Cara Merawat Hardisk

Cara merawat hardisk – Hardisk  adalah sala satu perangkat komputer  yang menyediakan ruang penyimpanan  yang digukan untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Harddisk merupakan jenis memori komputer yang memiliki sifat non-volatile memory yang berarti data pada memori jenis ini tidak akan hilang meski perangkat tersebut telah dimatikan. Harddisk pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956, yang mana kemudian menjadi standar penyimpanan untuk penggunaan komputer umum ditahun 1960-an. Hingga saat ini pun perangkat harddisk masih menjadi dominan sebagai perangkat penyimpanan untuk personal komputer maupun untuk server .

Hard Disk Drive biasa juga disebut Hard disk atau HDD adalah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan cakram yang dilapisi dengan bahan magnetik. Ada dua tipe Hard Disk yang digunakan yaitu Hard Disk internal dan eksternal,pada dasarnya kedua Hard Disk tersebut sama hanya tempatnya saja yang berbeda. Hard Disk internal terpasang langsung di dalam komputer sedangkan Hard Disk eksternal jauh lebih portable karena tidak langsung terpasang di komputer. Hard Disk Drive berfungsi untuk menyimpan Data Digital. Semua data yang tersimpan di komputer, ada di Hard Disk. Seperti dokumen, gambar, musik, video, program,  bahkan Sistem Operasi komputer semuanya disimpan di dalam Hard Disk komputer. Jika Hard Disk pada komputer rusak, maka semua data yang tersimpan akan hilang. Hal tersebut juga merupakan alasan kenapa sebagian besar orang atau perusahaan memiliki sebuah data cadangan. Mereka memiliki media penyimpan yang lain dan menyalin semua file penting mereka ke media tersebut.

Sebagai media penyimpanan, tentu peran hard disk sangatlah penting agar sebuah perangkat dapat bekerja dengan baik. Coba bayangkan jika tidak ada hardware yang berperan sebagai storage, dimana semua file akan kita simpan? Dari sini kita bisa paham bahwa keberadaan sebuah hard disk memang sangatlah vital. Nah sebagai salah satu komponen yang teramat penting, tentu kita harus menjaganya dengan baik. Hard disk sendiri juga memiliki umur seiring dengan masa pemakaiannya. Suatu hari nanti pasti akan rusak karena usia yang telah ia lalui.

 

Namun kita bisa meminimalis dengan cara merawat hardisk yang benar.  Membuat umur hardisk tersebut menjadi lebih panjang. Hal ini tentu akan membuat hardisk lebih terawat dari pada membiarkan saja tanpa perawatan.  Ketika kita mengabakan kebersihan hardisk tentu benda tersebut akan cepat rusak.  Berikut ini  cara merawat hardisk yang baik dan benar.

 

Memilih Hardisk Sesuai dengan Kebutuhan

Memilih Hardisk yang sesuai dengan kebutuhan merupakan cara ampuh untuk mengatasi kerusakan yang terjadi. Jika kamu menggunakan Hard Disk untuk pekerjaan yang cukup berat atau yang berhubungan dengan IT saya sarankan untuk menggunakan HDD diatas kapasitas 500GB dengan kecepatan 7200 RPM. Namun jika sebaliknya kamu hanya menggunakan hardisk untuk kegiatan normal seperti browsing, hiburan, dan kegiatan ringan lainnya cukup menggunakan HDD dibawah 500GB dengan kecepatan 5400 RPM atau lebih.

Monitor temperatur hardisk, jaga jangan sampai hardisk mengalami overheat

Sama seperti komponen hardware yang lain, hardisk juga harus kita jaga agar jangan sampai mengalami overheating (panas berlebih) yang bisa menyebabkan kerusakan pada hardisk. Jaga agar ventilasi laptop (biasanya pada sisi sebelah kiri) tetap lancar dengan cara rajin membersihkannya, menempatkan laptop pada posisi yang datar, tidak menempatkannya di tempat yang bergelombang seperti kasur atau karpet yang bisa menyumbat aliran udara yang mengalir dari ventilasi laptop, serta menggunakan cooling pad, yang bisa mendinginkan laptop secara keseluruhan. Dengan meng-instal antivirus yang selalu update sehingga akan meminimalkan resiko kerusakan hardisk karena adanya serangan virus seperti virus boot sector, virus yang memakan space hardisk dll. Untuk daftar antivirus yang dapat kita gunakan bisa dilihat di postingan tentang “antivirus terbaik untuk laptop” sebelumnya.

Selalu Matikan Perangkat Dengan Cara yang Benar

Untuk bisa menjaga hard disk agar tetap awet dan tidak rusak, tentu dari segi penggunaan juga harus diperhatikan. Sangat tidak disarankan untuk mematikan perangkat secara tiba-tiba, misal saja komputer saat mati lampu. Jika hal itu terjadi, maka akan menyebabkan berbagai hal buruk terhadap beberapa hardware termasuk hard disk. Kejadian seperti itulah yang sering menjadi penyebab utama dari rusaknya HDD. Silahkan matikan perangkat sesuai dengan prosedur agar tidak menyebabkan kerusakan terhadap komponen lain.

Melakukan Defrag Secara Berkala

Ini merupakan salah satu tips yang paling dianjurkan bagi kita para pengguna komputer dan laptop. Demi menjaga kesehatan HDD, sangat disarankan untuk melakukan fragmentasi secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk membuat hard disk menjadi lebih awet serta membuat kinerja read dan write nya menjadi lebih cepat. Dalam OS windows sendiri juga sudah ada fitur untuk melakukan defrag. Namun kalian juga bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk tugas ini.

Gunakan Antivirus

Antivirus mampu membuat hardisk kamu lebih sehat karena tidak sedikit virus yang memicu berbagai masalah di hardisk. Antivirus juga bisa melindungi kamu dari berbagai masalah yang hanya bisa diselesaikan dengan melakukan install ulang. Untuk itu pastikan kamu menggunakan antivirus yang up to date dan memiliki license resmi baik itu license gratis ataupun berbayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *