Cara Memakai Masker Yang Benar

Cara memakai masker yang benar– Baru-baru ini banyak sekali beredar berita bahwa  terjadi musibah di sebuah kota di Cina.  Dikatakan sebuah virus baru menyebar di daerah sana. Virus ini adalah virus baru yang belum diketahui  obatnya. Nah, setelah terdengar berita tersebut banyak warga yang  tidak ingin terkena virus tersebut. Setelah itu banyak  negara yang menyarankan  untuk menggunkan masker. Masker  adalah elemen penting  juga dalam mencegah virus atau polusi. Berikut ini  beberapa manfaat menggunakan masker.

Mencegah infeksi virus menular

Bagi orang yang sedang mengidap penyakit pernapasan, memakai masker adalah hal yang sangat wajib. Misalnya, ketika Kamu menderita influenza atau bahkan batuk, orang di sekitar Kamu dapat tertular melalui udara. Atau sebaliknya, menggunakan masker di luar saat berada di tempat umum yang rentan polusi untuk mencegah tersebarnya flu atau batuk dan lain-lain dari luar.

Menjaga paru-paru dari paparan polusi

Jakarta menjadi kota yang padat, dan polusi udara sudah tersebar di mana saja, apalagi bagi Kamu yang tinggal di perkotaan. Nah, dengan menggunakai masker mulut saat bepergian ataupun berkendara, mencegah udara kotor masuk ke dalam pernapasan. Masker bisa menyaring udara yang kotor tersebut sebelum terhirup oleh hidung Kamu. Apabila Kamu sering beraktivitas di luar dengan kendaraan bermotor, Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan masker anti polusi agar paru Kamu setidaknya lebih sehat dibandingkan orang yang tidak menggunakan masker. Nah, ini beberapa dampak jika Kamu terlalu sering menghirup polusi udara.

Iritasi pada jaringan rongga hidung

Sering terpapar polusi udara juga bisa menyebabkan iritasi pada jaringan hidung dan bisa menyebabkan asma, penyakit serangan jantung, stroke, penyakit kardiovaskular dan lainnya.

Menghalangi sinar matahari

Tahukah Kamu selain mengurangi peluang terpaparnya polusi, manfaat menggunakan masker juga bisa mencegah wajah terpapar sinar matahari saat berkendara.

Terdapat banyak efek yang dapat Kamu dapatkan jika terlalu sering terkena sinar matahari. Misalnya kulit kemerahan, dehidrasi, kulit kering, dan timbul rasa gatal pada wajah.

 

Memakai masker memang  cara paling ampuh untuk melindungi diri. Masker hidung  bisa mencegah penularan berbagai penyakit juga. Setiap orang yang berisiko tinggi terpapar debu jalanan saat beraktivitas di luar ruangan sangat disarankan untuk memakai masker hidung. Termasuk juga saat berkendara dengan transportasi umum.

Meski kelihatannya mudah, cara pakai masker hidung tidak boleh sembarangan. Cara memakai yang keliru bisa sangat meningkatkan risiko kemungkinan terjadinya masalah. Berikut panduan cara memakai masker hidung alias alias masker bedah yang benar:

  1. Pastikan bahwa ukuran masker pas dengan wajah Kamu, tidak kebesaran atau kekecilan.
  2. Selalu cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, sebelum menyentuh masker dan memasangnya.
  3. Cari sisi luar masker. Jika masker Kamu memiliki dua warna berbeda (umumnya hijau dan putih), sisi luar masker adalah yang berwarna hijau. Maka, sisi putihlah yang menempel langsung dengan kulit Kamu sementara lapisan hijau menghadap ke luar.
  4. Tentukan sisi atas masker, biasanya ditkamui dengan adanya garis kawat hidung.
  5. Untuk masker yang menggunakan tali: posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala mendekati ubun-ubun. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher Kamu.
  6. Untuk masker karet: Kamu hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga.
  7. Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Kamu agar masker lebih tertutup rapat.
  8. Panjangkan lipatan-lipatan masker  kebawah untuk menutup semua bagian yang harus ditutup yakni hidung, mulut, hingga dagu.
  9. Setelah masker terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker apalagi sebelum mencuci tangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *