Cara Memakai Kerudung Segi Empat

Cara memakai kerudung segi empat–  Memakai  kerudung atau hijab adalah suatu kewajiban dan sebagai identitas wanita yang beragama muslim. Kerudung sering disebut kerudung, tujuan  wanita muslim memakai kerudung atau kerudung adalah menutup  aurat. Namun,  sekarang kerudung berkembang denga mode dan bisa dijadikan sebagai style seseorang.  Sekarang ini  banyak model dan gaya untuk memakai kerudung. Berikut ini beberapa model dan jenis kerudung.

Pasmina yang berbentuk persegi panjang

Pashmina adalah kerudung yang berbentuk persegi panjang. Ukuran pashmina umumnya berukuran 75 cm x 150 cm dan 175 cm.

Namun ada beberpa produk mempunyai ukuran kerudung yang berbeda  seperti 120 cm sampai 200 cm.

Cara pemakaian pashmina cukup di buat kerudung kepala saja namun kerudung ini bisa dibuat model-model kreatif sesuai yang kita inginkan. Tutorial pemakaian pashmina banyak di share di youtube dengan kata kunci “tutorial kerudung pashmina”

Kerudung segi empat

Sesuai dengan namanya kerudung segi empat adalah kerudung yang berbentuk persegi empat sama sisi atau kotak. Kerudung ini banyak digunakan untuk seragam sma atau smp serta anak anak pondok pesantern karena harganya murah serta mudah dalam mengenakannya.

Kerudung segi empat ini juga dikenal dengan nama kerudung paris karena dulu kebanyakan jibab segi empat ini diproduksi menggunakan bahan paris.

Kerudung persegi empat standar memiliki ukuran 110 x 110 cm namun ada juga yang berukuran 115 x 115. Sekarang ada yang namanya kerudung segi empat syari yaitu ukuran 120, 130, 140 dan paling lebar dijual dipasaran ada 150 cm.

Kerudung instan(slup) atau langsungan

Kerudung instan adalah kerudung yang sudah memiliki lubang kepala jadi bisa langsung dipakai pakai. Karena kerudung ini kerudung langsung pakai jadi banyak sekali ukuran yang tersedia, mulai dari ukuran anak-anak sampai ukuran dewasa. kerudung intan ini bisa berupa khimar syari (berukuran besar) atau kerudung instan simple (berukuran  standar).

Selain itu kerudung juga memiliki berbagai jenis  bahan,  banyaknya bahan ini bertujuan untuk memberikan kenayaman pada si pemakainya. Ketika bahan yang digunakan tidak  bagus pasti kalian tidak nyaman. Bahan yang paling bagus untuk membuat kerudung adalah bahan yang terasa dingin dan  lembut tidak membuat kepala gatal.

Berbicara tentang kerudung yang nyaman dipakai beraktivitas kasual sehari-hari, memilih yang terbuat dari bahan katun adalah solusi tepat. Berasal dari serat kapas alami, kain katun memang terkenal memiliki daya serap keringat yang baik, sehingga lebih sejuk dan nyaman saat dipakai. Nggak cuma itu, perawatan kerudung dari bahan katun juga tergolong mudah. Tekstur kain katun yang cenderung firm membuatnya nggak mudah kusut, berbulu, atau luntur. Itulah kenapa, kerudung katun paling cocok digunakan untuk aktivitas harian seperti sekolah atau kerja. Selain nggak akan kusut meski Sista aktif bergerak, bayang-bayang rasa gerah di siang hari juga akan berkurang. Berencana pergi traveling dan merasa ribet jika harus menyetrika kerudung yang kusut setelah di-packing? Tenang, Sista bisa membekali diri dengan kerudung sifon sebagai ‘amunisi’ di tempat tujuan nanti! Yep, dikenal akan sifatnya yang ringan dan tipis, kerudung sifon juga nggak mudah kusut meski dibawa-bawa bepergian. Di sisi lain, sifat kerudung sifon yang terkesan ‘jatuh’ dan mengikuti bentuk tubuh juga membuatnya bisa menampilkan kesan elegan dan cocok digunakan pada acara-acara formal. Meski begitu, kerudung sifon cenderung lebih mudah kusam sehingga perlu dirawat dengan hati-hati. Oh ya, karena teksturnya tergolong licin, Sista sebaiknya memakai inner atau ciput saat menggunakan kerudung dari bahan sifon

Setelah mngetahui jenis kerudung dan bahan-bahan yang cocok untuk kerudung. Ada baiknya kamu juga mencoba  cara menggunakan kerudung segi empat yang bagus untuk acara-acara tertentu kamu. Kalau dulu memakai kerudung hanya polosan saja, sekarang ini perkembangan mode telah membuat terobosan baru mengenai cara memakai kerudung yang kekinian banget. Berikut ini beberapa cara memakai kerudung segi empat.

Memakai kerudung dengan cara sederhana dan mengikat kedua sisi kearah belakang

Untuk pemilik wajah bulat, sebaiknya hindari pemakaian kerudung yang terlalu ribet. Ketika kamu kenakan kerudung segi empat, sebaiknya kamu mencoba model yang simpel saja. Berikut ini kamu bisa simak tutorial kerudung segi empat versi biasa:

  1. Kenakan kerudung segi empat.
  2. Rekatkan dengan peniti atau jarum pentul pada bagian tengahnya
  3. Ikat kedua sisi ujung kerudung ke belakang. Sekejap, kerudungmu tampak rapi dan simpel, kan?.

Model kerudung untuk wajah bulat yang satu ini cocok sekali untuk dipakai sehari-hari dengan gaya apa pun. Baik saat menghadiri acara formal maupun momen kasual, model kerudung biasa selalu bisa diandalkan.

Memakai hijam dengan sisinya disembunyikan agar terlihat rapi

Jika kamu kurang suka dengan sisi kerudung yang diikatkan ke belakang dan terkadang membuat tampilan kurang rapi, kamu bisa meniru model kerudung yang satu ini untuk tampilan formal yang rapi. Apalagi jika ingin menggunakan kebaya, model ini cocok untukmu dengan cara berikut ini:

  1. Rekatkan kedua sisi kerudung dengan jarum pentul dan peniti.
  2. Ikatkan bagian kerudung dengan menyembunyikan ke belakang leher.
  3. Biarkan segi tiga kerudung yang belakang menutupinya, ikatan sisi-sisi kerudung.

Seketika model kerudung untuk wajah bulat tampak rapi dan siap ke acara formal.

Memakai kerudung asimetris

Selanjutnya cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat yaitu dengan mencoba model kerudung segi empat asimetris. Model kerudung yang satu ini, pertama kali dipopulerkan oleh desainer Dian Pelangi.

  1. Kenakan saja ciput bahan kaos yang nyaman atau ciput renda untuk tampilan kondangan.
  2. Pilihlah salah satu sisi kerudung
  3. Kaitkan salah satu sisinya pada bagian samping atas dengan menggunakan jarum pentul.
  4. Rapikan kerudung dan selesai.

Model kerudung ini cocok untuk wajah bulat, mampu memberikan ilusi pipi tembam agar lebih tirus. Juga cocok untuk kamu yang ingin belajar mengenakan kerudung syar’i, sebab kerudung yang satu ini memiliki model lebar dan mampu menutupi bagian dada. Ketika kamu tidak ingin terlihat pada bagian dada model ini cocok kamu gunakan. Atau kamu juga bisa memakai kerudng yang ekstra besar.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *