Cara Merawat HP

Cara merawat HP – HP atau telephon genggam adalah alat yang sekarang ini sudah sangat populer. Hadirnya smartphone dengan segala kecanggihannya, segala komunikasi  jadi lebih mudah.  Sudah banyak orang yang menggunkan smartphone . HP adalah media yang sangat membantu kegitan sehari-hari, mulai dari berkomunikasi dengan keluarga, mencari hiburan, bahkan berbisnis online.  Namun terkadang mereka lupa cara merawat HP mereka dengan benar.  Padahal merawat HP itu sangat penting agar smartphone tidak mudah rusak dan tahan lama.  Cara merawat HP agar tidak lemot atau cepat rusak sebenarnya mudah, hanya saja kadang kita terlalu malsa untuk melakukannya.

Perangkat seluler smartphone  berbeda dengan perangkat seluler biasa. Karena smartphone lebih dikenal dengan fiturnya yang banyak dan layarnya yang lebar juga dengan operasi layar sentuh. Namun, bagaimana kalau layar smartphone kita tiba-tiba rusak alias tidak sensitif saat disentuh? Apalagi kalau kita sering menggunakan banyak fitur dalam waktu yang sama, tentunya hal ini memerlukan kinerja android kita untuk bekerja lebih ekstra lagi. Padahal hal ini membuat hp kita cepat ngedrop alias baterai cepat habis. Sebenarnya  bukan hanya itu saja yang membuat HP cepat rusak. Ada banyak faktor kenapa HP jasi cepat rusak contohnya adalah  cara penggunaannya, material yang digunakan HP tersebut, serta umur dari HP itu sendiri.  Untuk itu perlu kita mengetahui cara merawat HP dengan benar.

Gunakan Charger Asli/Ori

Menggunakan perangkat asli seperti charger tentunya akan berdampak bagus bagi kondisi hp, mulai dari kabel usb ataupun kepalanya sangat disarankan memakai yang original untuk menghindari kerusakan pada smartphone. Jangan sekali-kali mencoba charger yang palsu karena banyak sekali kekurangannya, contohnya adalah mengisi daya akan lebih lama, kepala charger bisa meledak  dan parahnya lagi bisa berpotensi merusak hardware.

Pasang Anti Gores dan Softcase

Memang anti gores tentunya sangat bermanfaat bagi smartphone, hal ini tentunya dapat meminimalisir kerusakan layar jika HP jatuh ke tanah. Softcase juga sama pentingnya karena tidak menyenangkan  kalau layarnya masih bagus tapi casingnya banyak yang rusak atau patah. Kedua alat ini memang berguna untuk merawat HP, walaupun sering jatuh tapi kondisinya i akan terjaga dan tahan lama. Untuk menjaga keawetan smartphone kita, maka kamu perlu menggunakan Tempered Glass atau pelindung layar sehingga jika terjadi goresan, tertindih hingga jatuh maka layar utama kita akan aman. Yang rusak pasti Screen Protector kita, buat kamu yang suka plin plan ada baiknya  pakai pelindung layar pada HP buat jaga-jaga. Kalau masih bingung coba ikuti langkah-langkah menjaga layar HP berikut ini.

  • Sejak pertama kali membeli HP Android, sebaiknya langsung pasangkan layar smartphone dengan menggunakan pelindung layar atau screen guard. Dengan begitu, layar hp bisa terjaga dari goresan halus dan minyak atau air;
  • Ketika menyentuh layar, cukup menggunakan jari, jangan menggunakan kuku jari yang bisa menyebabkan goresan halus pada layar android;
  • Tangan haruslah bersih dan kering ketika menyentuh layar hp kita;
  • Jangan terlalu menenak atau mengetuk layar smartphone kita. Karena layar HP sangatlah sensitif;
  • Sebaiknya, jangan menyimpan atau meletakan hp android di saku celana kita, apalagi celana jeans yang cenderung memiliki saku yang sempit. Hal ini membuat layar hp cepat nge-lag atau nge-hang;
  • Jauhkan layar hp android dari sinat matahari langsung yang dapat menurunkan kualitas layar hp Anda lama-kelamaan;
  • Rajinlah membersihkan layar ponsel menggunakan tisu halus untuk membersihkan debu dan dan kotoran kecil yang menempel pada bagian layar HP;
  • Terakhir, hindarkan hp android dengan benda-benda yang terdapat magnetnya seperti televisi, kulkas, laptop, dan lain sebagainya.

 

Merawat Software HP

Cara  merawa HPt  kita agar tetap awet dan tidak lemot dengan merawat pada bagian softwarenya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Memperhatikan spesfikasi dan kapasitas RAM yang terdapat dalam smartphone;
  2. Install aplikasi secukupnya dan seperlunya;
  3. Hati-hati dalam penginstallan aplikasi, karena aplikas terpercaya hanya ada di Google Play Store saja, jangan yang lain;
  4. Install aplikasi antivirus yang berkualitas dan benar-benar menjaga.

Jangan Sembarangan Menginstal Aplikasi

Aplikasi memang sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan sebuah smartphone, tapi yang perlu diingat adalah jangan sembarang install. Mengapa? Karena nantinya jika kamu mencopot aplikasi tersebut maka akan ada sisa-sisa file di sistem yang menyebabkan berkas sampah menumpuk. Hal ini akan mengakibatkan hp menjadi semakin lemot, jadi di sarankan untuk menginstall aplikasi yang penting-penting saja.

 Multitasking

Kebanyakan pengguna android tidak bisa menjaga keawetan smartphone-nya karena sering menggunakan banyak aplikasi dalam waktu yang sama. Atau istilah sederhananya adalah multitasking. Memang smartphone bisa melakukan operasi multitasking, namun secanggih alat tetap saja ada batasannya. Jika sering membuka aplikasi dalam waktu yang sama, maka bisa-bisa hp akan cepat panas dan menyebabkan hp android menjadi cepat lemot.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *