Cara Merawat Gitar

Cara merawat gitar – Siapa sih yang tidak suka dengan musik? Semua orang sangat menyukai musik. Meskipun genre yang mereka pilih berbeda-beda.  Musik  sendiri memiliki nuansa magis yang membuat orang-orang nyaman untuk mendengarkan musik.  Musik biasanya bisa merelaksasi kita dalam keadaan apapun.  Hampir setiap hari pasti kamu sering memutar lagu favorit. Hal ini banyak tujuannya sebagai hiburan, sebagai peramai,  atau memang suasananya memang enak untuk mendengarkan musik.  Musik ini termasuk dalam kegiatan  berseni. Seni adalah  hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang diwujudkan dalam berbagai sarana dan musik adalah  pengolahan suara, melode, harmoni, ritme, vokal, dan tempo.  Semua itu  adalah bagian dari unsur-unsur musik.  Selain itu jenis musik juga beragam mulai dari POP, RnB, Rock, klasik, dangdut, dan masih banyak lagi.  Musik tidak ada apa-apanya tanpa alat musik.

Secara umum alat musik adalah sebuah  benda  yang digunakan manusia untuk sebuah pekerjaan. Suatu  alat atau benda yang dapat menghasilkan atau mengeluarkan suara yang khas yang jika dipadukan dengan alat – alat lain dapat menghasilkan musik yang indah dan mengandung keharmonisan (keselarasan) agar makna yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan pada pendengar.

Adapun alat musik juga memiliki fungsi yang dapat di golongkan menjadi 3 fungsi utama, diantaranya adalah fungsi melodi, fungsi retmis, dan fungsi harmonis. Penggolongan dari fungsi alat musik tersebut dilihat dari unsur yang menyusunnya. Berikut penjelasannya:

Fungsi Melodi

Alat musik sebagai fungsi melodi yakni suatu susunan tinggi rendahnya yang disusun dalam satu kesatuan dengan penekanan yang berbeda terkait dengan intonasi, serta durasi yang akan menciptakan  musik yang indah. Sehingga fungsi melodi ini hanya untuk memainkan melodi yang dimainkan oleh musik vokal dalam bentuk lagu.

Fungsi Ritme atau Ritmis

Ritme atau ritmis merupakan pengulangan bunyi – bunyian yang dilakukan sesuai dengan pola dalam sebuah lagu. Adapun fungsi ritme pada alat musik diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan warna nada
  • Memberikan warna sajian komposisi musik
  • Mampu menunjukkan suasana dan karakter dalam lagu
  • Dan dapat menggambarkan dinamika perubahan

Alat musik yang memiliki fungsi ritme adalah alat musik yang tidak memiliki atau tidak bernada.

Fungsi Harmoni

Harmoni merupakan suatu kesetaraan atau keselarasan. Sehingga dalam sebuah musik harmoni diartikan sebagai keselarasan panduan dari berbagai bunyi atau berfungsi untuk menyelaraskan bunyi yang dikeluarkannya. Adapun harmoni terdiri dari susunan, peranan, serta hubungan dari paduan bunyi secara keseluruhan.

Setelah mengetahui fungsi alat musik,  kalian pasti sudah tahukan jenis-jenis alat musik? Alat musik yang paling digandrungi adalah gitar.   Setiap orang yang bisa memainkan gitar pasti akan terlihat keren. Selain itu gitar juga merupakan alat musik yang sangat mudah dipelajari.   Gitar juga merupakn lat musik yang memiliki harga yang bisa dijangkau semua kalangan. Kamu yang pecinta gitar harus tahu cara merawat gitar dengan benar. Jangan terlalu terpaku pada harganya. Kalau memang hobi dan senang berapapun harganya merawat gitar itu suatu keharusan.  Berikut ini ada beberapa manfaat merawat gitar.

  • Menjaga poin estetika gitar itu sendiri. Gitar yang enak dilihat tentu membuat orang yang melihat terpesona.
  • Menjaga kekuatan tonal wood Terutama gitar akusitik, tonekayu sebuah gitar akan terus terjaga jika rajin dibersihkan.
  • Mendekatkan hati pemilik dengan gitarnya. Seperti memandikan anak sendiri. Membersihkan gitar membuat kedekatan emosional pemiliknya.

Tkamu-tkamu gitar perlu dibersihkan biasanya langsung terlihat adanya debu dan hal-hal lainnya. Metang-mentang gitar yang kamu miliki murah jangan asal-asalan cara merawat gitar.  Bisa-bisa malah jadi cepat rusak.  Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti dalam merawat gitar.

 

  1. Menyimpan Gitar di Tempatnya atau Case Gitar

Tips Merawat Gitar Akustik yang pertama adalah, untuk menjaga gitar terhindar dari debu, benturan, dan goresan, maka Kamu harus mempunyai case khusus untuk gitar. Case tidak hanya ditujukan untuk gitaris band yang sering tour keluar kota saja, Kamu pun kalau bisa mempunyai case gitar. Meskipun Kamu hanya memainkan gitar di rumah, tak ada salahnya untuk membeli case guna menempatkan gitar Kamu jika tidak sedang dipakai. Ada 2 jenis case khusus gitar, yakni hardcase yang biasanya terbuat dari material yang keras, seperti kayu atau plastik. Hardcase digunakan bagi Kamu yang sering membawa gitar berpergian atau tur. Sementara itu, softcase terbuat dari kain yang cukup tebal untuk menjaga gitar tetap bersih dan terhindar dari goresan.

  1. Membersihkan Fretboard Gitar

Cara membersihkan gitar  yang pertama diawali dengan pembersihan fretboard. Ini adalah bagian yang cukup penting pada gitar, selain senarnya. Kebersihan area freboard ini cukup penting untuk membuat Kamu nyaman saat bermain gitar. Fretboard yang sangat kotor bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan gitar Kamu. Untuk membersihkan fretboard Kamu dapat mengambil kain halus bekas, hindari kain yang berserat seperti handuk karena dapat mengakibatkan serat kain menyangkut pada fretboard. Bersihkan fretboard dengan minyak kayu putih atau cairan pembersih gitar.

  1. Mengganti senar secara berkala dan mengendorkannya.

Cara merawat Gitar yang selanjutnya adalah, tentang senar. Mesikpun Kamu lakukan dengan benar cara membersihkan gitar secara teratur, tapi hal tersebut tidak menjamin senar Kamu tidak akan rusak. Bila Kamu memainkan gitar secara intensif, pasti ada kalanya senar tersebut berkarat atau putus. Jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa kualitas suara yang dihasilkan tidak akan bagus dan disinyalir dapat merusak fret gitar. Untuk menghasilkan kualitas suara terbaik, ganti semua bagian senar, jangan hanya mengganti bagian yang putus atau sudah berkarat saja. Selanjutnya yang harus diperhatikan jika Kamu jarang menggunakan gitar,  Kamu tidak hanya perlu melakukan cara membersihkan gitar secara teratur saja, tetapi Kamu juga harus mengendorkan senar gitar Kamu. Gitar yang sudah lama tidak dipakai dalam jangka waktu yang panjang bisa membuat bagian senarnya melengkung. Akan tetapi, jika Kamu memakai gitar secara intensif, maka Kamu tak perlu mengendorkan senar gitar akustik tersebut.

  1. Membersihkan Tubuh Gitar

Bila kamu ingin gitar kamu tampak mulus dan mengkilap, maka kamu jangan lupa membersihkan bagian tubuh depan dan belakang gitar akustik kamu. Pembersihan tubuh gitar memang tidak mempengaruhi kualitas suara, tapi dapat membuat kamu nyaman saat memainkannya dan lebih percaya diri saat harus tampil di depan umum. Kotoran yang bisa menempel pada tubuh gitar adalah debu atau minyak dari tangan kita. Untuk membersihkan tubuh gitar kamu hanya memerlukan kain yang sudah dibasahi dengan air. Akan tetapi, tidak masalah jika kamu ingin memakai cairan pembersih gitar untuk membersihkan keseluruhan tubuh gitar kamu. Dengan begitu gitar akan terlihat lebih bersih dan mengkilap.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *