cara merawat laptop

Cara merawat laptop

Perangkat laptop sudah menjadi perangkat yang sangat membantu pekerjaan manusia. Dalam Berbagai macam fungsi yang dimilikinya memudahkan urusan banyak orang, terutama para pelajar, dosen, mahasiswa, pekerja kantoran, freelancer dan lainnya.

Laptop pun sering disebut sebagai komputer jinjing. Dan Ini tidak lepas dari fisiknya yang dapat dibawa ke mana-mana. Dan Bentuknya yang  kecil lebih lebih flexible dan efektif digunakan dibandingkan dengan komputer dekstop yang memakan ruang dan daya listrik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu pengertian laptopmulai dari pengertian laptop. fungsi, komponen serta perbedaan laptop dengan notebook.jk

Pengertian Laptop berasal dari kata lap yang artinya pangkuan, dan top artinya atas. Nah Jadi, secara umum  sederhananya pengertian laptop adalah komputer kecil yang bisa digunakan diatas pangkuan.

Pada Bentuk laptop kecil, ringan, flexible dan dapat dibawa kemana-mana. Laptop terdiri dari beberapa komponen yang mencakup casing, perangkat input output (keyboard, monitor, touchpad dll), motherboard, baterai dan juga perangkat lunak berupa sistem operasi dan aplikasi-aplikasi.

Nahh Berbeda dengan komputer dekstop, laptop dilengkapi baterai yang memungkinkan ia tetap beroperasi meskipun tidak terhubung langsung ke sumber listrik.

Di negara Indonesia sendiri, terdapat beragam merk laptop yang beredar, mulai dari Asus, apple, acer, lenovo, hp, dell yang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Dan Adapun, ketika kita ingin membeli laptop kita harus memperhatikan spesifikasi yang dimiliki laptop. Dan Spesifikasi tersebut biasanya berupa;

  • Tipe atau jenis laptop
  • Processor laptop
  • Ukuran layar laptop berapa inc
  • Sistem Operasi laptop
  • Kapasitas RAM/ROM
  • Hard Drive / hard disk laptop
  • Optical Drive laptop
  • Konektivitas dan Fitur-Fitur Pendukung laptop lainnya.

 

Dalam kehidupan sehari hari Laptop pun sangat berguna dalam kehidupan manusia karena telah memudahkan berbagai pekerjaan. Dan Berikut adalah beberapa fungsi laptop yang sebetulnya juga menjadi fungsi komputer secara keseluruhan.

  1. untuk Mengetik dan Membuat Presentasi

Jaman Dulunya, mengetik hanya dapat dilakukan dengan mesin ketik yang penggunaannya juga agak ribet. Contohnya, kesalahan pengetikan sekali saja berarti harus mengganti kertas dan memulainya dari awal lagi.

Hal ini bukan lagi menjadi masalah sejak komputer dan kemudian laptop hadir. Dan Dengan aplikasi pengolah kata, pengguna dapat dengan bebas mengetik tanpa takut akan adanya kesalahan. Dapat Tersedia pula di fitur formatting text yang akan membantu proses pengeditan.

Selain untuk mengetik, laptop juga dapat dipakai untuk membuat suatu presentasi. Nah Salah satunya perangkat lunak yang menyediakan fitur ini bernama Ms. Power Point. Di daam power point Berbagai fitur menarik dapat membuat presentasi menjadi lebih informatif.

2. sebagai Media Hiburan

Saat Anda sedang dilanda rasa lelah atau jenuh, laptop dapat menjadi media hiburan untuk Anda. dan dengan Mendengarkan Murottal, menonton film, maupun bermain game dapat dilakukan di laptop.

Nahh Memang aktivitas tersebut dapat pula dilakukan di ponsel pintar. Dan Akan tetapi, menonton film di laptop akan memberikan kesan yang lebih memuaskan. Nahh Selain itu, beberapa game juga akan lebih menyenangkan jika dimainkan di laptop.

3.  untuk Desain, Editing Foto dan Video

Dengan di bantu nya aplikasi desain dan editing, Anda dapat membuat desain poster, pamflet, maupun desain lainnya. Dan Selain itu, Anda dapat pula melakukan editing pada foto maupun video.

Anda pun juga dapat memanfaatkan aplikasi seperti After Effect, Adobe Ilustrator, Photoshop, maupun Corel Draw. Bahkan, untuk editing video dengan sederhana, Anda dapat menggunakan Movie Maker.

4. Sebagai Alat Komunikasi

Dengan Laptop juga bisa digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Dan Aplikasi smartphone tersebut seperti WhatsApp dapat pula Anda buka di laptop via WA WEB. Dan Selain itu, Anda juga dapat menginstal Skype untuk berkomunikasi jarak jauh.

5. Sebagai Media Penyimpanan Data

Nahh Anda dapat menyimpan data Anda di laptop, mulai dari dokumen, foto, video, maupun format file lainnya. Dan Besarnya data yang dapat disimpan akan bergantung pada besarnya storage yang ada pada laptop yang dimiliki.

6. untuk Memudahkan Pekerjaan atau Aktivitas

Selain itu, fungsi yang telah disebutkan, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari sebuah laptop. kalian dapat melakukan aktivitas seperti browsingblogging, dan lain-lain

Kalian  pasti nggak mau dong laptop yang baru kamu beli cepat rusak karena kurangnya perawatan atau malah karena perawatan yang salah. Nahh Kalau iya dan kamu lagi butuh tips agar laptop kamu awet, kamu datang ke artikel yang tepat. Dan Ini dia cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.

  1. Janngan taruh laptop di atas kasur

Dan Ini dia yang paling penting untuk merawat laptop agar awet. nahh Jika kamu menaruh laptop kamu di atas kasur, sirkulasi udara di laptop kamu tidak akan berjalan dengan lancar. Di dalam Udara pembuangan akan sulit keluar karena tertahan badan kasur.dan  Akibatnya, udara panas pembuangan tersebut berputar kembali ke dalam laptop kamu dan membuat komponen-komponen laptop kamu malah nambah panas.

  1. Jangan mengangkat laptop dalam keadaan menyala

Mengapa tidak boleh? Karena laptop yang dalam keadaan menyala, Harddisk-nya masih bekerja dan takutnya piringan Harddisk bisa tergores dan menyebabkan bad selector

  1. Jangan menutup lcd laptop stelah digunakan

Nahh Untuk merawat laptop kalian agar tidak cepat rusak, hindari menutup LCD laptop langsung karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD dan dapat berakibat fatal pada LCD tersebut. Dan Jika kamu berada di sekolah atau di kantor yang gak ber-AC atau udaranya panas, sebaiknya setengah jam sebelum jam pulang matikan dulu laptopnya.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan laptop untuk bermain game yang berat
  2. Jangan menggunakan laptop terlal lama
  3. Sering sering lah membersihkan laptop

Itulah beberapa cara merawat laptop semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *