Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

Para pecinta bubur mana nih suaranya? Kalian pecinta bubur yang manis wajib tahu cara membuat bubur kacang hijau yang  enak dan manis.  Sesuai dengan namanya bubur yang satu ini memiliki bahan utama berupa kacang hijau.  Kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indoesia.  Masyarakat sering mengkonsumsi kacang hijau ini  sebagai bubur atau bisa juga menjadi touge atau kecambah.  Tanaman ini bisa menjadi sayur ketika di buat menjadi kecambah namun bisa menjadi bubur ketika diolah dengan cara yang berbeda. Ketika bahan ini di olah menjadi bubur, masyarakat  akan menganggapnya sebagai camilan saja. Meskipun begitu kacang hijau memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita.  Manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh , karena  termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein, antioksidan, rendah lemak serta serat, kacang hijau juga mengandung Vitamin A, B, C, E, K serta folat, zinc, fosfor, kalium, dan zat besi. Nutrisi lainnya adalah karbohidrat, mangan, magnesium dan selenium yang semuanya bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat lain dari kacang hijau.

Mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat kacang hijau yang bisa didapatkan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, karena kacang hijau mengandung serat yang tinggi, kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

Menambah kepadatan tulang

Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Kandungan magnesium pada kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopause pada wanita dan dapat meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel-sel tulang.

Perlu diketahui,  dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 189 miligram magnesium. Jumlah ini cukup untuk mencegah tubuh kekurangan magnesium. Ketika Anda mengonsumsi magnesium dalam jumlah cukup, maka risiko osteoporosis akan berkurang.

Cocok untuk penderita diabetes

Selain menurunkan risiko osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, manfaat bubur kacang hijau lanjutannya adalah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semua ini berkat kandungan magnesium di dalam kacang hijau. Tidak hanya itu, khasiat kacang hijau lainnya adalah baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.

Karena kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah, kacang hijau adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karenanya manfaat kacang hijau juga sekaligus menurunkan kadar gula dalam darah.

Membantu kesehatan kulit dan rambut

Kandungan protein dan zat seng dalam kacang hijau dapat membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut. Selain itu, manfaat kacang hijau juga dapat membantu meremajakan kulit berkat kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen dan menjaga kulit tetap elastis, lembut, serta mencegah penuaan dini.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kacang hijau memiliki kandungan protein sebesar 3,16 gram per cangkir. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi ini membuat kacang hijau menjadi salah satu makanan alternatif bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi daging.

Selain itu, kandungan lemak dan kolesterol jahat pada kacang hijau jauh lebih rendah daripada daging. Protein sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh, kekurangan protein bisa menyebabkan kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor dan busung lapar.

Setiap rumah memiliki resep bubur kacang hijau mereka masing-masing.  Biasanyanya penyajian bubur kacang hijau ini dibarengi dengan santan. Bubur kacang hijau paling nikmat disantap kala hangat terutama ketika cuaca sedang dingin. Banyak juga penjual bubur keliling yang bisa kita nikmati.  Berbicara tentang resep banyak resep   untuk membuat bubur kacang hijau.  Ada yang mereka merebus kacang hijau dengan  gula dulu sampai matang dan memisahkan ketan juga santannya ada pula yang membuatnya dengan  cara dicampur jadi satu.  Kalau  kamu ingin memuat bubur hijau dengan kreasimu sendiri coba simak deh cara membuat bubur kacang hijau berikut ini.

Bubur kacang Hijau Durian

Bahan:
– 200 gr kacang hijau rendam 2 jam
– 5 biji durian
– 1 bungkus santan instant kecil
– 2 lembar daun pandan
– sejumput vanili bubuk
– 1 keping gula merah, sisir
– gula pasir secukupnya
– garam secukupnya
– air secukupnya

Cara membuat:
– Rebus air hingga mendidih, masukkan daun pandan dan kacang hijau rebus hingga empuk.
– Masukkan gula merah, gula pasir, garam, dan vanili aduk rata. Tambahkan santan, lalu duren utuh bijinya tidak usah dibuang.
– Koreksi rasa, masak hingga matang. Angkat dan sajikan.

Bubur Kacang Hijau Keju

Bahan:
– 250 gr kacang hijau, cuci bersih
– 100 gr gula pasir
– 100 gr gula merah
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt vanili
– 3 lembar daun pandan, simpulkan
– 1500 ml air
– 50 ml susu kental manis
– 75 gr keju cheddar, parut

Cara membuat:
– Masukkan kacang hijau, pandan dan air rebus hingga matang.
– Kemudian masukkan gula pasir, gula merah, garam dan vanili, aduk rata. Tunggu sampai gula larut.
– Jika sudah matang masukkan susu kental manis. Lalu aduk rata. Angkat.
– Sajikan dengan keju parut di atasnya.

Bubur Kacanh Hijau Susu

Bahan:
– 200 gr kacang hijau, rendam semalaman
– air secukupnya
– gula pasir secukupnya
– 2 lembar daun pandan, ikat simpul
– 300 ml susu cair
– krimer kental manis secukupnya
– 1/4 sdt garam

Cara membuat:
– Cuci bersih kacang hijau, lalu rendam semalaman.
– Pagi hari tiriskan kacang hijau, didihkan air dan masukkan kacang hijau dan daun pandan.
– Setelah kacang hijau mulai empuk, tambahkan gula pasir. Aduk hingga gula larut.
– Lalu masukkan susu cair, krimer kental manis dan sejumput garam. Aduk dan biarkan mendidih sebentar, angkat. Siap dihidangkan.

Bubur Kacang Hijau Ketan Hitam

Bahan kacang hijau:
– 200 gr kacang hijau (rendam 3 jam)
– 200 ml santan instan
– 1 ruas jahe, iris tebal
– 1 lembar daun pandan
– 2 sdm gula merah
– 5 sdm gula pasir
– Air setengah panci

Bahan ketan hitam:
– 200 gr ketan hitam
– 1 liter air
– 6 sdm gula pasir
– 1/2 sdt garam
– 1 lembar daun pandan
– 200 ml santan kental

Cara membuat:
– Rendam kacang hijau terlebih dahulu selama 3 jam.
– Kemudian rebus kacang hijau dengan air jahe, daun pandan dan gula merah sampai kacang hijau melunak.
– Tambahkan santan dan gula pasir, masak sampai mendidih sambil terus diaduk pelan-pelan.
– Koreksi rasa, sisihkan.
– Olah ketan hitam yang telah direndam semalaman terlebih dahulu, buang airnya.
– Rebus ketan hitam dengan air, daun pandan, gula dan garam. Rebus sampai mengental menjadi bubur. Koreksi rasa manis.
– Di panci terpisah masak santan kental dan beri garam. Masak hingga mendidih dan mengental.
– Sajikan bubur kacang hijau bersama ketan hitam dan siram dengan kuah santan di atasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *