Cara Menggabungkan Video

Cara Menggabungkan Video

Di era yang sudah melek digital ini. Semua hal yang menjadi aktivitas kita selalu diabadikan dalam bentuk  apapun. Mulai dari foto, video, diunggah via media sosial, membuat status kegiatan sehari-hari, dan membuat vlog dengan cara menggabungkan video yang telah direkam dengan handphone, kamera, drone ataupun gopro. Semua orang sibuk dengan alat-alat elektroniknya. Selain videp banyak orang yang menggambil gambar dengan cara yang profesional. 

Zaman sekarang membuat video yang bagus dan foto yang keren sangatlah mudah banyak aplikasi-apliksai yang menunjang seseorang untuk membuat karya dari media digital. Apalagi kamu yang sangat menyukai kegiatan editting. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat membantu. 

Editing video adalah aktivitas modifikasi video yang biasa dilakukan untuk membuat satu atau banyak klip video menjadi lebih menarik untuk disaksikan. Salah satu kegiatan editing adalah menggabungkan video, hal ini dilakukan untuk membuat satu alur cerita dari berbagai klip. Dalam membuat video pasti akan di potong perklip. Hal tersebut berguna untuk memudahkan setiap peristiwa di dalamnya. Kemudian menggabungkan semua video dari hasil cut to cut menjdi sebuah video yang utuh.

Dalam proses editing itu sendiri seorang editor akan menambahkan berbagai effect serta menyisipkan transisi, sehingga video akan terlihat menarik saat ditonton. Oleh sebab itu proses editing menjadi salah satu elemen penting di dalam sinematografi dan tidak dapat dipisahkan dari dunia broadcasting. Saat proses editing, tidak cukup hanya menggabungkan gambar begitu saja, tetapi banyak sekali variabel yang harus diketahui dalam proses editing, misalnya: seorang editor harus juga bisa memberi sentuhan rasa dalam memandang sebuah angle camera yang baik, sehingga bisa bisa memberi sentuhan editing yang menarik.

 

Dalam proses editing memiliki beberapa istilah yang digunakan. Berikut beberapa istilah yang diguna dalam proses editing meskipun belum mencangkup semuanya.

Sebagai seorang editor wajib tahu dengan komposisi dalam sebuah video. Pemahaman video gambar yang bagus atau yang baik harus dipahami. Continuity Merupakan pengambilan gambar suatu adegan yang berkesinambungan antara gambar satu dengan gambar sebelumnya, dan juga berbagai unsur pendukung seperti kostum, situasi, ekspresi dengan tujuan untuk menghindari adanya jumping pada adegan tersebut dimana terdapat perbedaan, baik itu pada gambar atau audio. Sound, dalam editing video ada dua sound berdasarkan fungsinya. Original sound adalah Semua audio berupa suara asli dari subjek atau objek yang diambil bersamaan pada saat pengambilan gambar berlangsung, atau pada saat shooting.

Sound effect Merupakan suara-suara tertentu yang dibuat untuk ditambahkan pada saat proses editing, bisa dari original sound maupun atmosfer, untuk mendukung sebuah adegan sehingga bisa memberikan atau menghadirkan suasana tertentu. Musik ilustrasi adalah Semua jenis bunyi-bunyian baik itu dalam bentuk nada, secara akustik maupun electric yang dihasilkan untuk memberikan ilustrasi dan kesan untuk membangkitkan emosi atau mood penonton yang seakan-akan turut telibat didalamnya.

 

Buka jasa cetak http://pusatcetak.com

 

Setelah mengetahui beberapa istilah dalam proses mengedit video. Partilah kalian ingin tahu apa saja sofware aplikasi untuk mengedit video. Tapi sebelum masuk ke dalam aplikasinya, ada baiknnya kita mengetahui beberapa cara menggabungkan video dengan mudah oleh para pemula.

Salah satu cara menggabungkan video dengan cepat bagi kamu pengguna pemula, caranya cukup mudah. Berikut cara menggabungkan video dengan mudah.

  1. Buka aplikasi Videoshow pada laptopmu. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store.
  2. Kemudian pilih opsi edit video.
  3. Lalu akan terlihat menu untuk memilih video. Ada opsi yang bertuliskan semua/all, lalu klik.
  4. Sekarang kamu tandai video mana saja yang akan kamu gabungkan menjadi video yang utuh.
  5. Setelah memilih video yang akan digabungkan, lalu klik mulai/start.
  6. Lalu tunggu hingga video tergabung semua. Setelah itu klik tanda merah yang bisa kamu lihat di atas sebelah kiri.
  7. Pilih simpan di galeri.
  8. Lalu penggabungan video akan berlangsung. Kamu tunggu hingga selesai penggabungan video.

 

Kalau dulu membuat video harus memiliki keahlian khusus. Kita harus memahami dan  mengoperasikan software pengeditan video yang sulit bagi orang biasa. Perkembangan teknologi yang pesat membantu kita untuk menggabungkn video melalui aplikasi. Selain proses editing di bilang mudah, aplikasi ini juga bisa di download secara gratis di internet.  Selain itu jenisnya juga banyak dengan fitur berbeda.

Berikut beberapa aplikasi yang cocok.

  1. Videoshow 
Videoshop-editor

 

Videoshow adalah aplikasi edit video yang diterbitkan oleh EnjoyMobi. Dibuat oleh developer populer, membuat video menjadi aplikasi yang sudah amat terkenal dalam hal video editing. Hal ini tentu tidak lepas dari beragam fitur yang membantu penggunanya.Selain memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan video, pengguna juga dapat membuat slideshow dari beberapa foto, memotong video, menambahkan musik, dan berbagai fitur umum lainnya.Kamu juga bisa membuat video tampak lebih menarik dengan fitur unggulan yang ada, yakni; menambahkan stiker, filter efek, tema, dan sebagainya. Ada juga fitur video compressing yang berguna untuk memperkecil ukuran file video, serta fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah suara pada video (mp4) menjadi mp3.

 

     2. VidTrim-video editor
Vidtrim

VidTrim hadir dengan fitur editing yang lebih sederhana lagi yakni menggabungkan dan memotong video.Selain itu, VidTrim mempunyai fitur untuk mengkonversikan file video mp4 menjadi audio mp3 dan juga bisa mengambil gambar dari frame tertentu pada video. Dengan fiturnya yang terbatas, secara keseluruhan aplikasi VidTrim cocok bagi kamu yang tidak ingin terlalu banyak melakukan pengeditan video. Urusan tampilan, aplikasi ini memiliki desain yang sederhana dan mudah dinavigasi.

 

     3. Videoshop editor
Cara menggabungkan video
Videoshop-editor

Berikutnya ada Vide0shop yang tak kalah powerful-nya dengan 2 aplikasi penggabung video di atas sebelumnya. Aplikasi besutan Appsolute ini selain mempunyai fitur untuk menggabungkan beberapa klip video menjadi satu, ada juga fitur menarik lain yang bisa membuat video kamu menjadi keren. Beberapa di antaranya yaitu; pilihan efek suara, fast/slow motion, mengatur tingkat kecerahan video, membuat stop motion, menambahkan (judul animasi, teks, filter, dan transisi), menambahkan musik atau rekaman suara kamu sendiri, dan masih banyak lagi.

 

      4. Kinemaster

Cara menggabungkan video

KineMaster bisa dibilang merupakan aplikasi edit video profesional untuk perangkat smartphone. Tampilan aplikasi ini sangat baik, apalagi didukung juga dengan fitur lengkapnya yang mudah dinavigasi. Selain bisa digunakan untuk memotong dan menggabungkan video, aplikasi ini juga punya beragam tools yang bisa digunakan oleh pengguna amatir maupun profesional, yakni seperti efek transisi, menambahkan tema, efek visual, mengatur (warna dan kecerahan video) dan masih banyak lagi lainnya. Namun hasil editan video dari aplikasi ini terdapat watermark, untuk bisa menghilangkannya kamu harus melakukan pembayaran dengan harga yang cukup mahal. Oh ya, untuk bisa menjalankan aplikasi ini dengan baik, pastikan smartphone kamu minimal adalah Android 4.1.2 (Jelly Bean MR2).

 

 

Lebih banyak di  Cekini.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.