh Wajah dengan Tangan

Menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih bisa membuat kuman di tangan berpindah ke wajah. Akibatnya masalah kulit bisa menjadi lebih parah. Untuk mencegah kuman dan bakteri berpindah, selalu cuci tangan sebelum memegang wajah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *