Cara Merawat Sepatu

Cara merawat sepatu – Sepatu adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk kita, terutama dalam melindung kaki kita. Sepatu juga bisa menjadi  tren dan style setiap orang. Dengan menggunkan seseorang penampilan seseorang akan bertambah berkali-kali lipat. Sepatu juga merupakan barang yang wajib digunakan dalam sebuah pekerjaan.  Nah, untuk itu  cara merawat sepatu yang baik itu perlu dilakukan.

Kamu pasti inginkan memiliki septu kesayangan yang awet dan tetap terlihat baru?  Sebagai alas kaki sepatu sudah menjadi icon penunjang penampilan sehari-hari. Oleh sebab itu, banyak orang yang memiliki sepatu lebih dari satu di rak sepatu mereka. Tidak hanya itu saja banyak sepatu yang harganya tidak murah, banyak sepatu yang harganya lebih dari jutaan. Hal ini yang membuat kita untuk terus menjaga sepatu kesayangan agar tetap awet. Merawat sepatu dengan rutin dan baik akan membuat sepatu kalian terjaga performanya. Paling enggak tidak cepat buluk dan tetap necis untuk dibawa kemana-mana. Kali ini saya akan membagikan tips merawat sepatu biar kalian makin sadar akan potensi sepatu yang kalian miliki. Percayalah, sepatu yang baik akan meningkatkan kewibawaan, ketampanan, atau kecantikan yang hakiki.

Sepatu juga mempunyai bahan dan corak bermacam-macam, ada yang terbuat dari karet, kain, kulit dan lain sebagainya,biasanya untuk orang yang bekerja di kantor, dosen atau guru memakai sepatu yang terbuat dari kulit. Untuk mengetahui cara merawat sepatu yang baik dan benar coba ikuti langkah berikut ini.

Menyimpannya di kardusnya

Jangan sekali-sekali membuang kardus bawaan dari sepatu kalian. Kardus tersebut sifatnya bukan hanya sebagai packaging semata. Bisa digunakan untuk menyimpan sepatu yang tidak rutin dipakai. Selain itu, di dalam kotak tersebut biasanya sudah berisi busa atau kertas pelindung dan silica gel yang berguna agar sepatu kalian tetap bersih bebas jamur ketika disimpan. Usahakan kotak tersebut selalu dalam keadaan kering dan jangan sekali-sekali meletakan kotak-kotak tersebut di tempat yang lembab. Efeknya bisa memengaruhi sepatu kalian. Selain itu, menyimpan di dalam kotak sepatu juga membuat ruangan kalian menjadi rapi.

Mencuci sepatu dengan benar

Bila sepatumu sudah terlihat sangat kotor atau memang sudah waktunya untuk dicuci, cucilah sepatumu agar tetap terlihat baru. Namun, perlu untuk mencuci sepatu diperhatikan apa saja yang tidak boleh dilakukan saat mencuci sepatu. Jangan mencuci sepatu dengan menggunakan mesin cuci. Hal ini dapat akan membuat sepatumu cepat rusak, seperti berkerut dan bahkan lem yang ada pada sepatu bisa terlepas. Selanjutnya, untuk proses pengeringan, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat warna sepatu cepat memudar.

Menghilangkan noda baru

Terkadang sepatu baru meninggalkan noda pada kaos kaki, stocking atau bahkan kaki. Hal ini tentu sangat menjengkelkan. Tapi, ada cara mudah dan murah untuk mencegahnya, yaitu menggunakan talcum powder atau bedak talek. Gosokkan pada permukaan bagian dalam sepatu baru. Kemudian, ambil sepotong kain bersih dan bersihkan sisa-sisa bedak yang tertinggal. Kamu juga bisa menggunakan bedak bayi atau tepung sebagai gantinya.

Pakai kaus kaki

Ini juga cara terbaik untuk merawat sepatu, yaitu kita harus menggunakan kaus kaki saat menggunakan sepatu. Ini akan melindungi sepatu dari keringat yang dapat mengikis sol yang ada di dalam sepatu.

Mengeringkan sepatu dengan benar

Sebenarnya, sepatu tidak boleh dikeringkan menggunakan hair dryer, panas belakang mesin cuci atau sumber panas buatan lainnya. Bahkan, kamu harus menjauhkan sepatu dari suhu tinggi untuk menghindari bentuknya berubah. Sepatu membutuhkan waktu antara 24 hingga 48 jam hingga benar-benar kering. Itulah, mengapa kamu harus memiliki beberapa pasang sepatu sebagai cadangan ketika sepatu yang baru kamu pakai sedang dikeringkan. Tetapi jika tidak punya waktu, kamu bisa menggunakan pengering rambut. Tetapi ingat, kamu hanya bisa menggunakan mode udara dingin.

Simpan ditempat yang kering pula

Kalian sudah terlanjur membuang kotak sepatu bawaan. Kalian bisa menyimpannya di rak sepatu yang kalian miliki, satukan area tempat penyimpanan sepatu dalam ruangan yang telah disediakan. Jangan diletakkan di tempat yang saling terpisah karena itu akan membuat ruangan kalian tidak rapi. Pilih area penyimpanan sepatu dengan cermat. Jangan sampai kalian menyimpan sepatu di area yang lembab dan basah, itu akan mempengaruhi performa sepatu kalian. Pilihlah di area yang kering dengan suhu yang stabil. Jejerkan dengan rapi dan jangan lupa sebar kamper di area tersebut biar bebas jamur atau kecoa.

 Membersihkan sepatu secara rutin

Selalu bersihkan sepatumu secara berkala dan konsisten. Hal ini bertujuan agar sepatu kalian selalu tampak baru. Bersihkan menggunakan lap kering setiap kali kalian ingin menggunakannya untuk beraktivitas. Hal ini bertujuan untuk menghhilangkan debu yang bersemayam di sepatumu. Sedangkan untuk mencucinya secara keseluruhan kalian bisa lakukan 2 hingga 4 minggu sekali. Untuk mencuci sepatu kalian harus paham betul mengenai karakteristik sepatu yang kalian punya. Jangan sembarangan mencuci sepatu, jika kerepotan kalian bisa ke laundry sepatu atau bahasa kerennya Shoes Care.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *