Cara Merawat Rambut

Cara merawat rambut – Merawat  rambut  sama pentingnya dengan merawat kulit wajah. hal tersebut menjadikanmu tetap bercahaya dengan tampilan yang terawat.  Sama denga kulit wajah, kulit kepala juga bisa menjadi kering dan kehausan dan membutuhkan perawatan yang ekstra. Setiap harinya rambut terkena paparan sinar matahari, debu dari polusi udara, suhu panas dari alat styling rambut, dan juga produk make up  khusus rambut yang membuat terasa lebih kering dan kusam.  Cara merawat rambut bukan hanya  mencuci rambut dan memberi kosndisioner saja.  Menggunakan minyak rambut atau vitamin rambut juga penting bagi kulit kepala, selain membuat rambut jadi berkilau minyak rambut dan vitamin dapat menstimulun kulit kepala.

Untuk memastikan rambut kamu terawat dengan benar. Kamu rahus melakukan perawatan secara rutin dan  memilih  jenis perawatan yang sama dengan jenis rambutnya. Memiliki rambut yang indah, subur, lembut ketika disisir, serta tentunya sehat, adalah dambaan semua orang baik pria maupun wanita. Hal ini memang bisa didapat dari menggunakan produk-produk shampoo yang ada di pasaran, namun Kamu harus punya upaya lebih agar kesehatan rambut bisa mencapai titik maksimalnya. Kunci dari cara merawat rambut yang terbaik sebenarnya hanya telaten. Karena produk yang diklaim mampu memberikan khasiat hair repairing dalam waktu singkat pun tidak akan manjur jika tidak digunakan secara teratur. Berikut  ini ada manfaat rambut yang dirawat secara rutin.

  • Mengembalikan kilau rambut

Kamu dapat menjadikan rambut tetap berkilau dengan rutin melakukan perawatan rambut secara alami dengan santan kelapa asli yang juga dapat melembabkan takstur rambut.

  • Melindungi Rambut dari Kerusakan

Melakukan perawatan rambut minimal 2 minggu sekali dapat meminimalisir dari kerusakan rambut. Kamu dapat mengaplikasikan masker rambut yang terbuat dari kandungan buah, dan membersihkannya dengan air dingin.

  • Melembabakan dan Menutrisi Rambut Kembali

Menutrisi dan melembabkan tiap helai rambut dengan menggunakan vitamin rambut setiap kali kamu mencuci rambut. Vitamin rambut akan memberikan nutrisi yang membuat rambut tetap kuat dan mudah diatur.

Perempuan yang memiliki rambut panjang biasanya rentan mendapat berbagai masalah rambut seperti rambut rontok, bercabang, hingga mudah patah. Masalah-masalah rambut itu memang harus diakali dengan berbagai cara. Seperti dengan memakai produk perawatan rambut  seperti , masker, vitamin, hingga serum.  Hal tersebut untuk menangkal berbagai kerusakan. Sayangnya, pemakaian produk-produk perawatan rambut saja dirasa belum cukup. Kamu harus melakukan cara lain agar rambut panjang tetap sehat dan tidak kusam. Berikut ini ada beberapa cara merawat rambut yang bisa kamu lakukan.

Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah

Menyisir merupakan kegiatan rutin yang pasti dilakukan para perempuan. Hindari melakukan kegiatan ini saat rambut masih basah karena berisiko membuat rambut jadi mudah patah.  Sebaliknya, Kamu bisa mengeringkan rambut dengan handuk yang lembut lalu menyemprotkan vitamin khusus untuk melindungi permukaan rambut. Setelah rambut mulai mengering, sisirlah rambut dari bagian akar hingga ke ujung.

Hindari keramas terlalu sering

Keramas memang bisa membersihkan rambut dari berbagai macam kotoran. Sayangnya, terlalu sering melakukan kegiatan ini justru bisa menghilangkan kandungan minyak alami pada rambut. Akibatnya, rambut jadi mudah rusak, tipis, hingga tak lembut lagi. Waktu yang disarankan untuk melakukan kegiatan ini adalah 2-3 hari sekali. Saat keramas, cucilah rambut Kamu dengan air hangat (untuk membuka pori-pori di kulit kepala) lalu bilas dengan air dingin (untuk menutup pori-pori tadi).

Rawat dengan tonik daun jambu

Cara merawat rambut rontok yang pertama adalah dengan tonik daun jambu yang bisa Kamu buat sendiri. Dilansir StyleCraze, tonik daun jambu kaya akan vitamin B, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut serta memiliki kandungan analgesik, anti-inflamasi, anti-mikroba, dan antioksidan. Buatlah tonik dari segenggam daun jambu biji yang direbus bersama air. Semprotkan di kulit kepala setelah keramas dan lakukan pemijatan.

Pakai masker bawang merah dan bawang putih

Bahan alami juga bisa jadi cara merawat rambut rontok. Kali ini Kamu bisa membuat masker rambut dari sari bawang putih dan bawang merah. Dilansir StyleCraze, bawang merah kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sulfur. Bawang putih mengandung tembaga dan zat besi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Hair mask

Cara merawat rambut yang kedua adalah dengan masker rambut atau hair mask. Rawat rambut dengan masker instan atau yang menggunakan bahan-bahan alami secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Pilih yang mengandung pelembap ekstra seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun.

Hair wrap

Cara merawat rambut yang ketiga adalah dengan menggunakan hair wrap. Setelah keramas, bungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Setelah itu lepaskan handuk dan biarkan kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut seketika.

 Gunakan vitamin rambut

Cara merawat rambut yang terakhir adalah dengan mengaplikasikan vitamin rambut pada rambut Kamu. Sebutir minyak vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum hair dryer bisa membantu melemaskan rambut kering dan kasar.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *