Cara Merawat Dompet Kulit

Cara merawat dompet kulit – Dompet kulit merupak sebuah aksesoris yang harus  dimikili. Kenapa?  Dompet kulit memiliki kualitas yang berbeda. Selain itu menggunkan dompt kulit bisa menjadi ciri khas orang tersebut.  Membuat seseorang menjadi unik dan  berbeda dari yang lainnya.  Memilih dompet kulit juga bisa dilihat dari fungsionalnya.

Dompet memiliki banyak jenis model. Bahan yang digunakan untuk membuat dompet juga nermacam-macam. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat dompet adalah kulit hewan seperti kuli domba atau kambing, kulit sapi dan bahkan kulit ular dan buaya. Dompet berbahan kulit hewan ini tentu memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh dompet yang dibuat dengan bahan lainnya. Dompet kulit tentunya berbeda dengan dompet yang hanya berasal dari bahan sintetis. Hal tersebut tentu tak lepas dari beberapa keunggulan yang akan didapatkan oleh konsumen ketika dirinya memiliki dompet dari bahan kulit seperti:

  • Elegan dan Mewah

Baik pria atau pun wanita ketika membeli produk dompet berbahan kulit, kesan pertama adalah tersa lebih elegan dan mewah. Selain terlihat keren dompet kulit kualitasnya lebih terjamin awet dan tahan lama. Dari segi warna terlihat lebih natural kemudian dari segi tekstur juga lebih lembut,

  • Lebih Awet

Dompet berbahan kulit hewan asli memiliki masa pakai yang lebih awet. Awet disini bukan berarti tidak mengalami kerusakan. Dompet kulit akan memiliki masa pakai yang panjang jika digunakan dan dirawat dengan baik. Kebanyakan dompet kulit  dibuat dari jenis kulit sapi karena kulit sapi memiliki kulit yang cukup tebal.

  • Nyaman Digunakan

Karena terbuat dari kulit hewan asli, item fashion yang satu ini tidak akan membuat siapapun nyaman menggunakannya. Dompet kulit memiliki suhu yang lebih dingin tidak mudah panas sat mengalami gesekan pada kain saku celana.

  • Bernilai Lebih

Karena dompet kulit memiliki harga yang cukup mahal oleh karena itu Dompet kulit asli memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan degan dompet yang terbuat dari kulit sintetis. Untuk Kamu yang mementingkan penampilan, tentu saja menggunakan produk berbahan dasar kulit asli akan membuat Kamu tampil lebih berkelas.

Banyak orang mempunyai barang yang berbahan dasar kulit. Baik itu sabuk kulit (gesper), jaket kulit, tas kulit, sepatu bahkan dompet kulit. Sebenarnya, barang apapun itu yang memang terbuat dari kulit harus mengetahui cara membersihkannya termasuk dompet kulit. Dompet kulit yang kamu punya akan cepat rusak jika tidak dibersihkan secara berkala. Noda, debu dan kotoran akan mempercepat usia dompet kulit kamu. Berikut beberapa cara merawat dompet kulit agar tetap bagus.

Cuci menggunkan air

 

Air bersih dapat membersihkan noda ringan seperti sidik jari, debu, bedak dan lecet. Apabila tidak ada kain mikro-fiber untuk digunakan, kamu bisa menggunakan cotton bud atau kapas untuk membersihkan dompet kulit. Perlu diingat, ketika kamu membersihkan menggunakan tisu, jangan kamu gosok, cukup ditekan perlahan saja, karena tisu yang permukaannya basah akan rontok.

 

Menggunakan pembrsih khusus

 

Tentu kamu mengetahui alat pembersih untuk barang-barang yang terbuat dari kulit asli ini. Menggunakan alat ini sangatlah mudah dan relatif simpel dan pilihan yang sangat tepat. Alat ini cukup banyak dipasarkan di marketplace seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia dan medsos pada umumnya.

Cara membersihkan dompet dengan bahan pembersih khusu ini, tersedia berupa gel, spray, dan krim. Caranya, kamu cukup meneteskan di kain yang lembut lalu lap atau gosok perlahan ke dompet kulitmu, apabila berbentuk spray, cukup semprotkan secukupnya dan lap dengan kain bersih.

 

Kondisioner Khusus Bahan Kulit

Untuk membersihkan dan melembutkan bahan kulit, campurkan cuka dengan dua sendok minyak zaitun, usapkan campuran tersebut ke koleksi kulit yang ingin Kamu bersihkan, kemudian diamkan selama semalaman dan bersihkan di pagi harinya. Jika Kamu memiliki kondisioner khusus untuk bahan kulit, tuang beberapa tetes kondisioner dan minyak zaitun pada kain microfiber. Aplikasikan kondisioner tersebut pada permukaan kulit dan tunggu hingga meresap seluruhnya.

 

Hindari Hal-hal dibawah ini

 

Ketika membersihkan dan memberikan kondisioner untuk bahan kulit Kamu, hindarilah pemakaian produk yang mengandung minyak munk, minyak petrolium, pelarut petrolium, silikon atau minyak lain yang sejenis. Zat-zat yang terdapat dalam minyak tersebut dapat meninggalkan noda atau bahkan merusak bahan kulit. Selain itu, hindari produk-produk yang berpotensi meninggalkan noda yang sulit dibersihkan.

 

Mengatur isi Dompet

 

Dompet yang terlalu penuh akan mempersulit Kamu untuk memasukkan ke dalam saku celana. Selain itu, bentuk dompet juga akan berubah bila sering dipaksakan melebihi kapasitas yang ideal. Resiko patahnya kartu pembayaran elektronik sering dijumpai apabila dompet Kamu dibiarkan terlalu tebal. Kurangi isi dompet Kamu dengan menambahkan  dompet kartu sebagai pendamping dompet utama.

 

Memilih dompet dengan bahan kulit sintetis

 

Produk yang menggunakan bahan kulit sintetis memang tidak setahan lama dibandingkan dengan material kulit asli akan tetapi dalam perawatannya material kulit sintetis jauh lebih mudah. Saat ini banyak tersedia dompet pria yang berbahan kulit sintetis dengan varian desain dan detail yang beragam. Tidak ada yang salah saat kalian memilih jenis motif kulit sintetis yang dipakai sebagai bahan dompet yang diinginkan. Namun, yang harus diperhatikan tentu saja pilihan warnanya. Jika kalian tidak terlalu suka menaruh dompet di dalam kantung, pilihlah dompet bermaterial kulit dengan warna-warna gelap seperti abu-abu, hitam, atau cokelat tua. Warna-warna pastel seperti biru atau beige boleh saja dipakai asal apik menjaga kebersihannya sehingga tidak cepat terlihat kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *