Cara Merawat Flashdisk

Cara merawat flashdisk – Kalian pasti sudah kenalkan sama yang namanya flashdisk? Benda yang satu ini selalu mendampingi kita dalam tugas  sekolah maupun melakukan pekerjaan  kantor.  Di era modern  peredaran media penyimpanan eksternal sudah sangat perkembang pesat, contohnya flashdisk ini. Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. Ini terjadi karena didalam flashdisk terdapat sebuah controller dan memori yang mampu menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik yang ada pada flashdisk sudah diputuskan oleh user. Ada beberapa keuntungan menggunakan flashdisk.

Kelebihan Flashdisk

  1. Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar.
  2. Memiliki ukuran yang kecil dan cara penggunaanya yang simple.

Sebuah flashdisk dapat berumur 10 tahun jika cara penggunaanya tepat. Cara penggunaan yang saya maksud disini ialah menghindari pencabutan flashdisk secara paksa karena dapat menyebabkan data yang disimpan dan ditulis flashdisk menjadi rusak, sehingga data pada flashdisk tidak dapat dibuka lagi.

Pengguna flashdisk disarankan melakukan pencabutan flashdisk dengan cara aman, dan ini akan sangat berpengaruh pada umur flashdisk karena hubungan baca/tulis yang terjadi antara komputer dan flashdisk sudah diamankan terlebih dahulu dan arus pendek listrik yang dapat merusak komponen – komponen flashdisk dapat dicegah.

  1. Flashdisk memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan baik untuk anak sekolahan maupun orang umum sekalipun.

Memilih flashdisk yang cocok pun dapat dikatakan cukup sulit. Terutama menemukan atau memilih jenis flashdisk dengan merk paling bagus dibutuhkan banyak pertimbangan. Untuk memudahkan Anda menemukan jenis flashdisk yang tepat, berikut akan direkomendasikan beberapa jenis flasdisk dengan merk pilihan terbaik.

 

Kingston data

 

Kingston Data memang cukup dikenal sebagai salah satu merk flashdisk yang banyak digunakan. Kingston pun sebelum kemunculan produk lainnya sudah terlebih dahulu dikenal. Kingston menawarkan kapasitas penyimpanan paling banyak dibanding lainnya, bahkan hampir menyamai hardisk dengan ukuran hingga 512 GB. Flasdisk keluaran terbaru bahkan tersedia hingga kapasitas 1 TB dan 2 TB, yaitu Kingston Data Traveler Ultimate GT. Dalam urusan mentransfer atau memindah data, Kingston pun cukup cepat serta telah mengusung teknologi USB 3.1 yang memiliki performa 10 kali lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Produknya pun dilengkapi casing berbahan metal yang lebih tahan banting sehingga lebih awet dan tidak mudah rusak.

 

Sandisk

 

Merk flashdisk yang cukup direkomendasikan adalah produk buatan SanDisk yang lumayan populer di tengan masyarakat. SanDisk hadir dengan menawarkan flashdisk dengan kinerja cepat dan solid. Keunggulannya adalah dilengkapi dengan kecepatan membaca data hingga 420 MB/Second serta kecepatan meulis hingga 380 MB/second. Flashdisk dari SanDisk sudah tentu diakui sebagai penyimpanan data eksternal dengan performa terbaik. Dengan performa sedemikian sangat memungkinkan untuk Anda memindah berbagai data file dengan mudah dan cepat. Bahkan memindah video dengan ukuran cukup besar pun bisa dengan cepat kurang dari 30 detik dan 1 folder foto dalam waktu kurang 45 detik saja. SanDisk  pun hadir dengan tampilan yang elegan dengan casing alumunium yang lebih tangguh dan tahan banting. SanDisk model terbaru juga telah mengusung teknologi USB 3.1.

 

Toshiba

 

Toshiba perusahaan asli nya yang berbasis di Jepang ini memang dikenal sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang elektronik. Tidak hanya memproduksi perangkat elektronik berukuran besar, Toshiba kini menghadirkan beragam perangkat kecil termasuk salah satunya flashdisk.

Flashdisk yang diproduksi Toshiba ini hanya tersedia sampai dengan ukuran 32 GB saja. Kendati demikian, Toshiba versi terbaru memiliki keunggulan yaitu adanya konektor ganda dengan type A dan type C. Dimana, selain dapat digunakan untuk PC melalui port USB, juga dapat digunakan di perangkat lainnya yaitu Android dengan port OTG. Selain itu flashdisk Toshiba dibekali kecepatan membaca dan menulis terbaik.

Cara Merawat Flashdisk:

Biasakan Eject

Banyak orang, mungkin termasuk Anda, selalu menganggap remeh proses eject sebuah flash disc. Karena terburu-buru atau malas, Anda sering langsung mencabut flash disk dari port USB. Padahal hal ini sudah pasti dapat merusak sistem flash disc. Lebih parahnya lagi,s emua data yang tersimpan di dalamnya bisa hilang.

Jauhkan Dari Elektronik Lainnya

Mungkin Anda belum tahu kalau barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat memengaruhi flash disk. Hal ini karena sifat barang elektronik yang memiliki medan magnet kuat. Untuk itu jangan pernah menyimpan flash disk di dekat barang-barang elektronik seperti televisi atau ponsel.

 

Scan Virus

 

Cara mudah merawat flashdisk yang benar selanjutnya ialah Scan Virus. Internet itu tidak selalu aman, banyak konten atau iklan yang mengandung virus dan bisa membahayakan komputer, laptop, bahkan flashdisk. Virus bisa masuk dengan mudah ke dalam komputer kita, oleh karena itu kalian harus menghindarinya. Untuk menghindari kerusakan flashdisk akibat virus, sebaiknya kalian melakukan scan secara berkala terhadap flashdisk.

 

Selalu Menutup Flashdisk

 

Tahukah kamu bahwa port flashdisk sangat rentan terhadap gangguan debu. Komponen pada flashdisk jika terkena debu dapat merusak sistem flashdisk bahkan bisa tidak digunakan kembali. Oleh karena itu, sebaiknya kalian selalu menutup flashdisk setelah selesai menggunakan.

 

Kurangi mengedit langsung

Flash disk memiliki batasan usia tergantung dari kualitas merek itu sendiri. Biasanya usia flash disk berkisar antara 10.000 hingga 100.000 kali proses hapus tulis. Untuk menguranginya, usahakan untuk tidak mengedit langsung tulisan dari flash disk Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *