Cara Merawat Jas Hujan

Cara merawat jas hujan – Dimusim hujan seperti ini menyediakan jas hujan adalah sebuah kewajiban bagi kita  yang sering bepergian.  Apalagi bagi pengguna motor  mengenakan jas hujan adalah salah satu cara melindungi diri dari siram air langit. Jas hujan biasanya dibuat dengan dua bahan utama, yaitu plastik dan karet. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Jas hujan plastik, beratnya lebih ringan dan mudah disimpan di bagasi jok motor. Sedangkan jas hujan karet bisa melindungi pengendara dari air hujan, dengan lebih baik dan tidak mudah robek. Cara merawat jas hujan wajib diketahui. Pasalnya jas hujan bisa dibilang sebagai perlengkapan yang wajib ada saat berkendara di musim hujan. Jas hujan berfungsi untuk membuat tubuh kita tetap kering saat berkendara di bawah guyuran hujan lebat.

Seringkali kita melihat orang-orang yang menerobos hujan tanpa perlindungan. Sungguh sayang sekali karena selain dapat menyebabkan baju basah kuyup, barang elektronik yang kita miliki juga bisa rusak. Seperti misalnya smartphone. Maka dari itu, jas hujan sangat diwajibkan bagi para pemotor yang sering beraktivitas saat musim hujan. Berikut adalah beberapa manfaat dari jas hujan.

  • Menjaga Tubuh agar Tidak Basah Kuyup

Inilah fungsi utama dari jas hujan. Jas hujan diciptakan untuk membuat badan di pemakai tetap kering. Selain itu jas hujan melindungi pakaian agar tidak terkena air. Dengan begitu, aktivitas kita tidak akan terganggu dengan pakaian yang basah. Ini sangat berguna bagi para pekerja kantoran dan para anak sekolah. Dengan jas hujan berkualitas,  kamudapat tetap pergi menuju tempat kerja tanpa memikirkan pakaian basah dan tidak nyaman dipakai.

  • Mencegah Kedinginan

Selain menjaga tubuh agar tidak basah, ternyata jas hujan juga memiliki manfaat lain. Salah satunya yaitu mengurangi rasa dingin. Hal ini karena jas hujan selain anti air juga ternyata memiliki kemampuan anti angin. Dengan begitu, resiko kedinginan hingga menggigil dapat dikurangi. Hal ini sangat bermanfaat jika kita memasuki wilayah pegunungan, manfaat ini akan begitu terasa. Jas hujan bisa menjadi jaket pelindung tambahan. Tentu dengan jas hujan berkualitas dan original perjalanan  kamuakan terasa lebih menyenangkan.

  • Mengurangi Risiko Sakit

Sakit mungkin bisa datang kapan saja, salah satunya ketika kita hujan-hujanan selepas pulang kerja. Namun dengan memakai jas hujan, risiko sakit dapat dikurangi karena kita tidak akan kedinginan serta basah kuyup kita menerjang derasnya hujan.

Untuk itu merawat jas hujan agar tidak cepat rusak adalah cara yang paling bagus.  Merawat jas hujan  juga memberikan manfaat bagi kita. Dengan merawatnya kita tidak perlu bolak-balik untuk membelinya. Selain berhemat memilih jas hujan yang berkualitas juga perlu.  Berikut ini beberapa cara merawat jas hujan yang benar.

Bersikan langsung sehabis digunakan

Satu hal yang perlu kamu tahu adalah kamu wajib membersihkan jas hujan setelah digunakan. Sebab, saat berkendara di bawah guyuran hujan, kamu tak hanya berurusan dengan air hujan saja, tapi juga dengan lumpur atau pasir yang tercampur menjadi satu. Nah, sesaat setelah digunakan, kamu harus langsung membersihkannya dengan menggunakan air bersih. Namun, jika tidak ada air bersih, kamu bisa menggunakan kain sintetis untuk membersihkannya. Meski terkesan sepele, kotoran yang terlanjur menempel pada jas hujan akan menyulitkan kamu saat hendak memakainya kembali. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat jas hujan jadi terlihat lebih kusam.

Mengelapnya dengan Kanebo

Untuk jas hujan yang berbahan karet, kamu cukup membersihkannya dengan menggunakan kanebo yang telah dibasahi dengan air bersih.Sedangkan untuk jas hujan plastik, bilas terlebih dahulu dengan air bersih kemudian dilap hingga kering.

Simpan di Tempat yang benar

Setelah mencuci dan mengeringkannya dengan benar, sekarang saatnya kamu untuk menyimpan jas hujan tersebut. Lipat jas hujan dengan rapi dan simpan di dalam tas kecil yang mudah dibawa saat sedang bepergian. Namun kamu harus memastikan bahwa sebelum melipat dan menyimpannya di dalma tas kecil, jas hujan tersebut sudah benar-benar kering dan tidak ada lagi noda atau bercak yang menempel. Sebab, air yang mengering pada jas hujan akan membuat kamu kesulitan saat hendak menggunakannya.

Di musim hujan seperti sekarang ini, kamu bisa menyimpan jas hujan di bawah jok motor, box, atau bahkan disimpan dalam backpack yang kamu bawa. Namun, jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa menyimpannya ke dalam tas khusus dan letakkan di tempat yang aman dari gigitan tikus. Dan pastikan, jas hujan yang akan kamu simpan benar-benar sudah bersih dan kering sempurna.

Bisa juga dengan di cuci

Kalau memang banyak kotoran pada jas hujan kamu bisa mencucinya. Tetapi ingat, jangan gunakan detergen  saat sedang mencucinya.  Saat kotoran pada jas hujan snagat susah dihilangkan kamu bisa menggunakan sabun mandi atau sabun pencuci piring.  Caranya cukup gosok menggunan sikat gigi secara pelan agar tidak merusak jas hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *