Cara Merawat Kuku

Cara merawat kuku – Kuku adalah salah satu  bagian tubuh yang jarang sekali diperhatikan.  Terkadang juga ada beberapa orang yang sangat memperhatikan kuku.  Kuku bisa mencerminkan sebuah kepribadian seseorang. untuk itu kita harus selalu merawat kuku agar selalu tampak bersih, cantik dan berkilau. Setiap orang mempunyai jenis kuku yang berbeda-beda, mulai dari jenis kuku lunak, kuku rapuh, kuku kering, hingga kuku yang sehat, semua itu hanya tergantung bagaimana kita merawat dan menjaganya agar kuku menjadi cantik dan sehat berkilau.  Ketika kita tidak merawatnya makan beberapa penyakit  akan mampir ke kukumu. Berikut ini beberapa penyakit yang sering menyerang kuku yang kotor.

  • Perubahan warna kuku. Kuku normal berwarna merah muda pucat. Ujung kuku yang tumbuh dari jari berwarna putih karena tidak memiliki hubungan dengan alas kuku vaskular yang mendukung sisa lempeng kuku. Kuku bisa berubah warna karena: Merokok tembakau, Penggunaan pewarna seperti yang digunakan untuk rambut, Obat-obatan tertentu termasuk beberapa obat kemoterapi, Infeksi pada dasar kuku, Cidera pada alas kuku, Melanoma subungual, Toksisitas perak, toksisitas quinacrine, dan penyakit Wilson – kuku menjadi kebiru-biruan, Beberapa penyakit sistemik termasuk penyakit hati – kuku menjadi putih, Gagal ginjal – kuku menjadi setengah-setengah.
  • Paronychia bakteri. Ini adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada lipatan kuku. Ini lebih sering terjadi pada mereka yang selalu bersentuhan dengan kelembaban, yang menggigit kuku mereka atau salah menikur kuku mereka, atau rentan terhadap kondisi eksim atau cedera jari-jari kecil.
  • Paronikia kronis. Di sini lipatan kuku menebal, lunak dan agak memerah. Hal ini disebabkan oleh campuran faktor-faktor seperti iritasi kimia, alergi dan kondisi lembab, yang semuanya merupakan predisposisi infeksi jamur kronis juga. Paku menjadi terdistorsi dalam banyak kasus dengan perubahan warna yang menyertainya.
  • Perubahan traumatis pada kuku. Kuku mungkin terluka, menyebabkan: Mengangkat kuku dengan hematoma subungual, Kehilangan pelat kuku jika cedera terlalu parah, Membersihkan kuku atau kelainan bentuk kuku jika matriks kuku mengalami trauma.
  • Ketinggian lempeng kuku (onikolisis). Kuku dapat diangkat dari pelat kuku yang mendasarinya karena infeksi atau trauma dan tampak kekuningan atau putih. Ini termasuk: Memetik di bawah kuku terlalu jauh, Formasi nanah di bawah lempeng kuku, Beberapa infeksi jamur, Psorias, Kondisi sistemik tertentu seperti bronkiektasis, kelainan tiroid, anemia atau penyakit autoimun.

Cara merawat kuku secara alami sebenarnya cukup gampang dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Yang  kamubutuhkan hanyalah waktu dan sedikit pengetahuan seputar cara-cara merawat kuku dan beberapa tips manicure. Perawatan kuku sangat penting untuk dilakukan mengingat banyak di antara kita yang mencoba memanjangkan kuku serta tidak sedikit juga yang tertarik menghias kuku dengan menggunakan cat kuku. Apabila tidak dirawat dan dipelihara dengan benar, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebut akan membuatnya terlihat tidak menarik dan terkesan jorok.  Berikut ini beberapa cara merawat kuku dengan baik.

Menjaga Kuku untuk tetap kering

Berbagai masalah pada kuku biasanya berawal dari kuman dan bakteri. Pastikan tidak ada ruang bagi sumber penyakit tersebut untuk berkembang baik, termasuk di balik kuku dengan cara mengeringkannya sesaat setelah terkena air atau setelah dicuci. Saat mencuci piring misalnya, cara terbaik melindungi kuku  kamudari detergent dan air agar tidak mudah patah atau rapuh adalah dengan memanfaatkan sarung tangan.  kamujuga harus memastikan kulit di sekitar kuku terawat, bersih, dan bebas dari kotoran. Cara terbaik merawat kulit di sekitar kuku adalah dengan membersihkannya menggunakan bahan alami seperti garam dapur yang bisa diterapkan menggunakan sikat gigi yang bisa dimanfaatkan untuk menggosok kuku dan kulit di sekitarnya.

Mengolesi Kuku dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun selalu muncul jika kita membahas masalah kecantikan, begitu pula dengan merawat kecantikan kuku. Kandungan minyak zaitun membantu memperkuat jaringan pada kuku sehinga mampu menjaga kesehatan kuku. Cara perawatannya cukup mudah, yaitu dengan menghangatkan minyak zaitun lalu oleskan pada kuku menggunakan cuttonbath. Diamkan selama 15-20 menit, setelah selesai bilas menggunakan air hingga bersih.

Merendam Kuku dengan Air Jeruk

Kukumu mulai terlihat kusam dan tidak berkilau lagi, tak perlu repot-repot ke salon untuk mngembalikan kilaunya. Kamu dapat melakukan perawatan yang simple di rumah. Perawatan tersebut adalah dengan merendam kuku dalam air jeruk. Siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk kedalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas mengggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

Hindari kebiasaan menggigit kuku

Tidak sedikit yang memiliki kebiasaan ini, dan biasanya kukunya panjang. Kebiasaan menggigit bisa merusak kuku, bahkan luka kecil di samping kuku dapat memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi. Sementara mulut  kamuadalah area yang kotor dan air liur adalah enzim yang dapat memecah kulit. Jadi kamu bisa terkena infeksi jika menggigit kuku atau kutikula. Jika  kamumemiliki kebiasaan menggigit kuku atau menggigit kutikula, cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut, agar kukumu tampak lebih cantik dan lebih sehat. Sementara bila ingin merawat kuku panjang, carilah cara merawat kuku panjang yang tepat.

Hindari menggunakan cat kuku yang keras

Cat kuku biasanya mengandung bahan kimia yang sangat beracun seperti toluena, dibutil ftalat, dimetil dan dietil ftalat, kapur barus, dan formaldehida. Untungnya, ada beberapa produsen yang tidak menggunakan bahan kimia ini, tetapi pastikan  kamumembaca label dengan cermat sebelum membelinya ya.  kamujuga dapat membeli cat kuku berbahan dasar air, yang tidak tahan lama tetapi merupakan pilihan teraman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *