Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Pekerjaan adalah sebuah kegiatan yang biasanya kita butuhkan untuk mencari sebuah penghasilan, mau jadi pengusaha  ataupun karyawan hal penting yang harus dipersiapakan adalah daftar riwayat hidup.  Bila kita ingin  bekerja  menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan, proses awal agar diterima di sebuah perusahaan adalah melamar pekerjaan. Dalam melamar pekerjaan  hal penting yang harus disiapkan  adalah surat lamaran dalam surat lamaran tersebut pasti akan disertakan sebuah daftar riwayat hidup.

Riwayat hidup menjadi syarat utama bagi kita yang ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Dengan melihat daftar riwayat hidup  perusahaan bisa menilai dan melihat riwayat prestasimu. Dari riwayat tersebut perusahaan juga akan langsung tahu bahwa seseorang tersebut patu direkrut.  Penentuan recruitmen melalui daftar riwayat hidup biasanya berlangsung selama 6 detik. Apabila perekrut memiliki waktu lebih untuk melihat daftar riwayat hidup tersebut makan si perekrut sedang tertarik dengan si pelamar.

Nah, di sinilah daftar riwayat hidup seolah menjadi penentu apakah seseorang bisa diterima atau ditolak lamarannya. Karena faktanya demikian, setiap pelamar emang kudu tahu nih gimana cara membuat daftar riwayat hidup. Apalagi secara  tidak langsung, riwayat hidup menjadi cerminan apakah kamu tampak profesional atau tidak.

Daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang memberikan informasi mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasinya.  Daftar riwayat hidup biasanya menjadi acuan sebuah perusahaan apakah si pelamar cocok dengan posisi yang dilamarnya.  Dalam daftar riwayat hidup biasa mengandung informasi seperti data pribadi, kontak pribadi, dan media sosial yang dia gunakan. Kelengkapan data ini akan sangat berguna bagi kita nanti pun juga perusahaan.

Manfaat curiculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan riwayat hidup, setiap orang yang membaca dan memeriksa data seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dariinformasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan danberorganisasi. Dengan kata lain manfaat daftar riwayat hidup menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.

Daftar riwayat hidup memiliki beberapa kegunakan, yaitu :

  1. daftar riwayat hidup atau Resume bagi Perusahaan yang membuka lowongan kerja adalahmempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.
  2. daftar riwayat hidup atau Resume bagi Pelamar adalah mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan olehperusahaan. Tingkat relevansinya tergantung dari teknik evaluasi yang dilakukan pelamar.

Jenis-jenis daftar riwayat hidup atau DAFTAR RIWAYAT HIDUP:

  1. DAFTAR RIWAYAT HIDUP berdasarkan urutan kronologis

Ini dia DAFTAR RIWAYAT HIDUP yang biasa digunakan kebanyakan orang. Jenis DAFTAR RIWAYAT HIDUP inimengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis,baik digunakan bila pelamar mempunyai tipe perkerjaan yang sama sepanjang karirnya, sehingga DAFTAR RIWAYAT HIDUP model ini akan memperlihatkan perkembangan karirpelamar tersebut. DAFTAR RIWAYAT HIDUP seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan,karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.

  1. Curriculum Vitae berdasarkan keterampilan

Jenis DAFTAR RIWAYAT HIDUP ini lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalamankerja. Fungsinya adalah untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa pelamarmempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaantersebut. DAFTAR RIWAYAT HIDUP ini cocok untuk parafresh graduatedan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.Pilihlah Curriculum Vitae yang sesuai pada diri masing-masing pelamar karena pada dasarnya ada bermacam-macam konsep dan jenis DAFTAR RIWAYAT HIDUP, yang masing-masing menonjolkan apa yang patut ditonjolkan untuk mendapatkan sebuah posisi tertentu.

 

Cara membuat DAFTAR RIWAYAT HIDUP yang baik dan menarik bukan berarti isinya menjadi berlembar-lembar.  Bila DAFTAR RIWAYAT HIDUP kamu buat dalam kertas yang berlembar-lembar tidak akan membuatmu terlihat seperti pelamar yang kompeten.  DAFTAR RIWAYAT HIDUP dengan model seperti itu akan cenderung diabaikan oleh perusahaan.  Lalu bagaimana cara mambuat DAFTAR RIWAYAT HIDUP yang bagus? Sebenarnya dalam membuat daftar riwayat hidup informasi yang diberikan tidak perlu banyak-banyak tetapi tetap jelas.  Perhatikan langkah-langkah membuat daftar riwayat hidup berikut ini.

 

Menyantumkan data Pribadi di posisi atas

Dalam DAFTAR RIWAYAT HIDUP, informasi pribadi itu wajib ada. Gak harus panjang dan mendetail, kamu cuma perlu mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, hingga email. Posisikan informasi pribadi di bagian atas DAFTAR RIWAYAT HIDUP atau DAFTAR RIWAYAT HIDUP header. Sebab informasi ini yang bakal dilihat pertama kali oleh perekrut. Perhatikan juga penggunaan ukuran font pada nama. Idealnya, ukuran font pada nama itu harus lebih besar dari teks yang lain. Dalam penulisan informasi pribadi ini, kamu harus menempatkan nama di posisi teratas. Kemudian di bawahnya tuliskan alamat, nomor telp, email, dan data pelengkap lainnya.

Isikan DAFTAR RIWAYAT HIDUP perjalanan objective dan Summary

Umumnya DAFTAR RIWAYAT HIDUP objective atau DAFTAR RIWAYAT HIDUP summary ini berisi tentang perjalanan karier. Namun, karena kamu masih pemula dalam pembuatan DAFTAR RIWAYAT HIDUP, ringkasan perjalanan karier bisa diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan kamu. Misalnya aja kamu bercerita mengenai jurusan yang kamu ambil selama menjalani pendidikan. Lalu berapa lama pendidikan tersebut ditempuh. Kemudian apa aja yang kamu peroleh selama menjalani pendidikan tersebut. Tuliskan semuanya itu dalam satu paragraf sebanyak tiga baris.

Mencantumkan pengalaman kerja  atau pengalaman magang

Bukan rahasia lagi kalau perekrut itu melihat perjalan kerja  sebagai pertimbangan mereka dalam memberi undangan interview. Makanya dalam membuat DAFTAR RIWAYAT HIDUP, pastikan pengalaman kerja itu ditulis benar-benar. Buat yang masih fresh graduate, kamu bisa mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lain asalkan masih ada hubungannya dengan pendidikan yang ditempuh. Dalam menyajikan informasi pengalaman kerja, pekerjaan terakhir dianjurkan buat ditempatkan di urutan pertama. Informasi utama yang harus ditulis adalah tanggung jawab selama menjalani pekerjaan tersebut. Jangan sampai ada yang terlewat dalam memuat informasi tersebut.

Mengetahui Perusahaan yang Dilamar

Dalam membuat DAFTAR RIWAYAT HIDUP (Curiculum Vitae), tentu sangat diperlukan penggalian terhadap suatu perusahaan yang hendak kita lamar. Hal ini biasa disebut dengan Job Research. Kenapa hal itu penting? Karena DAFTAR RIWAYAT HIDUP merupakan awal dimana pihak HRD perusahaan yang hendak kita lamar itu mempertimbangkan, apakah kita akan lolos tes administrasi atau tidak. Oleh karena itu, hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Bagaimana cara melakukan Job Research untuk menghasilkan DAFTAR RIWAYAT HIDUP yang baik dan benar?

Cara yang paling utama tentu adalah dengan mencari tau apa-apa saja persyaratan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan. Hal ini tentu penting, mengingat semua perusahaan pasti ingin tau seberapa kesiapan kita dalam melamar. Untuk itu, sebaik mungkin perhatikan setiap hal kecil yang disyaratkan oleh perusahaan, seperti misalnya bagian-bagian yang berhubungan dengan posisi yang ditawarkan yaitu keterampilan yang harus dimiliki pelamar, pengalaman kerja, dan juga usia pelamar.

Selain memperhatikan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan, perhatikan juga profil-profil yang dimiliki oleh perusahaan. Misalnya saja kita membaca visi, misi, etos kerja karyawan di perusahaan dan juga nilai-nilai yang senantiasa dijunjung tinggi oleh perusahaan yang dilamar tersebut. Dari informasi-informasi yang digali tersebut, kita tentu bisa memilah-milah bagian mana saja yang perlu untuk dicantumkan di dalam DAFTAR RIWAYAT HIDUP nantinya. Dengan begitu akan lebih mudah dalam membuat DAFTAR RIWAYAT HIDUP yang bagus dan sesuai dengan  keinginan perusahaan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *