cara membuat surat izin

Cara membuat surat izin

Bagaimana yahh cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang benar dan benar?

Kadang kadang, ada waktunya dimana anak tidak bisa masuk sekolah karena sakit atau hal lain. Dan Pada saat itu, biasanya orang tua atau wali siswa diminta untuk memberikan surat izin sekolah kepada guru atau wali kelas.

kuy simak cara selengkapnya berikut ini.

Contoh contoh surat izin banyak sekali ditemukan di berbagai situs web, buku-buku administrasi tata cara pembuatan surat atau file teman Anda yang tidak sengaja ditemukan.

Tetapi, pada kenyataannya Anda masih saja bingung bagaimana cara membuat surat izin yang baik dan benar. Tapi Anda tidak usah khawatir, pada kesempatan ini kami akan berbagi bagaimanakah cara membuat surat izin yang baik dan benar.

Dan Sebelum kita mulai dengan contoh surat izin. Hmm Ada baiknya kita coba cari tahu dulu apakah itu yang dimaksud dengan surat izin tersebut?

Pada Surat izin merujuk dari asal katanya berarti surat yang berisi keterangan bahwa pemegang surat itu diberi izin melakukan sesuatu.

Inti Artinya anda sebagai penulis surat akan diberi izin untuk tidak ikut melakukan suatu kegiatan dengan adanya surat izin tersebut.

Dan Lalu apakah sebenarnya faedah atau fungsi dari surat izin? Nahh Surat izin merupakan salah satu media yang sering digunakan sebagai perantara yang berfungsi untuk menyampaikan sebuah informasi mengenai suatu keadaan.

Pada Surat izin sendiri biasanya digunakan untuk menyampaikan ketidaksanggupan dalam melakukan suatu kegiatan penting.

Pada Sebelum diberikan contoh surat izin, ada baiknya memperhatikan langkah-langkah yang diperlukan dalam proses pembuatannya.

Dan pada Langkah-langkah yang dimaksud adalah memahami dengan baik tentang; tujuan pengiriman surat, pengirim surat dan alasan izin tidak ikut kegiatan.

Dan Setelah memahami dengan baik langkah-langkahnya, yaitu dimulai dari tujuan Anda menulis surat, misalnya tujuan anda menulis surat agar diizinkan tidak masuk sekolah, tidak masuk kuliah ataupun tidak masuk kerja.

Dan Sedangkan pengirim surat disini maksudnya adalah penulis surat izin tersebut. Apabila yang menulis surat tersebut adalah Anda sendiri. Lalu Maka pengirimnya yang tertera pada yang bertanda tangan adalah nama Anda sendiri.

 

Dan yang terakhir adalah alasan kenapa Anda tidak ikut suatu kegiatan. Jadi, Apakah karena sakit, ada acara keluarga atau ada berita duka. Dan Selanjutnya Anda juga wajib mengenal jenis-jenis surat izin.

Ada Banyak sekali jenis surat izin ini, misal kalau Anda adalah seorang siswa sekolah, maka surat izinnya akan berbeda dengan yang sudah kuliah atau dengan yang sudah bekerja dan sebagainya.

Nah, berikut ini adalah cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang bisa Anda ikuti:

Tujuan Pengiriman Surat

Pada Setiap surat pasti memiliki tujuan pengiriman surat. Di Bagian ini menyampaikan siapa penerima surat Anda nantinya.lalu  Apakah kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran, atau yang lainnya.

Dan Dalam penulisan tujuan pengiriman surat, jika Anda menggunakan kata “Kepada”, maka tidak perlu menggunakan kata Yth. Begitu juga sebaliknya.

Alasan Izin

Di Surat izin tidak masuk sekolah tentu saja dibuat dengan alasan tertentu. Dan Misalnya sakit, acara keluarga, atau karena hal lainnya. Lalu Sampaikan hal ini di dalam surat izin tidak masuk sekolah yang Anda buat.

Dan di Pastikan alasan izin Anda logis. Di Karena bagaimanapun, hal ini yang akan menentukan apakah surat izin sekolah yang Anda buat dapat diterima atau tidak.

Tanggal dan Tempat Pembuatan Surat

untuk Nahh Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan tanggal dan tempat pembuatan surat.

 Alamat Tujuan

Dalam Untuk pembuatan surat izin, Anda bisa menuliskan alamat sekolah sebagai alamat tujuan.

Isi Dalam Surat

Untk Sebelum nya menuliskan isi surat, jangan lupa untuk menuliskan salam pembuka, kalimat pembuka surat, isi dalam surat, salam penutup surat. Dan yang palingterakhir, jangan lupa untuk menuliskan nama pengirim surat.

Izin Sekolah dari Orang Tua

Jakarta, 09 Januari 2020

Kepada

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMA 32 Jakarta

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama :

Kelas :

Alamat :

NISN :

 

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari Kamis, 09 Januari 2020 dikarenakan sakit. Karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *